31 Cara Memutihkan Wajah secara Alami dengan Cepat, Dalam Satu Hari Langsung Kinclong!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 28 Desember 2019 18:16
31 Cara Memutihkan Wajah secara Alami dengan Cepat, Dalam Satu Hari Langsung Kinclong!
Daripada kamu terjerat klaim produk berbahaya yang bikin kulitmu rusak, kenapa nggak coba aja cara memutihkan wajah secara alami?

Cara memutihkan wajah secara alami biasanya banyak dicari karena mudah, juga berbiaya murah. Ini sih umumnya karena udah hopeless banget ya dengan berbagai perawatan yang mahal. Nggak sesuai ekspektasi!

Nggak heran sih, karena selain mulus bebas jerawat, wajah putih bersinar sering jadi impian banyak orang. Makanya produk kecantikan dengan klaim memutihkan banyak beredar di pasaran. Harganya bervariasi dari mulai dari kantong pelajar hingga kantong sosialita.

 

1 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Ilustrasi Beras © Diadona

Banyaknya wanita yang pengen punya wajah putih nan bersinar selaras dengan maraknya produk pemutih di pasaran. Sayangnya, klaim memutihkan produk tersebut biasanya didapat daripenggunaan bahan yang berbahaya untuk kulit. Alih-alih kinclong, kulitmu bisa bermasalah nantinya.

Untuk itu sebaiknya kamu mencari cara memutihkan wajah secara alami. Selain aman, bahan-bahan tersebut pastinya murah dan bisa kamu dapat dengan mudah.

Air Beras

Sudah sejak dulu air cucian beras menjadi cara memutihkan wajah, termasuk melembabkan dan melindunginya dari kuman. Praktek ini dilakukan oleh para wanita Asia, termasuk Korea, Cina dan juga Jepang. Air beras kaya akan kandungan vitamin B1, C, E, mineral dan asal ferulat untuk kulit wajah sehat bercahaya.

Jus Lemon

Vitamin C yang ada di dalam jus lemon bisa menjadi cara memutihkan wajah karena merupakan antioksidan yang kuat. Dikutip dari Bellatory, ketika dioleskan ke kulit, jus lemon bisa mencegah hiperpigmentasi dan menstimulasi kolagen.

Jeruk Nipis

Nggak cuman jus lemon, kandungan vitamin C pada jeruk nipis bisa banget sebagai cara memutihkan wajah secara alami. Tapi, hati-hati ya untuk kamu yang punya kulit sensitif.

Tomat

Selain vitamin C dengan sifat antioksidannya, tomat punya kandungan vitamin A untuk menyamarkan flek hitam, sementara kandungan vitamin B nya dapat mengurangi hadirnya garis kerutan. Dalam cara memutihkan wajah, tomat diaplikasikan dengan mengoleskannya ke wajah atau dikonsumsi sebagai minuman yang segar.

Kopi

Sejak dulu kopi dipercaya sebagai scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan sebagai cara alami memutihkan wajah. Selain aromanya yang menenangkan dan segar, kopi juga dapat mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit.

Pisang

Nutrisi pada pisang bisa untuk cara memutihkan wajah dan membuatnya tampil sehat dan berseri. Diantaranya, kalium yang berfungsi untuk melembabkan, vitamin B untuk melindungi radikal bebas, vitamin A hingga asam amino untuk menjaga elastisitas dan kekuatan kulit.

Oatmeal

Tekstur oatmel bisa banget untuk scrub wajah kan? Nah, scrub ini sendiri penting banget sebagai cara memutihkan wajah karena saat scrubbing, sel-sel kulit mati kamu akan terkelupas sehingga kulit yang sehat akan muncul di permukaan.

Bekatul

Praktek ini sudah dilakukan oleh para wanita Jepang. Ini karena Bekatul atau komenuka mengandung enzim dan antioksidan yang secara bersamaan menenangkan dan melembutkan kulit. Bekatul memiliki sifat-sifat tertentu yang melekat seperti PABA (para aminobenzonic acid) serta asam Ferulic dan allantoin, yang bertindak sebagai agen tabir surya / antiinflamasi.

Bengkoang

Dalam cara memutihkan wajah, bengkoang berperan untuk penghambat tironase, senyawa yang bertanggung jawab dalam proses pembentukan melanin.

