9 Cara Menebalkan Rambut Tipismu Secara Alami

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 28 Januari 2020 14:13
9 Cara Menebalkan Rambut Tipismu Secara Alami
Nggak cuma bagus, memiliki rambut tebal yang sehat juga menjadi idaman.

Siapa sih yang nggak mau punya rambut sehat, tebal dan berkilau? Tentu rambut menjadi perhatian apalagi bagi perempuan karena ia mahkota perempuan.

Setiap bagian tubuh kita membutuhkan perawatan dan perhatian, tidak terkecuali rambut. Sebal bukan kalau rambut tipis dan tiap pagi masih sering rontok dengan jumlah banyak? Itu tandanya rambut tipismu sedang tidak baik-baik saja. Ada beberapa tips melansir dari BrightSide (28/1) untuk menebalkan rambutmu secara alami.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Telur © Diadona 

1. Campurkan Gelatin dengan Minyak Esensial
Tahu nggak kalau gelatin adalah sumber yang kaya akan protein. Dalam setengah cangkir saja terdapat 2 gram protein dari gelatin. Nah, kamu bisa memanfaatkannya untuk jadi masker rambut tapi gunakan yang gelatin tanpa rasa ya. Campur air, gelatin tanpa rasa dan beberapa tetes minyak esensial lalu oleskan pada rambut. Pijat dengan lembut beberapa menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin dan walaa.. volume rambutmu akan meningkat.

2. Telur dan Yoghurt
Bahan selanjutnya yang kaya akan protein adalah telur. Ia juga mengandung biotin dan vitamin B12 yang penting untuk memperkuat rambut tipis dan berminyak. Ambil beberapa telur dan campur dengan yoghurt lalu oleskan secara merata di rambutmu. Biarkan selama satu jam atau lebih sebelum kamu bilas dengan mencuci rambut seperti biasanya. Kalau bisa gunakan handuk microfiber untuk mengeringkan rambutmu ya.

3. Telur dan Alpukat
Selain telur, alpukat juga merupakan buah lezat yang kaya akan kandungan proteinnya. Selain kedua bahan di atas, kamu bisa tambahkan minyak zaitun dan satu sendok madu menjadi satu untuk masker homemade yang bergizi untuk rambutmu. Kamu juga bisa mengoleskannya pada rambut kering maupun basah dan diamkan selama 20 menit sebelum dibersihkan.

2 dari 3 halaman

 

Ilustrasi Sayur dan Buah © Diadona

4. Tidur dengan Rambut Disanggul
Kamu tidak perlu menyanggul rambut ke salon, cukup ikat dengan digulung. Cara ini merupakan cara termudah untuk memberikan volume pada rambutmu saat tidur. Ada baiknya lagi kalau kamu mencuci rambut sebelum tidur dan gunakan scrunchie untuk menarik rambut basah agar bisa disanggul tinggi.

5. Pijat Kulit Kepala dengan Minyak Kelapa Sebelum Keramas
Menurut sebuah penelitian, pertumbuhan rambutmu akan terbantu dengan pijatan halus di kulit kepala, sebab bisa melancarkan sirkulasi darah. Coba pijat kulit kepalamu sebelum keramas dengan minyak kelapa dalam gerakan memutar. Minyak kelapa sangat bagus untuk mengatasi kerusakan pada rambut yang kering.

6. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Rambut tipis tidak hanya memengaruhi volume rambut tapi juga kerusakannya. Kalau kamu mau punya rambut yang kuat dan sehat maka jangan segan untuk memakan sayuran hijau dan buah-buahan. Rambut kita ini membutuhkan zat besi, biotin, dan vitamin untuk tumbuh. Kamu juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan pisang adalah salah satu buah yang kaya akan biotin.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Rol Rambut © Diadona

7. Pergi ke Dokter
Bisa jadi kondisi medismu memengaruhi rambutmu menjadi rontok dan tipis. Biasanya yang paling umum adalah kerusakan tiroid, kekurangan vitamin atau zat besi, anemia, dan masalah hormon. Bisa juga disebabkan faktor genetika, yaitu androgenic alopecia yang biasanya dimulai di usia dua puluhan atau setelah monopouse. Jadi, segerakan periksa ke dokter ya!

8. Daripada Catokan, Lebih Baik Gunakan Rol
Panas yang terkandung dalam catokan bukanlah teman bagi rambut kita, begitupun dengan hair dryer. Ada baiknya kamu mengeringkan rambut dengan handuk dan gunakan rol daripada curling iron atau catokan. Kamu bisa menggulung dengan rol dan diamkan selama 20-30 menit agar rambutmu terlihat lebih bervolume

9. Semprotkan Pewarna Rambut
Siapa sangka kalau menyemprotkan pewarna rambut bisa menambahkan volume rambutmu. Buat kamu yang punya rambut berwarna gelap bisa foksukan di akar rambut.

Itulah 9 jurus andalan untuk meningkatkan volume rambutmu. Mana nih yang tertarik untuk kamu coba? Atau kamu sudah punya resep andalan untuk masker rambut homemade? Bisa kamu tambahkan di kolom komentar, ya!

Beri Komentar