Sering Ganggu, Kenapa sih Mulut Suka Bau Pas Bangun Tidur?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 14 Oktober 2021 17:03
Sering Ganggu, Kenapa sih Mulut Suka Bau Pas Bangun Tidur?
Perasaan nggak makan aneh-aneh, kok bis bau gitu ya~

Ketika bangun tidur di pagi hari, mulut umumnya akan 'bau naga' atau berbau tak sedap. Ternyata hal ini merupakan hal umum yang dapat terjadi.

Sering dikaitkan dengan menyikat gigi sebelum tidur, namun ternyata ada banyak faktor yang dapat menyebabkan bau mulut di pagi hari. Misalnya seperti kondisi mulut kamu, konsumsi makanan tertentu di malam hari, kebiasaan merokok, hingga adanya masalah kesehatan tertentu.

Umumnya penyebab bau mulut dapat diatasi, karena itu penting untuk mengetahui penyebabnya. Simak berikut ini yuk!

1 dari 5 halaman

Makanan yang Dikonsumsi

Ilustrasi Wanita Makan © Diadona

Mengonsumsi makanan tertentu juga dapat menyebabkan bau mulut dipagi hari saat bangun tidur. Makanan beraroma kuat seperti bawang putih atau bombay, jika dikonsumsi di malam hari sebelum tidur dapat menyebabkan bau mulut.

2 dari 5 halaman

Merokok

Merokok tembakau sangat berkaitan dengan bau mulut di pagi hari, sebab merokok dapat menyebabkan mulut kering dan membuat kamu lebih rentan terkena penyakit gusi.

Karena itu penting untuk menghentikan kebiasaan ini. Atau kamu juga dapat mengatasinya dengan mengonsumsi permen karet bebas gula untuk mengurangi bau mulut di pagi hari.

3 dari 5 halaman

Mulut Kering

Sering Mengalami Mulut Kering? Waspada, Bisa Jadi Pertanda 4 Penyakit Ini! © Diadona

Meski sudah menyikat gigi bahkan berkumur dengan cairan pembersih mulut sebelum tidur, tapi bau mulut di pagi hari tetap ada. Air liur memang bertugas untuk menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

Sedangkan saat tidur, produksi air liur menurun secara signifikan. Untuk mengatasinya, penting untuk menyikat gigi sebelum tidur dan tidak mengonsumsi apapun sebelum tidur, kecuali air putih.

4 dari 5 halaman

Mulut Kurang Bersih

Ilustrasi Mulut © Diadona

Ketika tidak menyikat gigi secara rutin dan efektif, partikel makanan dapat terjebak di celah-celah gigi, permukaan lidah, dan di sepanjang jaringan gusi. Lalu, bakteri di mulut akan memecah partikel makanan tersebut yang berujung pada pelepasan bau mulut saat bangun tidur.

Jika tidak menjaga kebersihan mulut, hal ini dapat memicu penyakit periodontal. Yang akan memengaruhi gusi dan menginfeksi kantong bawah gigi, dan menyebabkan timbulnya bau mulut.

Beri Komentar