Jahe

Eh ternyata jahe bisa jadi cara memutihkan wajah lho? Ini karena antioksidan yang terkandung dalam jahe meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kerusakan kulit, peradangan dan hiperpigmentasi. Caranya, ahli facial Medina Tshibemba dari Bare Alchemy merekomendasikan pengolesan sepotong kecil jahe segar pada bekas luka sekitar dua hingga tiga kali sehari.

Susu

Susu punya kandungan asam laktat yang nggak cuman sebagai cara memutihkan wajah, tapi juga membantu menghilangkan sel-sel mati pada permukaan kulit.

Daun Jambu Biji

Dilasir dari steemit.com, daun jambu biji mengandung antioksidan yang bermanfaat dalam cara memutihkan wajah. Selain berfungsi sebagai pembunuh bakteri, antioksidannya bisa membuat kulit lebih cerah, sehat, dan halus.

Mentimun

Selain bikin kulit segar, kandungan cucurbitacin D dan 23, 24-dihydro cucurbitacin D. pada mentimun dapat mengurangi produksi melanin dan mengembalikan efek pigmentasi.

Pepaya

Ekstrak buah pepaya dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit kamu. Hasilnya kulit bakalan terlihat kencang, sehat, putih dan bercahaya.

Kentang

Nggak cuman enak digoreng, kentang kaya akan fitokimia, seperti potasium, belerang, dan klorida yang dapat membantu meringankan bekas luka dan noda jerawat. Secara lebih lanjut, warna kulit kamu bakalan lebih jernih dan lebih merata.

Kedelai

Sebenarnya kedelai ini sudah umum ditemukan dalam banyak produk pencerah kulit. Kedelai bekerja sebagai pengobatan bintik hitam dengan mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit

2 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat

 

Ilustrasi Madu © Diadona

Beragam produk kecantikan wajah mengajukan klaim bisa sebagai cara memutihkan wajah dengan cepat, namun kadang hasilnya baru terlihat setelah sekian lama dengan pemakaian rutin tidak boleh berhenti. Kalau cara memutihkan wajah tersebut nggak sesuai dengan keinginanmu dalam jenis produk dan bahan-bahannya, mungkin kamu bisa mencoba tiga cara ini.

Madu

Madu punya banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk kulit kamu. Dalam madu terkandung asam alfa hidroksi dan senyawa biaktif lainnya yang dapat menurunkan tingkat pigmentasi berlebihan pada kulit , mencegah munculnya bintik hitam, yang secara lebih lanjut bisa sebagai cara memutihkan wajah.

Yougurt

Nggak cuman protein, kalsium, dan vitamin D, yougurt juga mengandung asam laktat dan asam alfa hidroksi untuk membersihkan sel kulit mati di wajah kamu dan cara memutihkan wajah. Pengelupasan sel mati ini nggak cuman bisa bikin wajahmu glowing, tapi juga mengurangi garis halus serta kerutan di wajah.

Kunyit

Sebuah penelitian baru-baru ini menyebut, minyak atsiri di dalam kunyit bisa membuat wajah cerah bersinar dalam waktu tiga minggu, dengan hasil permanen. Wah, bisa sebagai cara memutihkan wajah dong. Penasaran pengen coba, kan?

Cuka Apel

Khasiat cuka apel nggak cuman sebagai cara memutihkan wajah secara alami, tapi antibakterinya bisa untuk menghilangkan noda hitam. Tapi, bahan ini harus diencerkan dengan air karena asam banget, dan nggak boleh untuk mereka yang berkulit sensitif.

Banyak Minum

Minum banyak air bakalan melembabkan tubuh dari dalam ke luar. akhirnya, bakalan bikin kulit terasa lembab dan menghilangkan kemerahan.

Hindari Konsumsi Makanan dan Minum Tertentu

Tahu nggak sih kalau makanan tertentu bisa memicu kemerahan pada kulit dan warna kulit yang nggak merata. Misalnya, alkohol, makanan pedas, makanan tinggi gula, susu, makanan olahan dan makanan berminyak.

Niasin

Merupakan bahan alami yang nggak cuman sebagai cara memutihkan wajah secara alami, tapi juga mengembalikan warna kulit yang tidak rata, dan mengurangi keriput.

Niasin ini muncul di kacang hijau, jamur atau tuna.

