Sering Dianggap Jorok, Padahal Makan Pakai Tangan Punya Sederet Manfaat Baik Buat Kesehatan Lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 18 Oktober 2022 21:30
Sering Dianggap Jorok, Padahal Makan Pakai Tangan Punya Sederet Manfaat Baik Buat Kesehatan Lho!
Kamu lebih suka makan pakai tangan atau sendok guys?

Cara makan orang Indonesia memang lebih suka memakai tangan langsung dibkamuingkan alat makan, seperti sendok dan garpu. Ternyata kebiasaan makan pakai tangan juga ada manfaatnya lho, khusunya tangan kanan.

Makan pakai tangan juga bukan cuma baik untuk fisik, tapi juga untuk jiwa dan pikiran kita. Meskipun sering dianggap jorok, tapi makan pakai tangan nyatanya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Yuk, simak beberapa manfaat makan pakai tangan untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan berikut!

1 dari 5 halaman

Melancarkan pencernaan

Ilustrasi Makan Pakai Tangan © Diadona

Melansir Parenting Firstcy, saat jari-jari tangan menyentuh makanan, ujung saraf jari otomatis memberikan sinyal ke otak kalau kita akan makan. Pesan ini lalu diteruskan ke perut agar segera menyiapkan pencernaan. Organ pencernaan lalu merespons dengan melepaskan enzim dan cairan pencernaan.

Dengan begitu, ketika makanan masuk ke mulut, tubuh sudah siap mencerna makanan dan prosesnya bisa berjalan lebih lancar.

2 dari 5 halaman

Menambah jumlah bakteri baik

Ilustrasi Makan Pakai Tangan © Diadona

Banyak orang beranggapan makan pakai tangan langsung itu jorok. Faktanya, banyak bakteri baik yang hidup di kulit tangan. Flora alami ini dapat menjaga tubuh saat menghadapi serangan bakteri jahat dan kuman lainnya.

Dengan begitu, manfaat makan pakai tangan yang bersih bisa membantu meningkatkan bakteri baik, sekaligus berguna untuk meningkatkan kekebalan alami sistem pencernaan tubuh.

3 dari 5 halaman

Lebih higienis

Selain punya banyak bakteri baik, makan menggunakan tangan ternyata lebih higienis. ita tentu akan selalu mencuci tangan kita dengan bersih. Nggak mungkin dong kamu akan makan pakai tangan dengan tangan yang belum bersih.

Hal ini berbeda jika kamu menggunakan sendok dan garpu. Kita tak tahu apakah alat makan tersebut telah dicuci dengan bersih, atau bagaimana kebersihan peletakan sendok dan garpu tersebut. Sedangkan jika menggunakan tangan, kita benar-benar mengetahui jika tangan kita memang sudah bersih.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan fokus saat makan

Ilustrasi wanita makan durian © Diadona

 

Selama ini banyak orang yang makan tidak fokus. Nah, makan pakai tangan ternyata bisa membantu mengembalikan fokus tersebut. Saat jari-jari tangan menyatu untuk mengambil makanan, fokus pikiran akan beralih pada makanan yang ada di piring.

Tak hanya pkamuangan yang tertuju pada makanan, perhatian pada rasa dan aroma makanan juga jadi meningkat. Sehingga, kamua bisa lebih hadir dan menghargai sesi makan tanpa fokus yang terpecah ke mana-mana.

Beri Komentar