Sering Banget Dirasain, Kenapa sih Kita Selalu Ngerasa Insecure?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 24 Agustus 2021 17:03
Sering Banget Dirasain, Kenapa sih Kita Selalu Ngerasa Insecure?
Kita kayaknya sering banget ngerasa nggak percaya diri. Kenapa sih ini sebenarnya?

Buat kamu yang sedang berada di usia quarter life crisis yang berkisar di umur 25 tahun, pasti sering banget ngerasa insecure atau ngerasa kurang PD dengan diri sendiri. Pandangan semacam ini sebenarnya nggak bisa lepas dari persepsi orang lain yang banyak memandang seseorang lewat fisik saja.

Buat aku sendiri, perasaan semacam ini pernah banget kok aku rasain. Hal ini karena penglihatanku yang abnormal alias minus. Minusnya juga nggak sekedar 1 atau 2, tapi sampai 11. Dan hal inilah yang cukup mengganggu tingkat kepedeanku.

Terus, seringkali kita juga nggak tahu harus cerita ke siapa. Alih-alih mendapat dukungan dari orang terdekat, kita justru dicap nggak bersyukur dan sambat all day long. Apa yang kita rasain ini salah ya? Wajar nggak sih hal semacam ini?

1 dari 7 halaman

Apa Itu Insecure?

Ilustrasi Wanita Insecure © Diadona

Mmengutip dari laman Alodokter.com, insecure adalah perasaan cemas, tidak mampu, dan kurang percaya diri yang membuat seseorang merasa tidak aman.

Tapi tenang aja, insecure ini memang lumrah terjadi pada seseorang. Kekurangan yang kita miliki memang bisa membuat rasa tidak percaya diri muncul saat harus bertemu orang banyak. Gapapa kok, its okay.

Terus kenapa Insecure dibilang " perasaan nggak aman'?

2 dari 7 halaman

Insecure 'Perasaan Tidak Aman'

Jadi gini. Ketika merasa nggak pede, timbul rasa takut untuk bergaul. Jangankan bergaul, ngomong aja susah. Sebelum bertindak, udah muncul pikiran negatif di kepala.

" Ah nggak mau ngomong deh, tar kalau aku yang ngomong malah dicuekin dan nggak dianggep. Aku diem aja lah" kayak gitu mungkin ya.

3 dari 7 halaman

Mental Jadi Terganggu

Ilustrasi Wanita Insecure © Diadona

Nah, Nah, masalahnya, kalau kamu terus menerus mengalami situasi “ tidak aman” seperti tadi, mental kamu jadi terganggu dan berdampak pada kelancaran aktivitas sehari-hari. Kamu senantiasa membandingkan hidup kamu dengan orang lain, merasa tidak berharga, dan akhirnya sulit untuk bersosialisasi, dikarenakan terlalu fokus memikirkan kekurangan.

Terus darimana datangnya insecure? Jika mengacu pada definisi di poin sebelumnya, perasaan ini disebabkan oleh faktor lingkungan serta ketidakmampuan individu. Berikut penjelasannya:

4 dari 7 halaman

1. Lingkungan

Ilustrasi Wanita Insecure © Diadona

Seperti yang kita tahu, tiap orang dibesarkan dari keluarga yang berbeda. Ada orangtua yang santai, ada pula yang punya standar tertentu.

Namanya manusia, pasti ada khilaf-nya. Tak terkecuali keluarga kita. Niatnya mau memotivasi, malah menjatuhkan kepercayaan diri. Gapapa guys, kita maafin dulu yuk kesalahan mereka.

Selain keluarga, insecurity juga berasal dari lingkungan pertemanan. Kebanyakan soal fisik dan penampilan. Dibilang gendut, culun, kurus, bahkan jadi bahan lelucon.

5 dari 7 halaman

2. Ketidakmampuan Individu

Ilustrasi Wanita Insecure © Diadona

Kalau poin pertama dipengaruhi oleh orang lain, poin kedua dipengaruhi oleh faktor internal. Sebenarnya, nggak ada yang komen tentang kekurangan kita. Tapi, malah kita yang overthinking.

Kesempurnaan itu fana. Aku yakin, banyak public figure yang pernah insecure, tapi mereka berusaha menerima kekurangannya dan tetap berkarya. Salah satu penyebab insecurity adalah ketidakmampuan individu untuk menerima jati dirinya secara utuh. Kita hanya fokus pada 1 kekurangan, padahal punya skill dan bakat terpendam yang bisa dikembangkan.

Terus gimana cara ngurangin insecure ini?

6 dari 7 halaman

Self Acceptance (Penerimaan Diri)

ilustrasi wanita bahagia © Diadona

Gimana cara mengatasi perasaan insecure? Hal termudah yakni dengan belajar menerima. Bukan pasrah sama keadaan ya, melainkan ikhlas dan mencintai anugerah yang diberikan Tuhan. Aku kasih contoh yang mungkin bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Here we go!

  • Kalau kamu nggak dilahirkan sebagai orang yang good looking, just accept it. Bukan berarti bodo amat sama penampilan, melainkan merawat tanpa merubah kodrat. Kamu bisa belajar makeup, olahraga, atau nyoba mix and match baju biar kelihatan modis. Secara nggak langsung, kamu belajar untuk menerima kekurangan sambil membangun kepercayaan diri.
  • Kalau kamu bukan orang yang pintar, jangan ngerasa rendah diri. Aku yakin kamu punya sesuatu yang bikin kamu ngerasa worth alias dihargai. Mulailah menyalurkan hobimu, seperti: memasak, menggambar, main musik, dan lain-lain. Buktikan bahwa kamu juga bisa bersinar!

7 dari 7 halaman

Positive Vibes Only

via GIPHY

 

Sadar nggak sih? Kadang kita suka jahat sama diri sendiri. Kebiasaan ini berdampak buruk pada mental kita. Coba deh, kasih makan pikiran kamu dengan kalimat-kalimat positif. Kalau pola pikirnya aja udah positif, motivasi kamu buat menjalani aktivitas juga lebih tinggi.

Terakhir, yang selalu harus diingat adalah di dunia ini nggak ada yang sempurna, jadi nggak perlu repot-repot menutupi kekurangan yang kamu miliki. Cukup lakukan sesuatu yang bikin kamu bahagia, nikmati hidup, dan fokus meraih mimpi-mimpimu. Kalau kata Selena Gomez, “ WHO SAYS YOU ARE NOT WORTH ITTTT?” Yuk, belajar cinta sama diri sendiri.

 

Beri Komentar