Air Mawar

Saking banyaknya manfaat air mawar ini, coba deh perhatiin bahwa hampir semua brand skin care pasti punya satu produk ini. Nggak cuman cara memutihkan wajah, air mawar juga bisa menenangkan iritasi.

3 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Wajah pada Pria

Ilustrasi Cuci Muka © Diadona

Selain wanita, pria pun nggak mau kalah dong ingin wajah bersih dan warna kulit yang merata. Merawat wajah untuk menampilkan kondisi terbaik adalah cara untuk menunjukkan kalau kamu juga perhatian sama penampilanmu.

Cara memutihkan wajah pada pria mungkin hampir sama dengan wanita, tapi bukan berarti kamu harus pakai produk kecantikan mereka. Berikut cara memutihkan wajah pada pria yang bisa kamu coba sendiri di rumah

Rajin Scrub Wajah

Banyak dari para pria yang mungkin terlalu sering melakukan scrub di wajah, atau bahkan nggak pernah scrub sama sekali. Ini tergantung pada produk kebersihan wajah harian yang mereka pakai setiap hari, karena cenderung nggak mau repot punya dua tipe sabun wajah.

Scrub wajah bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori dan bikin wajah kamu kusam. Dengan rutin melakukan scrub, artinya kamu menampilkan sel kulit wajah yang terus baru dan sebagai cara memutihkan wajah.

Selalu Pakai Sunscreen

Banyak pria melupakan satu tahap penting ini, meskipun mereka sadar sering berada di luar ruangan. Padahal dengan memproteksi dari sinar matahari, bisa jadi cara memutihkan wajah lho karena sinar matahari bisa merusak warna dan tekstur kulit kamu.

Masker Wajah

Nggak ada salahnya ikutan 'centil' menggunakan masker sebagai cara memutihkan wajah. Meskipun produk masker kecantikan saat ini belum ada yang dikhususkan untuk para pria, kamu bisa membuat masker sendiri dengan bahan-bahan alami di rumah, seperti jeruk nipis, jus tomat, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Wajah secara Alami dan Cepat dalam 1 Hari

Ilustrasi Wajah Wanita Sehat Cantik © Diadona

Biasanya cara memutihkan wajah dengan cepat sering dicari oleh kamu yang punya acara penting keesokan harinya. Kamu dituntut untuk tampil oke tapi ternyata kulit kamu lagi nggak banget! Pusing kan?

Untuk kamu, kami menulis empat cara memutihkan wajah secara cepat dalam 1 hari, yang dikutip dari Brides (14/12). Apa saja?

Minyak Essensial

Keberadaan minyak di wajah memang harus diwaspadai karena bisa bikin jerawat, komedo dan masalah lainnya. Tapi ini pengecualian untuk minyak essensial.

Dr. Lily Talakoub dari McLean Dermatology and Skincare Center menyebut, keberadaan minyak akan melindungi lapisan terluar kulit dan mensuplai aktioksidan. Talakoub juga menyarankan untuk menggunakan minyak ini di malam hari sebagai cara memutihkan wajah dan lihat glowingnya kulitmu di pagi harinya.

Jangan Lupakan Vitamin C

Manfaat vitamin C untuk kulit diperoleh dari sifat antioksidan dan sifat asamnya. Antioksidan bakal membantu proses regerasi alami sel kulit kamu sementara sifat asam dari vitamin C membantu produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit.

Kristina Goldenberg danri Goldenberg Dermatology menyebut penggunaan vitamin C yang paling baik adalah dalam bentuk serum. Kalau bisa, campurkan satu atau dua tetes vitamin E untuk perbaikan kulit yang lebih optimal.

Gunakan Sheet Mask di Malam Hari

Harganya mungkin mahal untuk produk kecantikan satu kali buang, namun itu karena manfaatnya yang juga nggak setengah-setengah! Sheet mask mengandung semua zat yang baik untuk kulit yang dihantarkan ke kulit dalam satu langkah mudah untuk cara memutihkan wajah.

Mikrodermabrasi

Kamu bisa melakukan cara memutihkan wajah ini di klinik kecantikan. Dengan mikrodermabrasi, digunakan prosedur non-chemical dan non-invasif untuk peeling. Hasilnya, sel kulit yang sehat bakalan muncul ke permukaan.

Cara memutihkan wajah secara alami tuh sebenarnya banyak kan. Cuman yang dibutuhkan cuman satu : konsisten!

Beri Komentar