19 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah, dan Rambut, Dalam Kecantikan

Reporter : Sofi
Senin, 30 Desember 2019 19:09
19 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah, dan Rambut, Dalam Kecantikan
Sudah banyak masyarakat mengetahui jika banyak manfaat yang terkandung pada lidah buaya bahkan untuk kecantikan. Berikut adalah manfaat lidah buaya yang harus kamu ketahui.

Lidah buaya adalah salah satu tanaman paling potensial di dunia untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Manfaat lidah buaya memang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat. Beberapa manfaat lidah buaya itu diantaranya untuk kecantikan, wajah, rambut, dan bibir dalam kecantikan. Meskipun punya banyak khasiat, biasanya orang hanya mengenal manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut saja padahal lidah buaya juga dapat digunakan untuk bibir.

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang masuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe. Tanaman ini paling mudah ditemui di kawasan kering di Afrika. Bentuk tanamannya memang seperti kaktus, namun isi dari daunnya sendiri sangat berlendir.

Manfaat lidah buaya ada banyak sekali jumlahnya. Kandungan dalam lidah buaya antara lain protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Untuk mengambil manfaat lidah buaya ini, caranya sangat mudah yaitu dengan mengeluarkan gel yang ada pada lidah buaya kemudian gel tersebut siap digunakan.

Manfaat lidah buaya seringkali kita dapatkan dalam bentuk produk kecantikan yang tentu saja sudah melalui proses yang melibatkan bahan kimia. Daripada kamu memakai lidah buaya yang sudah dalam bentuk kemasan dan mengurangi manfaat lidah buaya itu sendiri, akan lebih baik jika kamu bisa mendapatkan manfaat lidah buaya secara langsung dengan cara tradisional.

Berikut manfaat lidah buaya untuk wajah, rambut, dan bibir dalam kecantikan jika kamu gunakan secara langsung yang dirangkum dari berbagai sumber (13/12/2019).

1 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah

ilustrasi wanita memakai masker © Diadona

Lidah buaya sudah dipercaya sebagai obat herbal yang menyembuhkan sejak zaman kuno. Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah adalah melawan penuaan dini. Karena kaya akan vitamin C dan E serta beta karoten, lidah buaya memiliki beberapa sifat anti-penuaan. Tapi tidak hanya itu, masih ada manfaat lidah buaya untuk wajah yang perlu kamu simak berikut ini.

1. Mengatasi Penuaan Dini

Kandungan lidah buaya yang kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E ini dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Kandungan nutrisi dan pelembap alami yang ada di dalam lidah buaya bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, menguatkan kulit dan mencegahnya dari bertambahnya kerutan. Selain itu, adanya kandungan antioksidan pada gel mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah adalah menghilangkan bekas jerawat. Karena kemampuannya untuk mempercepat reproduksi sel kulit, melawan peradangan dan mengurangi kemerahan, lidah buaya merupakan obat yang alami untuk melawan jerawat dan stretch mark.

3. Mencegah Timbulnya Jerawat

Manfaat lidah buaya yang sangat dicari-cari adalah bisa mencegah timbulnya jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada wajah, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Mengurangi Jerawat dan Infeksi

Anti-mikroba yang terkandung pada lidah buaya bisa mengobati jerawat yang meradang. Lalu, sifat anti-bakteri, anti-septik dan anti-inflamasi lidah buaya mampu melindungi kulit dari bakteri dan patogen lainnya yang menyebabkan infeksi dan pembengkakan.

5. Melembapkan Kulit

Salah satu manfaat lidah buaya adalah melembapkan kulit secara alami. Pelembap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

6. Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat lidah buaya untuk wajah selanjutnya adalah menghilangkan bekas luka. Bekas luka yang berwarna lebih gelap dari kulit asli kita memang kurang enak untuk dipandang. Untuk menghilangkan bekas luka secara alami, gunakan lidah buaya. Menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya mengandung anti-bakteri dan membantu proses regenerasi sel.

7. Membantu Meredakan Radang dan Gatal

Manfaat lidah buaya untuk wajah bisa membantu meredakan radang dan gatal. Di bagian dalam daun lidah buaya terkandung zat yang memiliki khasiat anti-radang dan anti-mikroba. Khasiat ini berguna untuk meredakan keluhan pada kulit dengan masalah salah satunya adalah jerawat.

