Makan Telur Setengah Matang Emang Nikmat, tapi Sederet Bahanya Ini Bisa Mengintai Kesehatanmu!

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 13 Desember 2022 17:03
Makan Telur Setengah Matang Emang Nikmat, tapi Sederet Bahanya Ini Bisa Mengintai Kesehatanmu!
Meski enak, tapi ternyata punya sisi negatif juga lho!

Sudah diketahui oleh banyak orang bahwa telur adalah salah satu makanan tersehat yang baik untuk dikonsumsi. Telur terbukti mengandung banyak nutrisi penting dan dapat memberi manfaat kesehatan yang mengesankan. Bukan hanya mengandung protein berkualitas tinggi, telur juga sering disebut sebagai sumber mulitivitamin dan mineral alami.

1 dari 6 halaman

Merangkum dari laman Hellosehat, berikut ini adalah beberapa kandungan gizi yang bisa diperoleh dalam telur:

  • Vitamin D
  • Vitamin A
  • Vitamin E
  • Vitamin B12
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B5 (Pantothenic asam)
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Folat
  • Selenium
  • Kolin
  • Asam lemak omega 3

 

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Telur Setengah Matang © Diadona

Telur setengah matang adalah salah satu sajian telur yang punya penggemarnya tersendiri. Oleh beberapa orang, telur setengah matang bahkan dianggap lebih nikmat daripada telur yang dibuat matang sempurna. Tapi, tahukah kamu mengenai adanya risiko makan telur setengah makan bagi kesehatan? Beberapa risiko makan telur setengah matang ini kiranya baik untuk dipertimbangkan:

3 dari 6 halaman

Telur setengah matang mungkin terkontaminasi bakteri

Ilustrasi Telur Setengah Matang © Diadona

Melansir Health Line, telur setengah matang masih mungkin mengandung Salmonella, sejenis bakteri yang mudah menyebabkan penyakit. Bakteri Salmonella ini bukan hanya dapat ditemukan di cangkang telur, tapi juga di dalam telur.

Jika telur dikonsumsi setengah matang, maka ada kemungkinan bakteri Salmonella yang ada pada telur belum mati karena suhu tidak panas. Mengonsumsi telur setengah matang yang terkontaminasi bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan Salmonella. Untuk meminimalkan risiko infeksi Salmonella, menyantap telur matang sempurna mungkin adalah pilihan yang lebih baik daripada makan telur setengah matang.

4 dari 6 halaman

Protein di dalamnya tidak diserap dengan baik

Telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Tak hanya itu, telur adalah sumber protein lengkap. Faktanya, telur mengandung semua 9 asam amino esensial dalam rasio yang tepat.

Namun, makan telur setengah matang mungkin dapat menurunkan penyerapan protein berkualitas ini. Ini karena penelitian menunjukkan bahwa penyerapan protein pada telur matang lebih banyak daripada telur mentah.

5 dari 6 halaman

Dapat memblokir penyerapan biotin

Ilustrasi Telur Setengah Matang © Diadona

Biotin atau vitamin B7 adalah vitamin B yang larut dalam air. Vitamin ini terlibat dalam produksi glukosa dan asam lemak tubuh. Biotin juga penting selama kehamilan. Dilansir dari WebMD, kuning telur termasuk sumber makanan yang menyediakan biotin cukup baik. Sementara, putih telur mengandung protein yang disebut avidin.

Di dalam proses pencernaan, avidin dapat mengikat biotin di usus kecil, mencegah penyerapannya. Karena panas dari memasak bisa merusak avidin, pada akhirnya tubuh dapat menyerap biotin lebih banyak. Oleh sebab itu, ketika mempertimbangkan penyerapan biotin ini, mengonsumsi telur matang sempurna dianggap menjadi pilihan yang lebih baik ketimbang makan telur setengah matang.

Beri Komentar