12 Cara Merawat Rambut Kering, Rontok, Rusak dan Smoothing

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Desember 2019 11:36
12 Cara Merawat Rambut Kering, Rontok, Rusak dan Smoothing
Sama halnya dengan merawat bagian tubuh yang lain, perawatan rambut sebenarnya gampang-gampang susah.

Karena rambut adalah mahkota wanita, tentu aja perawatan rambut nggak boleh jadi hal yang kamu tinggalkan. Terlebih kalo kamu terbelit masalah rambut kering, rontok, rusak yang membuatnya nggak cantik berkilau. Perawatan rambut juga harus dilakukan untuk rambut dengan perawatan smoothening.

Selain ke salon, sebenarnya ada banyak cara merawat rambut yang bisa kamu lakukan secara mandiri dengan biaya murah. Kuncinya cuman ada pada ketelatenan kamu. Untuk kamu, Diadona sudah merangkum 12 cara merawat rambut kering, rontok, dan rusak dari berbagai sumber (23/12).

1 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Kering

Ilustrasi RambutIlustrasi Rambut © 2019 https://www.diadona.id/@allthingshair

Secara anatomi, rambut terdiri dari tiga lapisan. Pada rambut sehat, di lapisan terluar terdapat minyak alami yang melindungi lapisan dalam rambut. Minyak tersebut akan memantulkan cahaya, membuat rambut jadi berkilau. Makanya, kemilau dan bercahaya adalah ciri rambut sehat.

Nah, pada rambut yang kering, lapisan minyak ini mengalami kerusakan. Makanya rambut terlihat kusam dan engga sehat. Rambut kering bisa terjadi pada pria dan wanita dan cenderung meningkat seiring dengan bertambahnya umur.

Gunakan Kondisioner

Dikutip dari laman Allure (23/12), saat rambut kita terpapar udara luar maka kutikula akan rusak sampai akhirnya pecah. Kondisioner akan memperbaharui kutikula dengan memberikan lapisan dan mengisi kutikula tersebut. Akibatnya, rambut jadi tidak mudah patah dan terus tumbuh.

Jangan Keramas Setiap Hari

Dengan mencuci rambut setiap hari, maka akan mengikis kelembaban alami rambut kamu. Akibatnya, rambut jadi semakin kering. Kalau rambut kamu masih belum terlalu berminyak, tidak terlalu kotor, maka kamu nggak perlu-perlu amat segera mencucinya. Cara merawat rambut kering saat keramas adalah menghindari menggosok pada bagian batang rambut dan fokus membersihkan kulit kepala.

Pakai Pelindung Rambut

Nggak cuman buat wajah, sinar matahri juga nggak bagus buat rambut kamu. Kalau kamu nggak memakai jilbab, usahakan untuk menggunakan topi atau selendang saat harus berada di bawah sinar matahari. Gunakan juga penutup rambut saat berenang di kolam ataupun pantai, untuk mencegah kontak rambut kamu dengan klorin dan garam.

2 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Rontok

Ilustrasi Teh HijauIlustrasi Teh Hijau © 2019 https://www.diadona.id

Kerontokan rambut jadi masalah yang umum bagi banyak pria dan wanita. Penyebabnya beragam, bisa karena faktor genetik, penyakit kronis, dan perawatan rambut yang salah. Namun yang pasti, kamu harus segera mencari cara merawat rambut rontok biar nggak makin parah.

Perawatannya bisa beragam. Kamu bisa mencari cara merawat rambut rontok berdasarkan penyebabnya terlebih dahulu, atau dari solusi yang bisa kamu dapatkan segera. Berikut cara merawat rambut rontok yang bisa kamu lakukan di rumah.

Lidah Buaya

Daun lidah buaya mengandung gel lengket yang rasanya pahit, namun terkenal di seluruh dunia karena sifat penyembuhannya yang luar biasa. Gel transparan ini terdiri dari 96 persen air, beberapa senyawa organik dan anorganik sejenis protein dengan 18 asam amino, vitamin A, B, C dan E. Salah satu elemen terpentingnya yaitu karbohidrat kompleks yang dikenal sebagai acemannan, yang memungkinkan nutrisi dapat mencapai sel, memberinya nutrisi dan mengeluarkan racun.

Tanaman ini punya kandungan enzim proteolitik yang bisa memperbaiki sel kulit mati yang ada di kepala. Enzim ini juga berfungsi sebagai kondisioner untuk rambut sehat dan berkilau. Keratin, yakni protein utama rambut terdiri dari asam amino, oksigen, karbon, dan sejumlah nitron, hidurogen dan belerang. Lidah buaya punya kandungan bahan kimia yang mirip dengan itu sehingga bisa meremajakan rambut, menutrisinya dan menjadi cara mengatasi rambut rontok yang sangat ampuh.

Teh hijau

Cara merawat rambut rontok dengan teh hijau sudah banyak diterapkan dan terbukti ampuh. Teh hijau mengandung antioksidan Epigallocatechin gallate (EGCG). Beberapa penelitian menyebut kalau sneyawa ini bisa menghambat efek hormon yang membuat rambut rontok, sekaligus dapat memperlambat kerontokan rambut.

