11 Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Membuat Masker Sendiri

Reporter : Sofi
Rabu, 29 Januari 2020 11:48
11 Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Membuat Masker Sendiri
Madu bisa mengangkat sel kulit mati? Berikut manfaat madu untuk wajah yag harus kamu tahu.

Sudah menjadi sebuah rahasia umum jika madu adalah bahan alami untuk pengobatan. Tidak hanya kesehatan, madu juga bermanfaat untuk kecantikan. Banyak produk kecantikan yang mengguanakan bahan dasar madu untuk menggunakan manfaatnya.

Untuk mendapatkan kulit wajah sehat, manfaat madu untuk wajah ini bisa kamu gunakan sebagai masker. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat madu untuk wajah yang harus kamu ketahui.

1 dari 3 halaman

Manfaat Madu dan Jeruk Nipis untuk Wajah

ilustrasi jeruk nipis © Diadona

Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Dengan kandungan tersebut, jeruk nipis juga biasa digunakan untuk kecantikan wajah. Berikut adalah manfaat madu dan jeruk nipis untuk wajah.

Menyamarkan flek hitam

Nutrisi yang terkandung dalam madu bukan hanya membuat kulit wajah bebas dari flek hitam saja. Bisa juga membuat kulit menjadi lembut. Sedangkan kandungan pada jeruk nipis dapat membuat sel kulit mati terangkat dengan baik dan flek hitam secara perlahan jadi samar.

Cara memanfaatkan jeruk nipis dan madu yaitu, siapkan 3 sendok makan madu murni dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Campur kedua bahan hingga rata dan oleskan pada wajah. Oleskan perlahan menggunakan tangan dan diamkan sekitar 10-15 menit agar lebih meresap dalam kulit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Kamu bisa menggunakan masker ini satu kali dalam seminggu.

Mencegah penuaan dini

Bagi kamu yang kurang menjaga kesehatan kulit, tanpa disadari penuaan dini pun dapat terjadi. Dalam kehidupan penuh stres seperti sekarang ini, masalah penuaan dini harus diperhatikan banyak orang. Karena efek penuaan dini sangat tidak menyenangkan bagi tubuh.

Dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu dan kemudian dioleskan pada wajah dengan menggunakan kapas. Setelah itu keringkan dan bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat dan usap dengan handuk bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Mengusir kulit kusam

Kulit kusam dapat disebabkan karena polusi udara, bersentuhan dengan sinar matahari begitu lama, kelelahan hingga kurang istirahat atau kurang tidur. Untuk mengatasi masalah ini selain rajin cuci muka kamu juga bisa menggunakan bahan jeruk nipis dan madu. Manfaat jeruk nipis dan madu bisa dijadikan salah satu nutrisi kulit, agar kembali sehat dan cerah. Selain itu kandungan vitamin C pada jeruk nipis mampu dijadikan sebagai antioksidan alami sehingga tidak mudah terkena radikal bebas.

Lakukan perawatan dengan bahan ini untuk masker. Cara menggunakan kedua bahan jeruk nipis dan madu yaitu, campur 1 sendok teh perasaan jeruk nipis dan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dengan lembut. Biarkan 10 menit, setelah melakukan treatment ini bilas dengan air bersih.

Mengatasi wajah berminyak

Dengan perawatan yang salah juga malah akan menimbulkan jerawat serta wajah yang kusam. Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang di dalamnya juga terkandung asam alpha hidroksida yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Gunakan ramuan jeruk nipis dan madu ini untuk masker.

Dengan 1 sendok makan perasan jeruk nipis ditambah dengan 2 sendok madu murni yang dicampur hingga rata. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah didiamkan beberapa saat bilas dengan air bersih. Selain mengurangi minyak berlebih, penggunaan ramuan ini bisa untuk mengecilkan pori-pori.

Untuk mengatasi jerawat

Jerawat memang sering mengganggu penampilan dan percaya diri kita, apalagi jika munculnya jerawat tersebut tak hanya satu. Penambahan madu pada pembuatan masker jeruk nipis ini bermaksud untuk membuat peradangan pada jerawat mereda. Madu sebagai bahan antiseptik dapat menghilangkan bakteri pada jerawat.

Cara penggunaannya yakni dua sendok perasan jeruk nipis dicampur denagan 4 sendok makan madu murni. Aduk dua bahan hingga tercampur rata kemudian oleskan pada wajah untuk masker. Tunggu hingga sekitar 30 menit agar hasil maksimal.

2 dari 3 halaman

Manfaat Madu Asli untuk Wajah

masker madu © Diadona

Penggunaan madu asli pada wajah tentu akan memberi efek baik untuk kulit kamu karena tidak mengandung bahan kimia yang bisa menimbulkan efek samping. Berikut adalah manfaat madu untuk wajah.

