Toko Buku Gunung Agung Akan Tutup Semua Outlet di Akhir Tahun 2023

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 22 Mei 2023 11:47
Toko Buku Gunung Agung Akan Tutup Semua Outlet di Akhir Tahun 2023
Langkah ini diambil karena perusahaan mengalami krisis pemasukan sejak pandemi.

Perusahaan PT GA Tiga Belas atau Toko Buku Gunung Agung telah mengumumkan bahwa mereka akan menutup seluruh cabang tokonya pada akhir tahun ini. Keputusan ini diambil karena perusahaan tidak dapat bertahan dari kerugian yang besar.

"Pada akhir 2023 ini kami berencana menutup toko/outlet milik kami yang masih tersisa. Keputusan ini harus kami ambil karena kami tidak dapat bertahan dengan tambahan kerugian operasional per bulannya yang semakin besar," kata Manajemen PT GA Tiga Belas dalam keterangan resmi seperti dikutip detikcom, Minggu (21/5).

1 dari 5 halaman

Saat ini, Toko Buku Gunung Agung dikabarkan hanya memiliki lima toko yang tersisa. Perusahaan telah melakukan upaya efisiensi dengan menutup sejumlah toko yang sebelumnya beroperasi di beberapa kota seperti Surabaya, Semarang, Gresik, Magelang, Bogor, Bekasi, dan Jakarta.

" Penutupan toko/outlet tidak hanya kami lakukan akibat dampak dari pandemi covid-19 pada 2020 saja, karena kami telah melakukan efisiensi dan efektivitas usaha sejak 2013," ujar manajemen.

2 dari 5 halaman

Sebelumnya, Mirah Sumirat, Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK), menuduh Toko Buku Gunung Agung melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak terhadap 350 pekerjanya.

Mirah mengungkapkan bahwa ASPEK telah menerima laporan pengaduan dan permohonan advokasi terkait kasus PHK sepihak dan massal ini yang terjadi dengan cara yang tidak adil.

3 dari 5 halaman

Tindakan PHK sepihak dan massal yang dilakukan oleh manajemen Toko Buku Gunung Agung dikonfirmasi melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik dalam proses maupun dalam hal pembayaran hak-hak normatif yang seharusnya diberikan oleh perusahaan.

Berdasarkan laporan yang diterima, diperkirakan sekitar 220 pekerja Gunung Agung telah mengalami PHK sepihak sejak tahun 2020 hingga 2022.

4 dari 5 halaman

PHK sepihak dan massal dilaporkan masih berlangsung pada tahun 2023, dan diperkirakan akan berdampak pada sekitar 350 pekerja. Toko Buku Gunung Agung adalah salah satu pelopor toko buku dan alat tulis di Indonesia, dengan jaringan toko yang telah berdiri sejak tahun 1953.

Beri Komentar