Lagi Duduk Kaki Tiba-Tiba Reflek Gerak, Normal Nggak Sih?

Reporter : Anif Fathul Amin
Minggu, 20 November 2022 08:03
Lagi Duduk Kaki Tiba-Tiba Reflek Gerak, Normal Nggak Sih?
Ada yang ngalamin kayak gini juga nggak?

Banyak sekali hal-hal yang tidak kalian sadari, bukan? Misalnya saja dengan anggota tubuh kalian. Misalnya, nih, ketika kalian lagi duduk diam, kaki suka goyang-goyang sendiri. Kalian juga sering begitu kan?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Duduk © Diadona

Ternyata, jika hal tersebut dilakukan ketika kita lagi bosan, panik, atau bahkan menikmati musik, itu normal-normal saja tersebut. Hal tersebut diterangkan oleh dr. Mega Muzdalifah dari laman Alodokter.com.

Namun, jika tidak dikarenakan hal tersebut, bisa jadi kaki goyang sendiri karena ada gangguan saaf yang disebut dengan restless leg syndrome (RLS), yang membuat kaki jadi tidak bisa diam nih guys.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Duduk Diam © Diadona

Gelajanya tentu adanya dorongan yang begitu kuat untuk menggerakan kakinya karena tidak nyaman, geli, ataupun nyeri. Gejalanya itu bisa lebih parah kalau lagi istirahat diam ketika duduk, bahkan ketika mau tidur.

Kalau udah begini, mengganggu banget nih, jadi sulit banget buat tidur. Belum lagi penyebab RLS belum diketahui dengan pasti. Namun faktor yang kemungkinan besar memperngaruhinya adalah gaya hidup yang tidak sehat, kehamilan, bahkan bisa karena penyakit kronis maupun konsumsi obat-obatan seperti antihistamin.

3 dari 4 halaman

Biar lebih pasti, ada baiknya untuk pergi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan, juga biar mendapatkan penanganan yang tepat jika memang ada masalah. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar