Mandi Air Panas Emang Bikin Tenang, tapi Ternyata Punya Sederet Dampak Buruk Bagi Kesehatan

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 12 Desember 2022 20:03
Mandi Air Panas Emang Bikin Tenang, tapi Ternyata Punya Sederet Dampak Buruk Bagi Kesehatan
Eh, beneran nih?

Saat suhu tengah dingin, mandi air panas mungkin bisa menjadi solusi. Tetapi seorang ahli kulit telah mengungkapkan bahwa mandi air panas sebenarnya dapat merusak kesehatan. Kenapa? Dalam unggahannya di TIkTok, Dr Farzan, seorang apoteker yang berbasis di AS, menyoroti empat cara mandi air panas dapat merusak kesehatan.

1 dari 5 halaman

Menurunkan Tekanan Darah dalam Tubuh

Ilustrasi Mandi Air Hangat © Diadona

Tahukah kamu? Mandi dengan air bersuhu tinggi akan membuat pembuluh darah dalam kulit kita melebar, lo. Hal tersebut menyebabkan resistensi pembuluh darah perifer menurun dan tekanan darah yang juga ikut menurun.

Kalau tekanan darah turun terlalu drastis, jantung terpaksa harus bekerja memompa darah lebih kuat dan lebih keras. Hal itu otomatis akan menyebabkan kepala kita menjadi pusing dan berputar, bahkan bisa sampai kehilangan kesadaran.

2 dari 5 halaman

Suhu Tubuh Jadi Tidak Seimbang

Dampak mandi air hangat selanjutnya adalah suhu tubuh menjadi tidak seimbang. Kamu pasti tahu, manusia memiliki panas dalam tubuh yang otomatis dikeluarkan melalui kulit sehingga tubuh manusia tetap hangat.

Kalau kita terlalu sering mandi air hangat tentu akan membuat kulit kita tidak dapat panas dari dalam tubuh. Hal itu menyebabkan suhu tubuh kita menjadi lebih panas. Kalau sudah begitu, kita bisa terkena hipotermia saat keluar kamar mandi karena terkena suhu udara di sekitar yang jauh lebih rendah.

3 dari 5 halaman

Kulit Menjadi Rusak

Mandi air hangat memang memiliki efek menenangkan bagi tubuh. Namun, ketika terlalu sering dilakukan, kulit kita akan terlihat lebih kering, lo. Kulit kita terlihat pecah-pecah. Hal ini disebabkan karena air panas dapat mengganggu fungsi kelenjar minyak pada kulit yang berfungsi sebagai pelembap alami.

Nantinya kulit menjadi rentan terkena iritasi dan infeksi karena populasi bakteri baik di kulit jadi berkurang.

4 dari 5 halaman

Membahayakan Janin

Bukan masalah jika sesekali ibu hamil ingin mandi dengan air hangat. Namun, sebaiknya tidak menggunakan air bersuhu terlalu tinggi, karena dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi.

Hal tersebut dapat terjadi ketika ibu hamil terus-menerus terpapar air panas ketika kehamilan menginjak 4-6 minggu. Mengidap kelainan tulang belakang dan otak pada bayi merupakan salah satu dampak mandi air hangat. Untuk mencegahnya, 10 menit adalah batas maksimal ibu hamil untuk mandi dengan air hangat.

Beri Komentar