Cara merawat rambut rontok dengan teh hijau nyatanya cukup mudah. Kamu cuman perlu merebus tiga kantung teh hijau dan gunakan untuk membilas rambut. Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan dua kali seminggu atau setiap keramas.

Minyak Ketumbar

Tanaman hijau ini punya bahan-bahan diantaranya asam lemak tak jenuh, antioksidan alami, asam folat, beta karoten, kalium, mangan, zat besi. Keseluruhanannya bisa menghambat kerontokan dan menstimulasi tumbuhnya rambut baru. Biar nggak perlu repot, kamu bisa membeli langsung minyak ketumbar di toko. Panaskan sedikit, lalu pijatkan di kulit kepala kamu.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Rusak

Ilustrasi KeramasIlustrasi Keramas © 2019 https://www.diadona.id/@timesofindia.indiatimes

Rambut yang rusak bukan cuman ditandai dengan ujung rambut yang bercabang. Rambut yang rusak memiliki lapisan luar (kutikula) yang retak. Saat kutikula ini terbuka, maka rambut kamu bsia saja mengalami kerusakan lebih lanjut lagi. Tandanya dari penampakan yang kusam, mengembang, dan susah diatur.

Tapi jangan putus asa dulu. Cara merawat rambut rusak dengan langkah yang tepat tepat bisa memperbaiki tampilan dan sehat nya rambut kamu.

Pakai Hair Mask

Jangan remehkan ritual masker rambut. Perawatan ini penting untuk memperbaiki rambut yang rusak di bagian korteks, sekaligus menutrisi batang rambut. Dibandingkan dengan creambath, perawatan ini lebih praktis daa mudah karena nggak perlu memijat di bagian kulit kepala. Cara merawat rambut rontok dan kering dengan hair mask bisa kamu lakukan dengan cara simple, cukup dengan membeli produk dan mengaplikasikannya sendiri di rumah.

Aplikasikan Vitamin Rambut

Vitamin bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok dan kering. Mengapa vitamin penting? Karena seperti bagian tubuh yang lain, rambut kamu juga memerlukan nutrisi untuk tetap sehat. Satu butir vitamin rambut yang kamu pakai setiap selesai keramas bisa membuat rambut kamu halus, lembut dan tidak kering.

Potong Rambut Secara Berkala

Jadi, bisa nggak sih rambut yang rusak dan kering jadi halus dan berkilau? Jawabannya, nggak selalu bisa. Kadang memotong rambut bisa jadi satu-satunya cara merawat rambut rusak kalau kondisi rambutmu sudah cukup parah.

Ditambah, kerusakan rambut biasanya sudah bersifat permanen karena sesungguhnya rambut terdiri dari kumpulan sel mati sehingga kerusakan mereka nggak bisa diperbaiki. Satu-satunya langkah yaitu gunting rambut kamu, tunggu kembali hingga panjang dan mulailah melakukan pencegahan untuk rambut rusak.

4 dari 4 halaman

Cara Merawat Rambut Smoothing

Ilustrasi Mengeringkan RambutIlustrasi Mengeringkan Rambut © 2019 https://www.diadona.id/@beautydesk

Saat melakukan smoothening pada rambut, kamu membubuhkan bahan kimia ke dalam rambut kamu. Kontaminasi baik selama proses maupun dari bahan yang tertinggal, tentu nggak bagus buat rambut dan kulit kepala. Kalau kamu berniat atau sudah melakukan smothening rambut, maka harus kamu imbangi dengan perawatan yang sesuai. Berikut cara merawat rambut smooting biar rambutmu nggak cepat kembali ke bentuk semula, atau bahkan rusak.

Hindari Mengeringkan Rambut dengan Hair Dryer

Paparan panas pada rambut yang terlalu sering bisa bikin rambut jadi kering dan rusak. Kalau terpaksa banget ih pake hair dryer, pastikan kamu sudah melindunginya dengan protection spray atau vitamin lainnya. Biar rambut kamu tetap lembut, mudah diatur dan terhidnar dari kerusakan parah.

Potong Rambut secara Berkala

Ujung rambut kita nggak jarang mengalami yang namanya kering, bercabang, yang bikin nggak enak dilihat. Untuk itu kamu harus rajin memotong ujung rambut kamu paling tidak satu bulan sekali. Cara merawat rambut ini untuk mencegah kerusakan semakin menyebar dan membuang rambut yangt sudah tidak sehat.

Hindari Mengikat Rambut terlalu Sering dan terlalu Kencang

Mengikat rambut dengan ikatan kencang bisa membuat rambut yang telah di-smooting menjadi bergelombang. Menggulung rambut juga mengakibatkan hal yang sama lho. Sebaiknya gunakan aksesoris yang nggak terlalu menekan rambut kamu sehingga bentuknya tetap aman dan terjaga.

Nah itu tadi cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi berbagai masalah rambut kamu. Sudah pernah mencoba cara yang mana? Yuk share pengalaman kamu di kolom komentar.

Beri Komentar