12 Manfaat Masker Kefir Pure, Original, dan Bengkoang

Reporter : Sofi
Sabtu, 15 Februari 2020 11:25
12 Manfaat Masker Kefir Pure, Original, dan Bengkoang
Kefir tidak hanya untuk dikonsumsi, tapi juga bagus untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu loh!

Banyak cara untuk merawat kecantikan kulit kamu. Salah satu cara yang aman adalah dengan menggunakan masker secara alami. Kamu dapat menggunakan manfaat kefir untuk kecantikan kulitmu.

Masker kefir adalah masker wajah alami yang terbuat dari endapan hasil proses fermentasi susu kambing atau sapi. Endapan tersebut mengandung probiotik aktif atau lactobacillus yang merupakan bakteri baik yang memiliki sangat banyak manfaat bagi kesehatan. Lactobacillus juga mampu membantu untuk membersihkan wajahmu dari berbagai bakteri dan kotoran. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adlah manfaat masker kefir yang mengesankan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Masker Kefir Pure

Manfaat masker kefir pure ini tentu bagus untuk kulitmu yang sedang bermasalah. Berikut adalah manfaat masker kefir pure yang harus kmau ketahui.

Ilustrasi Kefir © Diadona

Menangkal bakteri dan jamur

Manfaat masker kefir pure yang pertama yaitu mampu bertindak sebagai antimikroba. Tingkat keasaman pada kefir mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan berbagai masalah kulit. Biasanya tingkat keasaman ini ditentukan oleh lamanya proses fermentasi. Semakin lama proses fermentasi, maka pH akan semakin turun atau dan tingkat keasamannya semakin naik. Semakin tingggi tingkat keasamannya, kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan mikroba juga semakin meningkat.

Melembapkan kulit

Kulit yang kering akan lebih rentan terhadap iritasi. Maka dari itu, kamu harus selalu menjaga kelembapan kulitmu. Manfaat masker kefir original berikutnya tentunya adalah melembapkan kulit. Hal ini terkait dengan kandungan probiotik dalam kefir yang mampu menjaga kelembapan pada kulit.

Mengangkat sel kulit mati

Manfaat masker kefir selanjutnya adalah mengangkat sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati di wajah tentunya bisa memberikan berbagai macam efek negatif seperti terjadinya hiperpigmentasi dan juga kulit jadi terlihat kusam. Kandungan asam laktat dalam kefir akan bertindak sebagai eksfoliator yang mampu mengangkat sel kulit mati. Sehingga proses regenerasi kulit menjadi lebih lancar. Kulit pun bisa menjadi semakin halus dan cerah.

2 dari 3 halaman

Manfaat Masker Kefir Original

Manfaat masker kefir original sangat baik untuk kulit wajah. Kamu bisa menggunakan masker kefir dengan berbagai campurannya berdasarkan pada kondisi kulit. Masker kefir sendiri merupakan masker alami yang terbuat dari hasil fermentasi susu kambing atau sapi.

Manfaat masker kefir original dipengaruhi oleh berbagai kandungannya tersebut. Selain lactobacillus, kefir juga mengandung asam laktat, Alpha Hidroxy Acid (AHA), dan juga asam amino yang banyak juga terkandung dalam produk kecantikan. Berikut adalah manfaat masker kefir original.

Ilustrasi Kefir © Diadona

Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat masker kefir lainnya adalah dapat mempercepat penyembuhan luka. Kandungan senyawa seperti asam laktat, asam asetat, dan juga polisakarida mampu membuat masker kefir memiliki kemampuan yang semakin tinggi untuk meperbaiki jaringan kulit.

Sebagai antiinflamasi

Inflamasi pada kulit bisa di sebabkan karena beberapa hal, yang paling umum ditemui adalah peradangan wajah akibat bakteri yang biasa dikenal sebagai jerawat. Manfaat masker kefir original bagus untuk mencegah inflamasi karena mengandung senyawa polisakarida yang mampu membunuh bakteri penyebab inflamasi seperti jerawat.

Sebagai antiaging

Dalam mengatasi berbagai gejala penuaan, kamu juga bisa mendapatkannya dari manfaat masker kefir original ini. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan probiotiknya. Masker kefir merupakan senyawa yang mampu memicu pertumbuhan kolagen, seperti yang di ketahui bahwa kolagen mampu mempertahankan kulit agar terlihat tetap kencang dan awet muda

3 dari 3 halaman

Manfaat Masker Kefir Bengkoang

Masker kefir juga bisa dicampur dengan bengkoang. Bengkoang memang sejak dahulu memiliki manfaat dalam kecantikan. Manfaat masker kefir bengkoang bisa digunakan sebagai pemutih wajah alami. Jelas manfaat masker kefir bengkoang ini adalah untuk mencerahkan wajah, mencegah keriput, mengencangkan kulit wajah dan membuat kulit menjadi lembut dan berkilau.

Ilustrasi Bengkoang © Diadona

Bahan yang digunakan tentu saja bengkoang dengan ukuran sedang, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Ukuran bengkoang bisa disesuaikan dengan dengan bentuk wajah. Berikut ini cara membuat masker kefir dari bengkoang:

- Kupas bengkoang lalu bersihkan dengan air bersih yang mengalir.

- Potong bengkoang tersebut menjadi beberapa bagian.

- Parutlah bengkoang tersebut sampai benar-benar lembut.

- Setelah diparut, peras parutan bengkoang tersebut lalu masukkan sarinya ke dalam mangkuk.

- Campur sari bengkoang tersebut ke dalam masker kefir dengan bahan susu kambing atau sapi yang telah kamu buat sebelumnya.

Selain manfaat masker kefir bengkoang di atas, kamu juga dapat mendapatkan manfaat seperti berikut.

Mengatasi rosacea

Roscea merupakan salah satu masalah kulit yang disebabkan karena baktei atau kuman sehingga menimbulkan warna kemerahan meradang pada wajah. Manfaat masker kefir bengkoang dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah kulit ini.

Mencegah dan mengatasi jerawat

Jerawat yang biasa terjadi pada kulit kita bisa karena karena banyaknya polusi dan kotoran, hingga bakteri yang menempel pada kulit kita. Dengan kandungan probiotik pada kefir, dan nutrisi yang ada dalam bengkoang dapat mengatasi dan jerawat. Maka dari itu, manfaat masker kefir dan bengkoang dyang dapat kamu rasakan adalah mencegah dan mengatasi jerawat.

Mengatasi kulit kering

Kulit kering dapat membuat kulit tampak kusam. Dengan kandungan air dalam bengkoang, kulitmu dapat menambah tingkat keelastisisannya. Maka dari itu, kamu dapat menggunakan manfaat masker kefir bengkoang.

Bagaimana menurutmu? Manfaat masker kefir tentu mengesankan bukan? Tapi perlu kamu ketahui jika efek samping dari menggunakan masker kefir ini biasanya menibulkan gatal dan perih pada kulit wajah. Hal ini di sebabkan oleh bakteri dan asam laktat yang sedang bekerja memperbaiki kulit. Penggunaan masker kefir juga di anjurkan untuk dipakai sekitar 3-4 kali dalam seminggu saja. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar