Sering Banget Mainan Ponsel? Bisa Jadi Kamu Pertanda Gangguan Mental Ini

Reporter : Anif Fathul Amin
Minggu, 13 November 2022 08:00
Sering Banget Mainan Ponsel? Bisa Jadi Kamu Pertanda Gangguan Mental Ini
Siapa nih yang nggak bisa jauh-jauh dari handphone?

Nampaknya ponsel merupakan barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang saat ini. Sebab, orang-orang akan mengirim kabar dari jarak jauh dengan menggunakan ponsel. Tak hanya itu, ponsel juga bisa digunakan untuk berbagai hiburan. Misalnya aja bermain game online, menonton video kesayangan, atau berbagai hal berguna.epat.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Bermain Ponsel © Diadona

Namun, ternyata tentu tak 24 jam orang akan menggunakan ponsel, bukan? Jika ada orang yang tidak bisa melepas ponsel sama sekali, itu harus diwaspadai. Sebab bisa jadi itu pertanda menderita Nomophobia, alias no mobile phone phobia (NMP).

Kondisi ini membuat seseorang tidak bisa melepas ponsel sama sekali. Jika mereka tidak bisa menggenggam atau menggunakan ponsel mereka, rasa ketakutannya akan memuncak, bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

2 dari 4 halaman

Bisa dikatakan, orang dengan nomophobia ini sudah kecanduan ponsel banget. Berdasarkan beberapa penelitian, hampir 53% masyarakat Inggris tidak bisa jauh dari ponsel. Jika mereka tidak bisa memegang, atau menggunakan ponsel tersebut karen baterai habis misalnya, mereka akan merasakan hal tersebut.

Nomophobia memang tidak tercantum dalam DSM-5 alias Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, tapi ahli kesehatan nomophobia termasuk penyakit mental karena kecanduan terhadap ponsel.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Bermain Ponsel © Diadona

Gejala nomophobia nampaknya umuum seperti fobia lainnya. Mereka bisa mengalami panik, khawatir, gelisah berlebihan saat tak bisa menggenggam atau menggunakan ponsel. Mereka juga bisa merara sesak dada, sulit bernapas, gemetar serta berkeringat, dan lain sebagainya.

Ponsel memang penting kepentingan sosial dalam keseharian, tapi jangan sampai kecanduan bahkan sampai mengidap nomophobia. Jika sadar sedang mengalami hal tersebut, bisa pergi ke dokter terkait seperti psikolog/psikiater agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Beri Komentar