5 Tanda Stres yang Bisa Merusak Penampilanmu

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Jumat, 10 Januari 2020 16:54
5 Tanda Stres yang Bisa Merusak Penampilanmu
Stres ternyata bisa mengganggu penampilanmu, yuk atasi tanda stres dengan benar!

Walaupun hidup penuh dengan masalah, tapi kamu tak bisa melepaskan masalah begitu saja. Masalah yang datang dari sekolah, pekerjaan, kolega bahkan keluarga tentunya bisa membuatmu stres dan berdampak pada penampilan.

Stres bisa menyebabkan gangguan mental dan juga gangguan kesehatan fisik. Dilansir dari allwomanstalk.com, jika kamu mengalami stres, kamu bisa susah tidur, pola makan tidak teratur dan tidak merawat diri. Gaya hidup yang tidak sehat ini akan terlihat langsung pada kulit, kuku dan juga rambut. Berikut lima tanda stres dan cara menghadapinya.

1 dari 5 halaman

Kantong Mata, Tanda Klasik Stres yang Disebabkan Kurang Tidur

Mata © Diadona

Kurang tidur menyebabkan cairan akan berkumpul di bawah mata sehingga saat bagun pagi, kamu akan memiliki kantung mata. Cara mengatasinya, kamu harus tidur dengan cukup yaitu tujuh jam sehari. Kamu bisa mematikan handphonemu agar tidak terdapat gangguan sebelum tidur. Selain itu, mematikan sumber cahaya juga bisa membuatmu mudah tertidur.

Jika cara tersebut tidak mampu menghilangkan kantung mata, kamu bisa mengompres mata dengan sendok yang sudah kamu simpan di lemari pendingin. Selain itu, kamu juga bisa mengaplikasikan cocelear untuk menutupi kantung mata.

2 dari 5 halaman

Dehidrasi Kulit


Ketika stres, sering kali kita mengkonsumsi soda, kopi atau minuman rasa lainnya dan lupa untuk mengkonsumsi air mineral. Hal ini tentunya membuat kulit kering bahkan sampai terkelupas. Kamu harus mengkonsumsi minimal delapan gelas air sehari untuk mengembalikan kelembapan kulitmu. Selain itu, konsumsi makanan dengan kadar air tinggi yaitu timun dan tomat juga mampu mengatasi dehidrasi pada kulit

3 dari 5 halaman

Membuat Kulit Berjerawat dan Eksim

Jerawat © Diadona


Sejumlah kondisi pada kulit bisa jadi merupakan tanda stres. Salah satunya yaitu jerawat yang menjadi keluhan bagi remaja. Hal ini disebabkan dari stres, yang melepaskan kortisol sehingga membuat kekacauan pada hormon penyebab jerawat pada kulit.
Kamu bisa melLakukan teknik pernafasan seperti menarik nafas, kemudian tahan selama 10 detik lalu hembuskan. Lakukan hal ini selama 10 menit untuk mengatasi stres. Selain itu, mengkonsumsi air mineral yang banyak, mengurangi konsumsi gula dan makanan berlemak juba bisa membantu mencegah masalah kuliakukan meditasi ringan untuk menangani stres ini.

4 dari 5 halaman

Rambut Rontok

Ilustrasi Rambut © Diadona

Stres dapat mempercepat siklus rambut secara alami. Mulai dari fase tumbuh, fase istirahat, hingga fase kerontokan yang lebih cepat. Kamu bisa mengatasi ini dengan menggunakan serum ataupun tonik rambut. Namun, jika kerontokan pada rambut terasa sangat ekstrim, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasinya.

5 dari 5 halaman

Kerusakan Pada Kuku

 

Eits, jangan salah, ternyata stres juga bisa membuat kerusakan pada kuku. Jika kukumu mulai muncul garis-garis vertikal seperti ciri-ciri penuaan, itu berarti kamu kekurangan vitamin. Kamu bisa mendatangi dokter utuk mengatsai masalah ini, sebab hal ini bisa terjadi karena kekurangan asupan seng dalam tubuh.

Konsumsi buah dan sayur lebih sering dari biasanya agar kebutuhan vitamin dan mineral pada tubuh bisa terpenuhi.

Nah, kalo ciri-ciri stres pada tubuhmu apa nih? Share di kolom komentar ya!

Beri Komentar