Jus Jambu Ampuh Naikkan Trombosit saat DBD, Benarkah?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 28 Juli 2022 17:03
Jus Jambu Ampuh Naikkan Trombosit saat DBD, Benarkah?
Jadi salah satu nasihat yang sering didengar, jus jambu beneran bisa bantu obati DBD nggak sih?

Rasanya pasti nggak enak banget kalau sudah merencanakan liburan atau bepergian, lalu badan malah drop dan sakit. Apalagi jika harus dirawat di rumah sakit karena terserang penyakit demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Berbagai buah tangan pun Anda terima saat dijenguk oleh kerabat dekat, salah satunya jus jambu biji.

Kata orang-orang, dengan minum banyak jus jambu biji, trombosit akan cepat naik sehingga Anda bisa kembali sehat dan ke rumah untuk beraktivitas seperti sedia kala. Tapi, apakah anggapan tersebut sesuai dengan fakta medis?

1 dari 6 halaman

Jus jambu biji untuk demam berdarah

Ilustrasi Jus Jambu BijiIlustrasi Jus Jambu Biji © 2020 https://wikihow.com/

Pasien demam berdarah memang membutuhkan berbagai jenis vitamin dan mineral untuk mempercepat proses penyembuhan. Dan, jambu biji termasuk buah yang kaya akan vitamin dan mineral penting.

Faktanya, jambu biji mengandung vitamin C tinggi sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Ketika pasien demam berdarah minum jus jambu biji, vitamin C yang masuk ke dalam tubuhnya akan bekerja memicu pembentukan platelet atau trombosit darah baru.

2 dari 6 halaman

Itulah sebabnya tak sedikit orang yang membawa jus jambu biji saat mengunjungi pasien demam berdarah. Lagi pula, pasien demam berdarah memang diharuskan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, sehingga mengonsumsi jambu yang sudah dijus akan lebih meringankan beban kerja sistem pencernaan yang sedang lemah.

Jambu biji juga mengandung quercetin, yakni senyawa alami yang bisa ditemukan di berbagai jenis buah dan sayur. Senyawa tersebut berfungsi sebagai antiradang, antihistamin, dan antioksidan yang bisa menghalau pembentukan enzim mRNA atau enzim yang membuat virus dengue makin kuat dan menyebar.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Jus JambuIlustrasi Jus Jambu © Ethnicspoon.com

Di balik semua manfaat yang disebutkan di atas, jus jambu biji ternyata tak mampu membunuh virus dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah secara langsung. Asupan sehat ini hanya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas.

“ Karena pada dasarnya, setelah 7–10 hari sakit, infeksi dengue akan sembuh dengan sendirinya. Bahkan di hari kelima, trombosit akan mulai naik dengan perlahan,” jelas dr. Resthie Rachmanta Putri seperti dikutip dari laman Merdeka.com.

4 dari 6 halaman

Manfaat Jus JambuManfaat Jus Jambu © shutterstock.com/SAM THOMAS A

Lebih lanjut, dr. Resthie mengatakan bahwa jus jambu biji bukanlah satu-satunya “ pahlawan” untuk mereka yang terserang penyakit demam berdarah. Menurutnya, pasien demam berdarah juga mengonsumsi banyak cairan, misalnya air putih, minuman isotonik, susu, ataupun jus buah lain untuk membantu mengembalikan kondisinya.

“ Memperbanyak asupan cairan saat terserang demam berdarah bisa mencegah syok, yang merupakan salah salah satu komplikasi demam berdarah. Pastikan pola makan tetap terjaga supaya tidak mengalami badan lemas,” pungkas dr. Resthie.

5 dari 6 halaman

Nah, sekarang sudah jelas bahwa jus jambu biji bukanlah pengobatan pasti untuk penyakit demam berdarah. Walau begitu, tak ada salahnya jika pasien demam berdarah ingin menjadikan jus jambu biji sebagai salah satu asupan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuhnya. Selama diminum secukupnya, dikombinasikan dengan istirahat cukup dan konsumsi makanan sehat, niscaya penyakit demam berdarah akan segera sirna.

Beri Komentar