Mandi saat Tubuh Berkeringat Bisa Munculkan Panu, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 18 Agustus 2022 17:03
Mandi saat Tubuh Berkeringat Bisa Munculkan Panu, Mitos atau Fakta?
Coba deh lihat penjelasan di bawah in biar nggak salah.

'Jangan mandi saat badan masih berkeringat, loh, nanti panuan'. Mungkin pernyataan ini sering kita dengar dari orang tua hingga teman yang menyarankan agar tidak mandi saat tubuh tengah berkeringat usai berolahraga dan sebagainya.

Nah, selama bertahun-tahun mempercayai anggapan tersebut, apa iya hal itu benar terjadi jika kita mandi saat berkeringat akan menimbulkan penyakit panu? Atau bagaimana penjelasannya secara ilmiah? Untuk itu, kamu harus membaca artikel ini sangat jeli yang dirangkum dari berbagai sumber dan menurut para pakar kesehatan hingga dokter.

1 dari 4 halaman

Anggapan yang Salah

Penyakit PanuPenyakit Panu © 2020 shutterstock.com/Kateryna Kon

Panu merupakan sebuah penyakit dari infeksi jamur terhadap kulit yang disebabkan oleh malassezia. Ini merupakan jamur yang kerap menyerang kulit manusia hingga menyebabkan gangguan pigmen pada kulit dan menimbulkan bercak/bentol kecil di permukaan kulit. Nah, penyakit ini disebutkan muncul karena sistem perubahan tubuh dan hormon.

Tidak hanya itu, kebiasaan buruk menjadi faktor utama mengapa seseorang bisa menderita penyakit panu, mulai dari jarang mandi, malas ganti pakaian, hingga memakai produk kosmetik yang mengandung banyak minyak.

2 dari 4 halaman

Justru Baik untuk Kulit

Ilustrasi MandiIlustrasi Mandi © 2020 https://www.diadona.id

Menurut para ahli, ketiga inilah yang membuat penyakit panu menyerang kulit kita karena jamur kerap muncul hingga tumbuh jika melakukan kebiasaan hal-tersebut. Selain itu, faktor pakaian juga dianggap bisa mempengaruhi munculnya penyakit panu.

Disebutkan, pakaian yang tidak menyerap keringat dan sangat ketat bakal membuat peredaran udara tidak berjalan dengan baik hingga menyebabkan kulit menjadi lembab dan berujung bakal memunculkan jamur.

 

3 dari 4 halaman

Perlu kamu ketahui, mandi saat berkeringat ternyata baik bagi tubuh terutama kulit. Pasalnya, keringat yang menempel akan otomatis hilang dari kulit.

Meski disebut tidak menyebabkan penyakit panu, namun kamu harus memahami kenyamanan melakukan hal tersebut. Sebab, tidak semua orang merasa nyaman mandi saat tubuh berkeringat. Apalagi, kamu juga harus mengetahui tentang kesensitifan kulit masing-masing ketika mandi saat tubuh berkeringat.

 

Beri Komentar