7 Manfaat Air Beras bagi Keindahan Kulit dan Rambut

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 23 Desember 2019 16:54
7 Manfaat Air Beras bagi Keindahan Kulit dan Rambut
Bukan rahasia lagi jika air beras memiliki manfaat bagi kecantikan. Memangnya apa saja sih?

Ketika kamu memasak nasi, sebaiknya jangan membuang air cucian beras yang digunakan. Air beras tersebut sangat efektif untuk digunakan mempercantik kulit dan rambut. Penggunaan air beras pada kulit dan rambut telah digunakan selama berabad-abad di negara-negara Asia untuk membuat kulit tampak muda dan membantu rambut tumbuh sehat dan kuat.

Air beras digunakan untuk mandi oleh sebagian petani padi wanita di Jepang. Di desa Huanglo Cina, wanita Yao mencuci rambut dengan air beras, sehingga rambut mereka nampak tebal, panjang dan berkilau.

Air beras penuh dengan vitamin, mineral, dan asam amino yang penting bagi keindahan kulit dan rambut. Lantas bagaimana cara penggunaannya? Yuk, simak ulasan berikut seperti yang dirangkum oleh Natural Living Ideas (04/07).

1 dari 7 halaman

1. Menenangkan Peradangan Kulit untuk Meringankan Masalah seperti Jerawat dan Dermatitis

Air beras dapat digunakan untuk menenangkan peradangan kulit, ruam dan segala masalah kulit secara alami. Bahkan air beras juga dapat membantu menyembuhkan jerawat serta menenangkan kulit yang kemerahan.

Cukup dengan mencelupkan bola kapas atau waslap ke dalam air beras, kemudian tepuk-tepukkan pada bagian kulit yang meradang. Lakukan selama beberapa menit dan biarkan mengering dengan sendirinya.

2 dari 7 halaman

2. Pembersih Sehari-hari untuk Kulit yang Lebih Lembut dan Bercahaya

Air beras bisa dimanfaatkan sebagai pembersih wajah sehari-hari. Cukup dengan mencelupkan kapas ke dalam air beras, lalu pijatkan dengan lembut ke wajah selama beberapa menit. Tak perlu membilasnya, cukup biarkan air beras mengering dengan sendirinya. Gunakan secara teratur untuk membuat kulit wajah lembut dan bercahaya.

3 dari 7 halaman

3. Meremajakan dan bersantai dengan mandi air beras

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat air beras bagi seluruh tubuhmu, kamu bisa menggunakan air beras untuk mandi. Cukup dengan mengisi kantong kasa dengan secangkir beras, lalu masukkan ke dalam air mandi hangat. Gunakan untuk berendam.

4 dari 7 halaman

4. Merawat Penuaan Kulit akibat Paparan Sinar Matahari

Bintik-bintik gelap sebagai salah satu akibat penuaan dini bisa dikurangi dengan penggunaan air beras. Selain itu, air beras mampu meminimalisir kerusakan kulit akibat radikal bebas dari matahari dan lingkungan. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A, C, senyawa flavonoid dan fenolik yang terkandung dalam air beras.

Penggunaan air beras di wajah membantu menghaluskan tekstur kulit, mengatasi hiperpigmentasi, mengencangkan kulit, dan mengurangi ukuran pori-pori. Kamu hanya perlu mengoleskan air beras ke wajah sebelum tidur dan biarkan semalaman.

5 dari 7 halaman

5. Meringankan Rasa Sakit akibat Terbakar Sinar Matahari

Air beras bisa juga kamu gunakan untuk membantu meringankan rasa sakit akibat terbakar sinar matahari, dan mengurangi kemerahan yang ditimbulkan. Aplikasikan air beras pada area yang terkena tetapi kamu tak perlu membilasnya. Air beras akan membantu kulitmu pulih lebih cepat dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

6 dari 7 halaman

6. Membuat Rambut Lebih Lembut, Mudah Diatur dan Sehat

Para wanita Yao di desa Huanglo (Cina) meyakini bahwa air beras menjadi resep rahasia rambut sehat dan berkilau, menghilangkan kusut bahkan meningkatkan elastisitas rambut.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science pada 2010, para peneliti menunjukkan bahwa menggunakan air beras sebagai perawatan rambut, disebut Yu-Su-Ru, menawarkan manfaat yang signifikan, termasuk mengurangi gesekan permukaan dan meningkatkan elastisitas rambut.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, hanya dengan berkeramas seperti biasa dan menggunakan air beras sebagai air bilasan terakhir. Aplikasikan cara ini dua kali seminggu untuk memberikan hasil optimal.

7 dari 7 halaman

7. Menumbuhkan Rambut agar Semakin Panjang

Wanita Yao dikenal memiliki rambut panjang, yang diperoleh berkat air beras. Cara yang bisa kamu tiru yakni dengan menyiapkan air beras fermentasi, kemudian tambahkan beberapa tetes minyak esensial rosemary atau lavender. Kemudian gunakan campuran tersebut sebagai alternatif sampo yang biasa kamu gunakan.

 

Apakah kamu mengetahui manfaat lain dari air beras bagi kecantikan? Jangan ragu berbagi di kolom komentar ya!

Beri Komentar