Kenapa Teh Hangat Selalu Ditawarkan Pada Orang yang Sedang Demam?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 9 Agustus 2021 17:03
Kenapa Teh Hangat Selalu Ditawarkan Pada Orang yang Sedang Demam?
Udah kayak 'obat' di segala situasi dan kondisi.

Segelas teh hangat sepertinya selalu jadi pilihan saat sedang merasa galau, nervous, gelisah atau cuaca dingin. Nggak cuman itu aja, kita juga mungkin sering menjumpai teh hangat disajikan buat orang yang sedang nggak enak badan.

Udah kayak refleks otak aja gitu. Teh hangat seolah jadi jawaban dan 'obat' untuk segala situasi dan kondisi. Kenapa bisa ya?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Minum Teh © Diadona

Masyarakat Indonesia, mengenal teh sebagai salah satu minuman yang hampir selalu ada di segala keadaan. Mereka meyakini bahwa segelas teh hangat, akan membantu menenangkan hati dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Pada sebuah penelitian tahun 2020 yang dilaukan oleh Seton Hall University, konsumen di Amerika memilih teh sebagai saran untuk meningkatn suasana hati.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Teh © Diadona

Dari data tersebut, 93 persen responden merasakan ketenangan saat minum teh lho. Jadi, apakah teh memang mengandung efek yang bisa menenangkan dan membugarkan tubuh ya?

Dan ternyata memang demikian. Dilansir dari laman Better Help, selain kafein, teh juga mengandung zat I-theanine. Senyawa kimia yang berfungsi untuk membantu merangsang gelombang alfa di otak, meningkatkan rasa tenang dan relaksasi bahkan selama situasi stres. Terus emang benar bisa membantu meredakan demam?

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Teh Chai © Diadona

Melansir dari Kompas.com, nafsu makan menurun ketika demam harus dilawan. Bukan tanpa alasan, tubuh bisa membakar kalori dan kehilangan cairan lebih banyak dibandingkan ketika tubuh sedang sehat.

Hal itu disebabkan karena adanya tekanan tambahan pada tubuh. Dengan begitu, ketika demam menyerang tubuh dianjurkan untuk makan dan minum lebih banyak.

Untuk melawan infeksi dan agar cepat pulih, badan membutuhkan nutrisi dan energi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

4 dari 5 halaman

Dari situ lah, teh panas menjadi salah satu alternatif untuk meredakan panas demam. Minuman sejuta umat tersebut akan bertindak sebagai dekongestan alami.

Selain itu, berbagai kandungan yang ada dalam teh juga berkhasiat bagus untuk kesehatan tubuh. kandungan polifenol dalam daun teh memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Minum Teh © Diadona

Zat Tanin yang terkandung dalam teh dapat berperan sebagai antioksidan hingga anti-inflamasi. Selain itu, minum teh panas juga bisa mencegah kanker karena daun teh memiliki efek anti-kanker.

Jadi, udah kejawab ya Diazens kenapa teh selalu dikasihkan pada orang yang demam? Apakah kamu gini juga kalau di rumah?

Beri Komentar