9 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telur Secara Alami, Permanen dengan Cepat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Desember 2019 10:11
9 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telur Secara Alami, Permanen dengan Cepat
Saat invasi kutu rambut menyerang, kamu harus segera membasminya biar kondisinya nggak makin parah.

Cantik-cantik kok kutuan? Nggak pengen kan mendengar kalimat itu begitu dari orang-orang? Kutu rambut berusia dewasa memang nggak terlihat dengan pandangan normal, tapi telur kutu bisa dengan gampang terdeteksi. Mereka menimbulkan gatal dan perasaan nggak nyaman, juga bikin persepsi sebagai orang yang nggak menjaga kebersihan.

Kutu ini menyebar dengan cepat, jadi harus segera diatasi kalau salah satu anggota keluarga kamu sudah terinfeksi. Untuk mencegah penyebaran kutu, hindari penggunaan barang-barang bersama seperti bantal, handuk, aksesoris rambut, dan barang lain yang menyentuh kepala. Kalau kamu nggak mengambil tindakan apapun, jumlahnya terus menerus bertambah. Satu kutu dewasa bisa menelurkan 6 - 10 telur setiap harinya. Wah, harus cepat-cepat mencari cara menghilangkan kutu rambut dong!

Untuk kamu, berikut kamu tuliskan cara menghilangkan kutu rambut yang disadur dari berbagai sumber (19/12)

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Permanen

Ilustrasi Menyisir Rambut © Diadona

Kutu rambut sebenarnya bisa diatasi dengan penggunaan shampo dan beberapa bahan lain, namun bisa saja ada efek samping yang ditimbulkan. Diantaranya, munculnya ketombe, sensasi terbakar di titik yang terkena obat, mata merah, dan iritasi kulit. Maka dari itu mungkin kamu ingin mencoba cara menghilangkan kutu rambut secara alami.

Sisir Khusus Kutu Rambut

Cara menghilangkan kutu dengan cara ini mungkin bisa dibilang cara yang paling mudah dan aman. Kamu bisa melakukannya kapan saja tanpa harus menyiapkan bahan-bahan perawatan khusus. Untuk cara menghilangkan kutu rambut dengan sisir serit, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan.

- pilih sisir serit dengan kerapatan antar gigi kurang dari 0.2 mm. Semakin rapat jaraknya, maka semakin efektif dalam menghilangkan kutu rambut sekaligus telurnya.
- basahi rambut sebelum menggunakan serit. Rambut yang basah akan membuat gerakan kutu semakin lambat, sehingga mudah terperangkap di sisir serit yang rapat. Rambut dan kulit kepala yang basah bisa membuat kutu lebih mudah terlihat.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa menjadi cara menghilangkan kutu rambut secara alami karena bisa 'membekap' kutu dan membuatnya mati lemas karena saluran pernafasan yang tersumbat. Kamu perlu menggunakannya semalaman dan membungkus rambut kamu dengan shower cap, karena kutu bisa bertahan hidup tanpa nafas selama berjam-jam.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun dilakukan dengan mengoleskannya di kulit kepala, lalu pijatlah dengan lembut. Bungkus kepala kamu dengan shower cap dan biarkan semalamanan. Keesokan paginya, keramasilah rmabut kamu sampai bersih.

Tea Tree Oil

Penelitian dari sumber terkemuka menyatakan, tea tree oil bisa menjadi cara menghilangkan kutu yang menjanjikan. Minyak ini punya dua unsur yang memiliki aktivitas insektisida dan terlah terbukti bisa membunuh kutu beserta telurnya. Caranya, teteskan tiga sampai lima tetes tea tree oil ke dalam shampoo kamu. Kamu juga bisa menggabungkannya dengan minyak zaitun untuk sesuai dengan cara yang disebutkan di atas.

Dihilangkan dengan Tangan

Cara menghilangkan kutu dengan tangan sudah umum dilakukan jika obat nggak bisa sepenuhnya menghilangkan kutu di rambut kamu. Meskipun sedikit repot, cara ini bisa dilakukan oleh mereka yang nggak pengen pakai obat kutu, atau tidak cocok dengan perawatan tertentu. Menghilangkan kutu dengan tangan juga jadi satu-satunya pilihan untuk anak kecil.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat

Ilustrasi Kutu Rambut © Diadona

Cara Menghilangkan kutu dengan alami mungkin membutuhkan waktu dan kesabaran. Padahal mungkin kamu sudah tidak tahan dengan rasa gatal dan menggangu yang alami setiap saat. Kamu membutuhkan cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat.