Melindungi terhadap kerusakan

Madu merupakan salah satu bahan antioksidan yang dapat melindungi organ internal dari jenis kerusakan yang disebut stress oksidatif atau keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Selain itu, manfaat madu untuk wajah juga efektif sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Mengatasi jerawat

Manfaat madu untuk wajah selanjutnya adalah bisa mengatasi jerawat. Madu yang merupakan zat antiinflamasi dan juga antibakteri mampu untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Menggunakan madu sebagai masker bisa memberikan manfaat madu untuk wajah untuk meredakan peradangannya dalam waktu satu malam saja.

Cara untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah ini adalah dengan mencampurkan madu murni dan juga bubuk kunyit secukupnya. Aplikasikan campuran tersebut pada jerawat yang meradang sebelum tidur. Bilas wajah di pagi hari dan rasakan perbedaannya.

Menyembuhkan luka

Menurut penelitian, ada susunan kimiawi pada madu terutama gula yang memiliki osmolalitas tinggi yang membuat mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, dan ragi) tidak bisa berkembang. Zat pemanis pada madu juga dapat memproduksi hydrogen peroksida ketika bersentuhan dengan cairan dari luka atau borok. Hal inilah yang memberikan manfaat antibakteri ke area ulserasi sehingga mempercepat penyembuhan.

Melembapkan kulit wajah

Manfaat madu untuk wajah berikutnya yang bisa kamu rasakan adalah melembapkan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa humektan dalam madu yang mampu merawat kulit kering. Namun, buat kamu yang memiliki kulit berminyak tetap bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah karena zat pemanisnya dapat membantu mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit.

3 dari 3 halaman

Manfaat Madu Hitam untuk Wajah

Ilustrasi Madu © Diadona

Madu hitam merupakan madu yang berasal dari bunga mahoni. Hal inilah yang membuat warnanya lebih hitam dan pekat. Selain itu, jenis madu yang satu ini juga mempunyai rasa yang lebih pahit dibandingkan madu biasa. Sumber rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkaloid yang ada pada pohon mahoni. Berikut adalah manfaat madu hitam untuk wajah.

Eksfoliasi

Menggunakan masker madu untuk dijadikan sebagai eksfoliasi alami agar kamu bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah. Perlu diketahui bahwa, tidak semua eksfoliasi harus memiliki tekstur yang kasar di kulit. Madu yang memiliki tekstur lembut juga bisa menjadi salah satu bahan eksfoliasi yang ampuh untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan enzim di dalamnya. Kamu bisa menggunakan scrub madu atau mencampurkannya dengan bahan lain untuk hasil yang maksimal. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, direkomendasikan untuk mencampurkan oat dengan madu untuk dijadikan masker dan scrub wajah. Sedangkan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, bisa mencampurkan tepung gram dengan madu.

Aplikasikan campuran tersebut sambil memijat halus wajah selama 3-5 menit. Setelah itu diamkan masker madu selama 5 menit di wajah, baru kemudian bilas dengan air.

Penangkal penuaan dini

Manfaat madu untuk wajah lainnya adalah sebagai anti-aging. Hal ini dikarenakan madu mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan juga antioksidan lebih banyak dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan krim anti-aging. Menggunakan madu sebagai masker wajah mampu untuk melembapkan, menenangkan, dan menyembuhkan kulit membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai ramuan penangkal gejala penuaan.

Untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah ini, kamu bisa menggunakan masker madu alami pada wajah. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan kebiasaan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan perawatan secara rutin. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah ini. Berikut beberapa cara mudahnya yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah:

1. Menggunakan madu untuk membuat kulit menjadi tampak lebih bersih adalah dengan mencampurkannya dengan tomat kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibersihkan.

2. Untuk melembapkan kulit wajah, kamu bisa mengoleskan madu biasa selama 5-10 menit pada wajah kemudian cuci dengan air hangat.

3. Untuk menjaga kulit tetap lembut, bersihkan wajah dengan madu sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu.

4. Untuk menunda proses penuaan, oleskan madu pada wajah sebelum tidur setiap malam.

5. Untuk mencerahkan dan memutihkan kulit wajah, campurkan tiga sendok air mawar dengan 1/4 cangkir madu dan oleskan pada wajah selama kurang lebih 15 menit. Kemudian cuci dengan air dingin.

6. Terakhir, untuk menyamarkan garis-garis halus dan kerutan, oleskan campuran madu dan susu di wajah. Diamkan beberapa saat sebelum membilasnya dengan air hangat.

Selamat mencoba dan semoga manfaat madu untuk wajah di atas bermanfaat!

Beri Komentar