Terkonfirmasi Sudah Masuk Indonesia, Gimana Sih Cara Melindungi Diri dari Cacar Monyet?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 23 Agustus 2022 11:03
Terkonfirmasi Sudah Masuk Indonesia, Gimana Sih Cara Melindungi Diri dari Cacar Monyet?
Tetap waspada ya guys!

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia telah mengonfirmasi adanya kasus monkeypox atau cacar monyet pertama di Indonesia. Monkeypox adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus monkeypox.

Virus tersebut biasanya Virus cacar monyet biasanya menyerang hewan pengerat, seperti tikus atau mencit, atau primata bukan manusia, seperti monyet. Namun, virus tersebut juga bisa menyerang manusia.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Cacar Monyet © Diadona

Gejala cacar monyet biasanya muncul mulai lima hingga 21 hari setelah terpapar. Periode waktu tersebut dikenal dengan istilah masa inkubasi. Sementara itu, gejala biasanya berlangsung selama dua hingga empat minggu.

Gejala yang terjadi bisa berupa demam, ruam kulit, sakit kepala, kelelahan, sakit otot dan punggung, serta pembengkakan kelenjar getah bening. Sekitar satu hingga empat hari setelah kamu mulai demam, ruam kulit mulai muncul.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Cacar Monyet © Diadona

Ruam cacar monyet sering pertama kali muncul di wajah, tangan atau kaki dan kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Awalnya, ruam muncul dalam bentuk bintik-bintik merah kemudian berubah menjadi leceh. Setelah itu, akan muncul lepuh berisi nanah, yang berubah menjadi keropeng dan rontok selama 2 hingga 4 minggu.

Setelah kita tahu bagaimana gejala dan tkamu-tkamunya, akan lebih baik jika kita tahu langkah apa yang bisa diambil untuk melindungi diri dari penyakit ini. Melansir laman Centers for Disease Control and Prevention, berikut cara melindungi diri dari Monkeypox:

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Cacar Monyet © Diadona

  • Hindari kontak antar kulit

Hindari kontal dari kulit ke kulit dengan orang yang memiliki ruam seperti cacar monyet. Jangan menyentuh ruam atau koreng oarang yang terkena cacar monyet. Selain itu, kamu juga dilarang berpelukan, mencium, atau berhubungan seks dengan penderita cacar monyet.

  • Hindari kontak dengan bedan yang digunakan penderita monkeypox

Jangan berbagi peralatan makan atau cangkir dengan penderita cacar monyet. Kamu juga dilarang memegang atau menyentuh tempat tidur, handuk, atau pakaian orang yang terkena cacar monyet.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi cuci tangan © Diadona

  • Sering mencuci tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan handsanitizer berbahan dasar alkohol, terutama sebelum makan atau menyentuh wajah dan setelah menggunakan kamar mandi.

Beri Komentar