Danau Kakaban, Menikmati Keindahan Bawah Air Sambil Berenang Bersama Jutaan Ubur-Ubur Lucu

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 22 Maret 2021 18:03
Danau Kakaban, Menikmati Keindahan Bawah Air Sambil Berenang Bersama Jutaan Ubur-Ubur Lucu
Tennag, ubur-uburnya nggak akan gigit kok!

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, menawarkan banyak tempat wisata alam hingga wisata taman bawah laut dengam ragam flora dan fauna langka, seperti Danau Kakaban. Danau tersebut merupakan salah satu destinasi populer yang menjadi favorit para pengunjung.

1 dari 4 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by FOLK INDONESIA (@folkindonesia)

 

Danau Kakaban menjadi spot favorit para pengunjung untuk snorkeling. Danau Kakaban yang berada di Pulau Kakaban ini menyuguhkan pemandangan bawah airnya yang sangat menakjubkan karena dipenuhi berbagai macam spesies ubur-ubur cantik.

Danau ini merupakan merupakan habitat jutaan ubur-ubur mini yang tidak menyengat. Tepatnya terdapat empat spesies ubur-ubur yaitu, ubur-ubur bulan Aurelia aurita, ubur-ubur totol Mastigias cf Papua, ubur-ubur kotak Tripedalia cystophora, dan ubur-ubur terbalik Cassiopea ornata. Mereka diduga terjebak ribuan tahun silam hingga akhirnya hidup tenang di pulau tersebut.

2 dari 4 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by S A M B A R I O (@barisambario)

 

Mereka kini tidak memiliki sengat yang membahayakan manusia, lantaran sudah terlalu lama terperangkap di danau tersebut. Konon, kemampuan sengat mereka memudar seiring berjalannya waktu karena tidak adanya hewan predator yang mengancam mereka di danau tersebut.

Jenis ubur-ubur terbanyak yang hidup di sana ialah ubur-ubur totol yang memiliki warna bening dengan kombinasi kuning kecoklatan. pengunjung langsung bisa menemukan mereka saat masuk ke dalam air beberapa meter saja.

3 dari 4 halaman

Danau Kakaban termasuk danau unik karena hanya dihuni spesies ubur-ubur saja. Untuk menjaga keberlangsungan hidup ubur-ubur, pengunjung yang ingin snorkeling harus menaati beberapa aturan sebelum masuk ke dalam air.

      View this post on Instagram      

A post shared by KALIMANTAN TIMUR (@kaltim.info)

 

Mereka dilarang menggunakan krim tabir surya agar air danau tidak tercemar. Kemudian, mereka juga tidak boleh langsung melompat ke air dan menggunakan kaki katak agar tidak melukai ubur-ubur.

4 dari 4 halaman

Bagi pengunjung yang hanya mengelilingi danau menggunakan perahu juga dilarang menangkap ubur-ubur yang muncul di permukaan danau. Tindakan tersebut dikhawatirkan bisa melukai atau bahkan membunuh hewan invertebrata tersebut. 

Nah, selain menikmati keindahan pesona danau Kakaban ini, kita juga wajib banget buat ikut menjaga ekosistem lingkungan di sana ya. Jangan sampai kita abai dan ceroboh sehingga membuat danau Kakaban jadi tak menarik lagi. Jadi kapan mau ke danau Kakaban guys?

Beri Komentar