7 Penyebab Rambut Menjadi Kering

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 30 Desember 2019 10:27
7 Penyebab Rambut Menjadi Kering
Sebenarnya apa saja sih yang membuat rambut menjadi kering?

Rambut kering? Nggak banget, deh. Sebisa mungkin pasti semua perempuan berusaha mendapatkan rambut yang halus dan lembut. Namun sadarkah kamu jika rambut kering seringkali disebabkan oleh berbagai hal di dekat kita? Dilansir dari Makeup.com (26/09), berikut adalah 8 hal yang menyebabkan rambut menjadi kering.

1 dari 7 halaman

1. Keramas dengan Air Hangat

Keramas dengan air hangat ternyata menghilangkan kelembapan alami pada helai rambut, membuatnya menjadi lemas dan kering. Sebagai gantinya gunakan air dingin untuk menutup kutikula dan mengunci kelembapan.

2 dari 7 halaman

2. Sampo yang Salah

Jika bisa ditelaah lebih dalam, beberapa sampo ternyata mengandung sulfat yang tidak hanya menghilangkan kotoran namun juga menghilangkan minyak alami dalam rambut. Hal ini yang ditengarai menjadi penyebab rambut menjadi kering.

3 dari 7 halaman

3. Mengeringkan Rambut dengan Handuk

Kebiasaan yang satu ini ternyata turut berperan serta membuat rambut menjadi kering, yakni mengeringkan rambut dengan handuk. Gesekan dari handuk membuat rambut mengering secara kasar, bahkan membuat helai rambut menjadi rusak. Sebagai gantinya gunakan t-shirt atau handuk mikrofiber yang lebih halus. 

4 dari 7 halaman

4. Penggunaan Heat Styling

Penggunaan hair dryer yang begitu dekat dengan rambut atau bahkan pengaplikasian heat styling seperti catok, ternyata berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Rambut menjadi kering, bahkan kehilangan kilaunya. Sebisa mungkin hindarilah penggunaan heat styling terlalu sering.

5 dari 7 halaman

5. Sinar Matahari

Yang satu ini hampir tidak mungkin dihindari. Sebagaimana kulit, helai rambut akan mengalami kerusakan jika terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Jika kamu ingin rambutmu tetap berkilau, sebisa mungkin lindungilah rambut dari sinar matahari yang begitu menyengat.

6 dari 7 halaman

6. Diet yang Salah

Ternyata makanan dan minuman yang kita konsumsi mengambil andil dalam menjaga kesehatan rambut. Jika kamu melakukan diet yang salah maka hal itu akan berdampak pada kerusakan rambut. Sebaliknya, keseimbangan protein, zat besi, dan nutrisi lain dalam tubuh akan membuat rambut tetap sehat dan berkilau.

7 dari 7 halaman

7. Klorin

Klorin yang biasanya terkandung dalam air kolam renang ternyata bisa menjadi salah satu penyebab rambut menjadi kering. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu membungkus rambut untuk melindunginya tetap sehat dan lembut.

 

Nah, dari sekian banyak penyebab rambut kering, manakah yang paling sering kamu lakukan? Segera berubah ya, Girls, agar rambutmu tetap lembut dan sehat.

Beri Komentar