14 Cara Mengatasi Rambut Kering, Bercabang, Kasar dan Mengembang secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 22 Januari 2020 13:49
14 Cara Mengatasi Rambut Kering, Bercabang, Kasar dan Mengembang secara Alami
Masalah rambut kering sering dialami oleh pria dan wanita, dan akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Nggak cuman kulit, rambut seharusnya nggak boleh luput dari perhatian dan perawatan. Nggak ada alasan untuk tidak merawat walaupun kamu perempuan berjilbab. Sayangnya, perawatan nggak hanya tentang model rambut, namun gimana cara mengatasi masalah yang sering menimpa banyak orang, khususnya masalah rambut kering.

Secara anatomi, rambut terdiri dari tiga lapisan. Pada rambut yang sehat akan ditandai dengan kemilau di permukaannya. Mengapa? Karena pada lapisan terluar rambut terdapat minyak alami yang akan melindungi rambut. Minyak akan membuatt rambut memantulkan cahaya sehingga membautnya terlihat sehat dan berkilau.

Pada rambut yang kering, lapisan minyak mengalami kerusakan sehingga terlihat kusam dan nggak bercahaya. Nggak perlu jauh-jauh ke salon untuk merawatnya, cara mengatasi rambut rusak bisa kamu mulai dengan perawatan sendiri di rumah.

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Ilustrasi Rambut © Diadona

Rambut yang kering tidak menyerap dan mempertahankan kelembaban yang cukup, sehingga seringkali punya tektur kasar dan terlihat kusam. Meskipun nggak terlihat cantik, sebagian orang merasa belum terlalu penting mencari cara mengatasi rambut kering karena bukan masalah medis yang serius.

Potong Rambut secara Berkala

Ujung rambut yang bercang seolah emang udah jadi teman dekat si rambut kering. Maka, cara mengatasi rambut kering dan bercabang dengan mudah dan cepat yaitu dengan memotong bagian ujung. Apalagi kalau rambutmu sudah dalam tahap rusak, mengguntingnya lalu memulai kembali cara mengatasi rambut kering bisa jadi solusi jitu.

Gunakan Kondisioner

Terpaparnya rambut dengan udara luar akan membuat kutikula rusak sampai akhirnya pecah. Nah, nondisioner akan memperbaharui kutikula dengan memberikan lapisan dan mengisi kutikula tersebut. Akibatnya, rambut jadi tidak mudah patah. Untuk itu, sebagai cara mengatasi rambut kering, jangan lupakan penggunaan kondisioner dalam perawatan rambut rutinmu.

Hindari Keramas Setiap Hari

Rambut yang bersih memang bikin nyaman, tapi bukan berarti kamu harus keramas setiap hari. Keramas akan mengikis kelembaban alami rambut kamu dan membuatnya jadi semakin kering. Sebagai cara mengatasi rambut kering saat keramas, hindari menggosok dengan kasar bagian batang rambut dan fokuslah hanya pada pembersihan kulit kepala.

Hair Mask

Kalau kamu nggak sempat creambath di salon, hair mask bisa jadi pilihan jitu sebagai cara mengatasi rambut kering. Hair mask akan penting untuk memperbaiki rambut yang rusak di bagian korteks, sekaligus menutrisi batang rambut. Cara mengatasi rambut kering dengan hair mask tergolong murah dan simple, cukup beli di toko terdekat dan aplikasikan sendiri di rumah.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kasar

Ilustrasi Rambut © Diadona

Rambut yang kering bisa dikarenakan kekurangan gizi, paparan sinar matahari berlebih, keturunan, kontak dengan air yang diklorinasi, keramas terlalu sering, hingga penggunaan produk rambut yang justru mmebuat rambut lebih kering.

Gunakan Vitamin Rambut

Membeli vitamin rambut memang berarti menambah akan dana dalam cara mengatasi rambut kering. Nggak apa-apa, karena seperti halnya bagian tubuh yang lain, rambutpun juga perlu nutrisi untuk tetap sehat. Apliaksikan satu butir vitamin rambut setiap selesai keramas untuk cara mengatasi rmabut kering dan dan kasar.

Minyak Hangat

Minyak zaitu telah dikenal sejak dulu sebagai cara mengatasi rambut kering dan rusak. Disamping itu, ada juga minyak kelpa, minyak almond, minyak jarak, minyak jojoba dan minyak jagung. Dilasir dari medicalnewstoday (22/01), semua minyak ini kaya akan kandungan vitamin E dan antioksidan yang membantu menutup lapisan rambut luar atau kutikula dengan kelembaban dan memperbaiki kerusakan rambut.