Petroleum Jelly

Sebuah penelitian menyatakan bahwa petroleum jelly bekerja lebih efektif ketimbang cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami. Caranya, lapisi kulit kepala kamu dengan petroleum jelly lalu tutup rambutmu semalaman dengan shower cap. Keramasilah rambutmu sampai bersih keesokan paginya. Untuk hasil yang efektif, lakukan perawatan ini satu minggu sekali.

Gunakan Produk yang Mengandung Piretrin atau Piretrum

Piretrin atau Piretrumberasal dari bunga krisan yang mengandung insektisida alami yang disebut dengan piretrin. Zat ini akan menyerang sistem syaraf kutu hidup. Untuk pemakaiannya, oleskan produk yang mengandung zat ini ke rambut yang kering lalu diamkan selama sepuluh menit. Tambahkan air untuk membentuk busa, kemudian bilas hingga bersih. Jangan lupa perhatikan reaksi alergi yang kemungkinan muncul.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut

Ilustrasi Rambut Bayi © Diadona

Siklus hidup kutu terdiri dari tiga fase, yakni telur kutu, nimfa yang berupa kutu remaja, dan kutu dewasa. Untuk sepenuhnya menghilangkan kutu, kamu harus mencari cara menghilangkan kutu rambut di ketiga bentuk hidupnya. Menghilangkan kutu rambut dengan mengganggu sistem pernafasan mereka sepertinya nggak akan berlaku untuk fase telur.

Telur kutu berbentuk seperti titik-titik kuning dan menempel di poros rambut di dekat kulit kepala. Telur akan menetas 1 - 2 minggu setelah dikeluarkan. Setelah menetas, cangkang yang tersisa terlihat bening dan tetap melekat di rambut.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu coba:

Gunakan Blow Dryer

Dalam sebuah penelitian, metode pengering rambut dengan udara panas terbukti sangat efektif membunuh telur kutu, tapi masih kurang untuk memberantas kutu hidup. Pengering rambut yang berbentuk bonnet (bonner dryer)mmebnunuh hampir 89 persen telur kutu sedangkan hanya 10 persen kutu hidup yang akan mati. Sedangkan penggunaan udara panas saat blow dryer akan menghilangkan 89 persen telur kutu dan 55 persen kutu hidup. Jangan kombinasikan perawatan ini dengan obat-obatan kimia, karena beberapa bahan tersebut bisa saja mudah terbakar

Obat Kutu

Telur kutu biasanya sangat sulit dihilangkan karena menempel di rambut. Untuk menghilangkannya, kamu harus manual dengan tangan. Padahal kutu bertelur dengan cepat dan menetas dalam waktu cepat pula.

Namun ternyata nggak semua obat kutu bisa untuk menghilangkan telur kutu rambut. Kamu perlu memeriksa kandungannya. Yang paling efektif adalah jenis produk yang mengandung dimethicone.

Cara menghilangkan kutu rambut langsung dengan obat bisa sangat ampuh karena shampoo kutu biasanya nggak mempan dalam melakukan tugasnya. Dalam keadaan tertentu, kutu bisa saja resisten terhadap kandungan dalam shampoo. Nah, dimethicone bukanlan insektisida, jaid bekerja dengan cara lain. Dimethicone dapat membunuh kutu dengan mati lepas dan menghambat kemampuan mereka untuk mengambil air.

Menyisir Rambut Saat Basah

Setelah keramas, gunakan kondisioner untuk melembutkan rambut, lalu sisir rambut kamu dalam keadaan masih basah. Ini jadi cara yang paling murah dan mudah kalau kamu malas serta bokek membeli obat kutu. Sayangnya, kamu harus terus menerus menyisirnya selama satu jam, atau tergantung dari seberapa tebal dan panjang rambut kamu.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bawang Merah

Ilustrasi Bawang Merah © Diadona

Bawang merah diperkaya dengan belerang yang dikenal sebagai pembunuh ampuh bagi kutu. Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah termasuk mudah, ekonomis, dan nggak perlu repot, karena bahan ini pasti tersedia di setiap dapur rumah. Meskipun baunya menyengat, tapi siapa tahu kamu cocok untuk kutu di kepala kamu.

Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah dilakukan dengan:
- parut 5 siung bawang merah
- oleskan parutan secara merata ke rambut hingga kulit kepala
- tutup kepala dengan shower cap atau handuk
- biarkan selama 1 - 2 jam- keramasilah sampai bersih

Walaupun demikian, kamu harus berati-hati karena cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah bisa saja membuat kulit kepala kamu gatal dan iritasi. Begitu terasa tidak nyaman, segera ganti perawatan kutu kamu dengan cara lain ya!

Beri Komentar