Menilik Keindahan Lembah Harau di Sumatera Barat, Pesonanya Rancak Bana!

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 1 Maret 2021 18:03
Menilik Keindahan Lembah Harau di Sumatera Barat, Pesonanya Rancak Bana!
Selain kaya akan kelezatan kulinernya, tanaha minang juga menyimpan keindahan alam yang luar biasa.

Sumatera Barat memang dikenal sebagai salah satu provinsi yang menyimpan banyak potensi destinasi wisata menarik. Salah satunya adalah Lembah Harau, yang disebut-sebut sebagai lembah paling indah di Indonesia.

Sebutan ini memang tak salah sepertinya, sebab lembah yang berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat itu dikelilingi oleh persawahan luas yang diapit tebing granit yang menjulang sekitar 100 meter hingga 500 meter. Bahkan, Lembah Harau juga dijuluki sebagai Yosmite (salah satu taman nasional paling indah di Amerika Serikat) ala Indonesia.

1 dari 4 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by @sobatwisata.id

 

Saking indahnya, setiap tahunnya lebih dari 100 ribu wisatawan berkunjung ke tempat ini. Lembah Harau sendiri masuk ke dalam kawasan Cagar Alam Harau, yang memiliki habitat monyet ekor panjang dan satwa endemik Sumatera.

Namun, kini tak hanya persawahan dan tebing tinggi saja yang bisa dinikmati wisatawan. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah membagi zona pemanfaatan di Lembah Harau untuk rekreasi, pengembangan, dan konservasi.

2 dari 4 halaman

Lembah Harau terbagi ke dalam tiga area, yakni Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang. Berbeda area, berbeda pula objek wisata alam yang ditawarkan.

Bahkan, di Lembah Harau juga terdapat objek wisata yang disebut Harau Dream Park. Di objek wisata ini, wisatawan bisa berwisata dan merasakan nuansa seperti sedang berada di Eropa.

3 dari 4 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Vansberat? (@vb_hits)

 

Kincir angin ala Belanda, rumah berwarna-warni seperti di Swiss, hingga replika Menara Eiffel terdapat di sana. Tentu, semua atraksi wisata ini dapat dinikmati dengan latar belakang Lembah Harau yang memukau.

Di Harau Dream Park juga terdapat banyak spot foto menarik nan Instagramable yang bisa kamu pilih untuk mempercantik feed Instagram-mu. Ada pula wahana bermain air yang bisa dicoba wisatawan kala berkunjung ke sini.

4 dari 4 halaman

Dengan semua pesona keindahan dan fasilitas yang ada di sana, Lembah Harau memang menjadi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Sumatera Barat. Dan, jika ingin mengunjungi Harau Dream Park, kamu wajib mengeluarkan uang sebesar Rp 20 ribu untuk tiket masuknya.

Bagaimana, berniat berkunjung ke Lembah Harau di Sumatera Barat?

Beri Komentar