Cara mengatasi rambut kering dengan minyak bisa kamu lakukan langkah berikut:

  • Hangatkan minyak, jangan sampia mendidih
  • Pijat dengan lembut ke rambut selama beberapa menit
  • Tutup dengan rambut hangatkan- biarkan selam 30- 40 menit
  • Keramas hingga bersih

Cara mengatasi rambut kering dengan penggunaan minyak juga akan memperkuat sekaligus menambah kilau alami rambut kamu.

Perawatan dengan Gelatin

Gelatin bisa menjadi cara mengatasi rambut kering karena sebagai sumber protein yang baik untuk rambut. Gunakan gelatin sapi, kamu bisa mendapatkannya di toko kecantikan.

Cara mengatasi rambut kering dengan gelatin sapi dapat kamu lakukan dengan tahapa berikut:

  • Campur satu sendok gelatin dengan satu cangkir air hangatkan
  • Diamkan selama 5 menit
  • Tambahkan satu sendok teh cuka sari apel dan 6 tetes minyak essensial
  • Oleskan campuran tersebut pada rmabut, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Campuran Telur dan Mayones

Kedua bahan ini untuk cara mengatasi rambut kering ya, bukan untuk membuat sandwich. Telur dan mayones mengandung banyak protein yang nggak cuman mengembalikan kelembaban alami rambut, tapi juga memperkuat akar dan batang rambut.

Untuk cara mengatasi rambut kering bisa kamu lakukan dengan salah satu bahan ini, atau mencampurkan keduanya untuk mendapat manfaat optimal.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Ilustrasi Rambut © Diadona

Mengapa sih rambut yang kering selalu identik dengan rambut mengembang? Saat rambut kering, rusak, maka lapisan kutikulra rambut akan naik ke bagian dekat akar, menggemuk di bagian tersebut sehingga membuatnya jadi kering dan keriting.

Gunakan Shampoo Bebas Sulfat

Laura Rugetti, seorang penata rambut terkemuka menyarankan untuk menggunakan shampoo bebeas sulfat dalam cara mengatsi rambut kering. Kandungan sulfat akan membuat rambut kamu jadi semakin kering.

Shampoo dengan Gliserin

Seiring dengan menghilangkan sulfat dalam shampoo kamu sebagai cara mengatasi rambut kering, gunakan juga shampoo dengan kandungan gliserin. Gliserin nggak cuman membantu memerangi rambut kusut dengan menembus batang rambut dan menghidrasi dari dalam ke luar, tetapi juga menciptakan lapisan pelindung pada helaian rambut dan membantu mengurangi kerusakan rambut.

Rambut yang kering bisa dikarenakan kekurangan gizi, paparan sinar matahari berlebih, keturunan, kontak dengan air yang diklorinasi, keramas terlalu sering, hingga penggunaan produk rambut yang justru mmebuat rambut lebih kering.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering secara Alami

Ilustrasi Rambut © Diadona

Kalau kamu nggak mau repot dan keluar baiya untuk perawatan tambahan, yuk simak cara mengatasi rambut kering secara alami berikut ini:

Masker Avokad

Buah avokad tinggi kandungan vitamin A dan E, lemak jenuh, dan mineral, yang semuanya bisa menjadi cara mengatasi rambut kering. Nggak cuman iut, bahan ini juga membantu melembabkan dan menguatkan rambut.

Untuk membuat pasta avokad sebagai cara mengatasi rambut kering, cukup haluskan daging avokad, tambahkan satu butir telur lalu oleskan campuran ke rambut yang basah, diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Masker Pisang

Pisang mengandung kalium dan kadar air tinggi yang cocok sebagai cara mengatasi rambut kering. Pisang juga bisa mencegah rambut bercabang, melembutkan rmabut dan sekaligus menguatkannya.

Gunakan Handuk yang Lembut

Rambut berada dalam kondisi paling rentan saat sedang basah. Makanya, cara mengatasi rambut kering juga bisa kamu mulai dari penggunaan handuk yang tepat. Misalnya, handuk katun bakalan menyebabkan rambut kusut karena adanya gesekan antara handuk dengan bagian rambut.

Gunakan Sarung Bantal yang lembut

Sutra, contohnya. Bahan ini benar-benar memabntu melindung rmabut kamu dan bisa sebagai cara mengatsi rmabut kering. Mengapaa? Karenma sutra bisa mempertahankan minyak alami pada rambut kamu.

Beri Komentar