15 Cara Menghaluskan Wajah yang Kasar secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 11 Februari 2020 16:27
15 Cara Menghaluskan Wajah yang Kasar secara Alami
Biar nggak perlu pake filter kalau mau selfie ya, sist!

Kenapa ya kok kulit bisa kasar?
Ini karena banyak faktor yang berpengaruh dalam kesehatan kulit kamu. Misalnya, polusi, stres, sinar matahari, yang seiring waktu bakalan bikin kulit jadi kasar.

Terlebih untuk wanita yang lebih tua, perubahan kimia dan hormon yang dialami tubuh karena perimenopause dan menopause dapat berkontribusi pada hilangnya kehalusan kulit secara keseluruhan. Apalagi faktor penuaan jadi kunci penting dalam kondisi kulit. Karena semakin berumur, kulit akan kehilangan kemampuannya untuk memproduksi protein kolagen.

Kalau sudah begini, gimana cara menghaluskan wajah?

1 dari 3 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah

Ilustrasi Wajah Cantik © Diadona

Nggak cukup lho cara menghaluskan wajah dengan skin care, kamu pun juga harus memasukkan rutinitas harian untuk kulit sehat dan mulus bak pantat bayi.

Sebelum beranjak tentang produk dan bahan yang bisa jadi cara meghaluskan wajah, benahi dulu rutinitas harian kamu berikut:

Apa saja nih rutinitas untuk cara menghaluskan wajah?

Ilustrasi Minum Air Putih © Diadona

Banyak Minum Air Putih

Masih belum jelas sih gimana air bisa menjadi cara menghaluskan wajah, namun sudah banyak penelitian yang membuktikan. Air minum meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda kekeringan dan kekasaran, sehingga kulit menjadi lebih halus.

Makan Makanan Tinggi Antioksidan

Makanan ini bsia sebgaai cara menghaluskan wajah karena memiliki efek perlindungan pada kulit. Makanan ini termasuk sayuran hijau, buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye, dan ikan berlemak, seperti salmon.

Lebih lanjut dalam cara menghaluskan wajah, menambahkan probiotik ke dalam makanan dapat membantu merawat dan mencegah kondisi kulit , seperti eksim dan jerawat, serta kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV).

Manfaat Tidur dalam Keadaan Telanjang © Diadona

Tidur Cukup

Nggak cuman untuk kesehatan, tidur yang cukup bisa sebagai cara menghaluskan wajah. Ini karena saat tidur, maka seluruh tubuh akan memperbaiki dirinya termasuk kulit kamu. Cara menghaluskan wajah dapat dilakukan semudah tidur aja.

Saat sedang tidur, ada peningkatan aliran darah dan produksi kolagen sehingga pas banget sebagai cara menghaluskan wajah.

Olahraga

Apa hubungannya olahraga dengan cara menghaluskan wajah? Eits, ternyata ada penelitain yangs duah membuktikan kalau olahraga aerobik yang teratur dapat meningkatkan komposisi kulit. Itu membuat lapisan luar kulit menipis dan mengentalkan lapisan dalam, berkebalikan dengan proses penuaan. Makanya itulah kenapa cara menghaluskan wajah bisa dilakukan dengan berolahraga.

Ilustrasi Rokok © Diadona

Tidak Merokok

Tau kan kalau merokok bisa menyebabkan masalah pada kesehatan dan kulit? Ini karena Paparan asap tembakau internal dan eksternal menyebabkan penuaan kulit dini dan keriput, dan risiko gangguan kulit yang lebih tinggi, termasuk jerawat dan psoriasis.

Dengan tidak merokok juga merupakan cara menghaluskan wajah karena memberikan waktu dan kesempatan pada kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

2 dari 3 halaman

Cara Menghaluskan Wajah secara Alami

Ilustrasi Madu © Diadona

Warna kulit yang nggak merata bisa ditutupi dengan make up, tapi kulit yang kasar? Ingat, make up nggak bsia menutupi tekstur muka dengan sempurna. Jadi bagaimana?

Yuk coba dulu nih cara menghaluskan wajah dengan bahan alami.

Madu

Yup, madu lagi! Ini karena madu adalah exfoliator alami yang punya sifat bioaktif yang mungkin bermanfaat dalam mengobati sejumlah kondisi kulit , mengurangi munculnya keriput dan sebagai cara menghaluskan wajah.

