6 Khasiat Madu bagi Perawatan Rambut

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 30 Desember 2019 18:19
6 Khasiat Madu bagi Perawatan Rambut
Selain bermanfaat bagi kesehatan, madu juga menyimpan khasiat bagi kesehatan rambut.

Madu memiliki berbagai khasiat dalam perawatan tubuh. Selain mampu merawat berbagai masalah kulit, nyatanya madu juga dapat dijadikan bahan alami untuk perawatan rambut.

Madu mengandung antibiotik dan antioksidan yang mampu mengembalikan kesehatan rambut. Bahkan penggunaan madu relatif murah, mudah disimpan dan mudah dikombinasikan dengan berbagai bahan alami lainnya.

Tertarik mencoba perawatan rambut menggunakan madu? Yuk, simak ulasan berikut seperti yang dirangkum oleh Natural Living Ideas (24/04).

1 dari 6 halaman

1. Mengurangi Kerontokan Rambut

Rambut rontok disebabkan oleh berbagai alasan. Rambut rontok bisa terjadi karena rambut kekurangan vitamin, kulit kepala kering, atau bahkan ketombe kronis pada kulit kepala. Berbagai kondisi tersebut bisa diatasi dengan menggunakan madu.

Oleskan madu langsung pada kulit kepalamu, kemudian berikan tambahan pijatan ringan. Pijatan ini bertujuan meresapkan kandungan mineral, vitamin B-kompleks, sekaligus asam amino yang mencegah rambut rontok.

2 dari 6 halaman

2. Mencegah Rambut Kusut dan Bercabang

Salah satu bahan alami yang dapat mengatasi rambut kusut dan bercabang adalah madu. Madu yang bersifat higroskopis, mampu menarik air dan menguncinya ke dalam batang rambut. Hal ini bertujuan mengurangi penampilan rambut kusut dengan ujung yang bercabang.

Tambahkan satu sendok teh madu ke dalam kondisioner, lalu aplikasikan setelah keramas agar rambut tertata rapi sepanjang hari.

3 dari 6 halaman

3. Membersihkan Ketombe

Madu bermanfaat juga membersihkan ketombe pada kulit kepala. Kamu cukup mencampurkan madu mentah dengan air, kemudian oleskan pada kulit kepala sembari memberikan pijatan ringan. Biarkan selama tiga jam sebelum dibilas. Untuk mendapat hasil maksimal, lakukan perawatan ini seminggu sekali.

4 dari 6 halaman

4. Membuat Rambut Berkilau

Ingin membuat rambut berkilau tanpa merusak kesehatannya? Kamu bisa mencoba menggunakan madu, karena madu mengandung glukosa oksidase yang bermanfaat melepaskan hidrogen peroksida untuk membuat rambutmu nampak berkilau.

Campurkan tiga sendok makan madu ke dalam dua sendok makan air, kemudian oleskan pada rambut yang bersih dan lembap. Diamkan kira-kira satu jam, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini seminggu sekali.

5 dari 6 halaman

5. Hydrating Shampoo

Untuk mengembalikan kesehatan rambut, kamu bisa beralih pada sampo alami. Campurkan setetes madu ke dalam sampo standar yang kamu gunakan, untuk menambah kelembapan dan memperkuat folikel rambut.

6 dari 6 halaman

6. Kondisioner Rambut

Enzim dan nutrisi madu dipercaya bisa memelihara kesehatan rambut. Kamu bisa membuat sendiri kondisioner dari madu. Cukup dengan mencampurkan satu sendok makan madu dan dua sendok makan minyak kelapa, kemudian oleskan campuran tersebut secara menyeluruh ke sepertiga bagian bawah rambutmu. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Beri Komentar