8. Mencerahkan Kulit

Banyak krim/obat pencerah kulit dijual bebas di toko/apotek. Tapi jika ingin mencerahkan kulit secara alami, cobalah meminum jus lidah buaya. Manfaat lidah buaya untuk mencerahkan kulit sudah diketahui secara umum.

9. Menghaluskan Permukaan Kulit

Manfaat lidah buaya adalah untuk menghaluskan permukaan kulit. Gel lidah buaya dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.

10. Menyembukan Luka Bakar Karena Terkena Sinar Matahari

Aloe vera atau lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang berguna untuk menyembukan luka bakar. Cukup dengan potong lidah buaya menjadi dua dan oleskan bagian dalam lidah buaya pada kulit yang terbakar.

2 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

ilustrasi rambut © Diadona

Manfaat lidah buaya untuk rambut sudah dikenal sejak lama. Dengan kandungan yang dimilikinya, lidah buaya banyak dipakai oleh produk kecantikan rambut sebagai bahan dasar utamanya. Melihat banyaknya manfaat lidah buaya untuk rambut, orang-orang semakin berbondong-bondong untuk membudidayakan tanaman ini di rumah mereka dan menggunakannya secara alami. Berikut manfaat lidah buaya untuk rambut yang harus kamu ketahui.

1. Menutrisi Rambut

Selain enzim proteolitik, lidah buaya juga mengandung protein, vitamin, dan mineral yang tinggi sehingga dapat menutrisi kulit kepala. Perawatan rutin menggunakan lidah buaya , dapat membuat rambut terasa lebih kuat, lembut, dan berkilau.

2. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Enzim proteolitik pada lidah buaya bermanfaat menyembuhkan dan memperbaiki sel-sel yang rusak di kulit kepala. Hal ini juga dapat meningkatkan kesehatan folikel rambut serta membuat pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan cepat.

3. Mengurangi Rambut Rontok

Perawatan rambut dengan lidah buaya juga meminimalisir rambut rontok. Hal ini tentu membuat rambut terlihat lebih tebal dan sehat.

4. Menenangkan Kulit Kepala

Sifat anti-insflamasi yang terkandung pada lidah buaya membantu menenangkan kulit kepala dari iritasi. Perawatan ini memberikan efek dingin dan relaksasi pada kulit kepala dan memicu rambut tumbuh lebih sehat.

5. Menghaluskan dan Melembutkan Rambut

Mengaplikasikan lidah buaya pada rambut dapat membuatnya lebih lembut dan halus. Dengan begitu, rambut semakin mudah diatur dan ditata sehingga penampilan lebih memukau.

6. Mencegah dan Mengatasi Ketombe

Lidah buaya mengandung anti-jamur berfungsi mencegah dan mengatasi ketombe pada kulit kepala. Perawatan dengan lidah buaya ini membantu pengelupasan ketombe di kulit kepala.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya Untuk Bibir

ilustrasi bibir © Diadona

Manfaat lidah buaya pada kecantikan masih belum berhenti pada rambut. Manfaat lidah buaya juga dapat digunakan pada bibir, yang di antaranya.

1. Pelembap Bibir Alami

Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya segar sebagai pelembab bibir alami. Peras gel lidah buaya dan oleskan tipis pada bibir tiga kali sehari, ini membantu membersihkan bibir dan melembabkannya.

2. Melembabkan Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Lidah buaya mengandung polisakarida yang menurut penelitian yang terbit di " Journal of Chinese Integrative Medicine (2013) dapat meningkatkan produksi kolagen dan sel kulit baru serta memperlambat kerusakan sel. Karena itu, lidah buaya banyak diolah menjadi kandungan yang terdapat dalam produk lip balm atau pelembab bibir.

3. Memerahkan Bibir

Lidah buaya bisa memerahkan bibir dengan menghilangkan warna gelap pada bibir. Dengan efek dingin yang menyegarkan, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pelembab bibir. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bibir, lalu diamkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Lakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelum mengoleskan gel lidah buaya pada bibir. Hal ini untuk mencegah jika terjadi reaksi alergi yang tidak diinginkan. Karena bibir merupakan salah satu organ manusia yang bersifat sangat lembut dan sensitif.

Banyak bukan manfaat dari lidah buaya ini? Adakah manfaat lidah buaya lainnya yang pernah kamu rasakan? Tulis komentarmu di bawah ya!

4 dari 4 halaman

Beri Komentar