Oatmeal

Butiran lembut oatmeal memabntu mempertahankan kelembaban dan merawat kondisi kulit tertentu. Untuk cara menghaluskan kulit dengan oatmeal, kamu cukup membuat pasta dari butiran oatmeal, lalu gosokkan ke wajah secara perlahan.

Minyak Essensial

Beberapa minyak essensial bisa mengurangi keriput, noda kasar yang bikin kulit jadi nggak lembut. Coba deh sesekali aplikasikan minyak ini sebagai cara menghaluskan wajah. Beberapa minyak esensial untuk keriput termasuk minyak lemon, mawar, dan jojoba.

3 dari 3 halaman

Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar

Ilustrasi Perawatan Wajah Wanita © Diadona

Kulit wajah kasar bisa karena kondisinya yang kering. Semenbtara kulit wajah yang lembut sukabikin gemes pengen pegang wajah terus, kan? Coba deh terapkan cara menghaluskan wajah di bawah ini bair kulit wajahmu semulus pantat bayi.

Serius Membersihkan Kulit

Pembersihan dan pengelupasan ringan dapat membuat kulit lebih halus, penampilan lebih bercahaya dengan mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan dan memungkinkan cahaya untuk memantul dari kulit. 

Pakai SPF

Nggak cuman untuk mencegah bintik hitam akibat sinar matahari, penggunaan SPF bisa sebagai cara menghaluskan wajah. Mengapa? Karena SPF merupakan salah satu produk perawatan penting untuk tekstur dan masa muda kulit.

Sunblock bahkan membantu mencegah keriput dan mengurangi jumlah kemerahan dan warna tidak merata pada kulit, menjaga kulit kenyal lebih lama.

Ilustrasi Perawatan Wajah Wanita © Diadona

Eksfoliasi

Dilansir dari lama Foreo.com, pengelupasan kulit adalah proses alami yang membantu meremajakan kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati atau lepas dari permukaan, sehingga menunjukkan kulit yang sehat di bawah. Ini termasuk dalam cara menghaluskan kulit wajah karena penumpukan sel kulit mati bikin wjaha jadi terlihat kasar,

Untuk pengelupasan yang aman dalam cara menghaluskan wajah, oleskan scrub dalam gerakan melingkar lambat menggunakan tekanan yang sangat ringan, dan hanya lakukan eksfoliasi seminggu sekali.

Pelembab Wajah

Pemberian pelembaba di wajah akan menambah lapisan perlindungan untuk kulit wajah kamu dan membantunya untuk tetap terhidrasi. Pilih pelembab yang cocok untuk tipe kulit kamu sebagai cara menghaluskan wajah.

Suka banget sama bahan alami? Nih ada daftar bahan-bahan rumahan untuk cara menghaluskan wajah kamu.

Ilustrasi Perawatan Wajah © Diadona

Mikrodermabrasi

Kepikiran nggak sih kalau cara menghaluskan wajah bisa dilakukan dengan ampelas? Eits, bukan ampelas biasa lhoo, yakni dnegan mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi menggunakan aplikator dengan ujung abrasif untuk mengampelas lapisan luar kulit. Dermabrasi adalah prosedur yang lebih invasif yang menghilangkan lapisan luar kulit yang rusak.

Selain untuk cara menghaluskan wajah dan kulit, mikrodermabrasi bisa digunakan untuk

  • Garis-garis halus dan kerutan
  • Hiperpigmentasi
  • Bekas luka jerawat
  • Komedo
  • Pori-pori membesar
  • Warna dan tekstur kulit tidak merata

Pelapisan Kulit dengan Laser

Cara menghaluskan wajah bisa kamu lakukan dengan peremajaan kulit menggunakan laser. Laser menggunakan sinar yang kuat untuk menghilangkan kulit yang rusak.

Cara menghaluskan wajah didapat karena laser ini akan mengurangi tampilan bekas luka, bekas terbakar sinar matahari, flek usia, dan lainnya.

Serum Vitamin C

Vitamin C memang mudah banget ditemukan dalam berbagai produk serum dan perawatan kulit. Memanfaatkan antioksidan untuk memperbaiki tekstur kulit, vitamin C cocok banget untuk kamu yang mencari cara menghaluskan wajah.

 

Beri Komentar