Makan Bengkuang Bisa Bikin Kulit Jadi Putih, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 13 Oktober 2021 17:03
Makan Bengkuang Bisa Bikin Kulit Jadi Putih, Mitos atau Fakta?
Beneran nggak sih ini?

Memiliki kulit yang cerah, putih, dan bersinar adalah dambaan kebanyakan setiap wanita Indonesia. Sebab dengan kulit yang putih tersebut, mereka berpikiran bahwa pasti akan terlihat cantik dan selalu cocok menggunakan pakaian dengan warna apa saja. Kulit yang putih katanya juga mampu membuat penampilan semakin terlihat stunning. Itulah sebabnya banyak produk pemutih dan tips memutihkan kulit beredar di kalangan wanita Indonesia.

Salah satu cara yang paling populer dan pasti sering kamu dengar adalah makan bengkuang katanya bisa membuat kulit jadi lebih putih. Selain dikonsumsi, bengkuang juga umum dijadikan sebagai masker. Benarkah hal tersebut?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Berkulit  PutihIlustrasi Wanita Berkulit Putih © Shutterstock.com

Menurut nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD, bengkuang berupakan sayuran yang berasal dari umbi, dengan kandungan air serta nutrisi yang tinggi. Ya, bengkuang memiliki sekitar 20,2 mg atau 34 persen dari rekomendasi harian vitamin C per 100 g, sedangkan kandungan mineralnya adalah fosfor, besi, dan kalsium.

" Karena kandungan air yang tinggi, bengkuang dapat meningkatkan cairan dalam tubuh. Sementara itu, vitamin C pada bengkuang berperan sebagai antioksidan yang kuat untuk membantu tubuh mencegah radikal bebas berbahaya, sehingga menawarkan perlindungan dari kanker, peradangan, dan virus," tutur Jansen seperti dikutip dari laman Merdeka.com.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi BengkoangIlustrasi Bengkoang © medicalnewstoday.com

Bukan hanya itu, kandungan vitamin C juga memberikan rangsangan pada sel kulit untuk beregenerasi, sehingga sel kulit mati berganti dengan yang baru.

Sementara zat fenolik dalam bengkuang cukup efektif menghambat pembentukan melanin, sehingga perubahan warna akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah atau dikurangi.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi BengkoangIlustrasi Bengkoang © Shutterstock.com

Meski bengkuang mempunyai sejuta manfaat baik untuk kesehatan kulit manusia, namun bukan berarti mengonsumsi bengkuang bisa bikin kulit auto outih glowing teman-teman. Yang harus diingat oleh kamu adalah, bengkuang adalah bahan alami yang bisa membuat kulit menjadi lebih sehat.

" Namun bukan berarti mengonsumsi bengkuang dapat menjadikan kulit lebih putih ya, hanya saja kulit dapat menjadi lebih sehat," tutur Jansen.

4 dari 5 halaman

Daripada sibuk memikirkan cara untuk menjadikan kulit yang lebih putih, mungkin akan lebih baik jika kamu memikirkan bagaimana cara untuk membuat kulit kamu selalu sehat. Terutama di tengah ancaman kanker kulit yang semakin tinggi akhir-akhir ini.

Beri Komentar