Hempaskan Pipi Chubby dan Badan Melebar, Ini lho Tips Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 9 Mei 2022 08:03
Hempaskan Pipi Chubby dan Badan Melebar, Ini lho Tips Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran
Coba lihat dulu tuh timbangannya, nyender ke kanan atau ke kiri guys?

Cara menurunkan berat badan setelah lebaranpenting diketahui bagi kamu yang mengalami kenaikan berat badan. Pada umumnya, orang akan mengalami penambahan berat badan usai lebaran.

Seperti diketahui, momen lebaran selalu dipenuhi dengan berbagai hidangan yang menggiurkan. Ini terkadang membuat kita kalap dan mengalami berat badan yang naik secara drastis.

Namun nyatanya ada beberapa cara ampuh yang bisa menurunkan berat badan. Tentunya ini juga sangat aman dilakukan untuk menjaga kesehatan. Dirangkum dari beragam sumber, berikut adalah cara menurunkan berat badan setelah lebaran.

1 dari 8 halaman

Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak

Ilustrasi Makanan ManisIlustrasi Makanan Manis © chefsteps.com

Cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang pertama bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan manis dan mengandung lemak. Perlu diketahui jika makanan manis dan berlemak menjadi salah satu penyumbang kalori paling banyak dan utama ke dalam tubuh manusia.

Jenis makanan ini adalah sumber masalah berbagai penyakit. Mulai dari kolesterol tinggi, hipertensi, stroke, diabetes hingga penyakit jantung yang amat membahayakan.

Karenanya, sebisa mungkin selalu untuk mengurangi makanan yang digoreng mulai dari daging berlemak, makanan laut terkecuali ikan, aneka kue, keripik, telur puyuh bahkan hingga minuman kemasan yang di dalamnya terdapat penambahan gula.

2 dari 8 halaman

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Ilustrasi Buah-buahanIlustrasi Buah-buahan © 2020 https://www.diadona.id / berries.com

Memperbanyak makan sayur dan buah menjadi salah satu cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang bisa juga kamu praktikan. Ini tergolong ke dalam menurunkan badan setela lebaran dengan membatasi konsumsi makanan tertentu.

Namun dikhususkan untuk sayur dan buah konsumsinya memang harus ditambahkan. Tak hanya baik untuk pencernaan manusia, sayur dan buah ini sangat membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama.

Pada nantinya, itu semua akan membuat kamu tidak merasa tergoda untuk ngemil lagi atau bahkan dalam porsi yang banyak. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur akan menjadi cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang bisa dipercaya keampuhannya.

3 dari 8 halaman

Makan Porsi Sedikit namun Sering

Cara menurunkan berat badan setelah lebaran selanjutnya bisa dengan makan namun dengan porsi lebih sedikit namun sering. Misalnya kamu bisa makan sebanyak tiga kali dalam porsi biasa lalu berikan waktu ngemil di antara jam makan besar dan cobalah untuk membagi tiga kali porsi makanan itu menjadi 5 hingga 6 kali dengan catatan porsi lebih sedikit.

Dengan makan dalam porsi lebih sedikit tapi sering, kamu bisa terbantu untuk mengendalikan napsu makan. Tentunya ini semua akan membuat kamu juga akan tergoda untuk menyentuh camilan. Tak hanya itu, pola makan ini juga bisa mengondisikan lambung menjadi merasa cukup dengan porsi makan yang tentunya sedikit.

4 dari 8 halaman

Mengurangi Camilan

Ilustrasi Makanan ManisIlustrasi Makanan Manis © Medical News Today

Mengurangi camilan menjadi jurus terjitu sebagai cara menurunkan berat badan setelah lebaran. Itu semua perlu dikurangi karena kebiasaan ngemil setiap hari membuat kamu akan mengkamulkan makan besar sebanyak tiga kali.

Otomatis secara tak langsung berat badan akan menurun. Camilan yang dikonsumsi dalam kurun waktu makan besar itu biasanya akan menjadi masalah besar berat badan menjadi naik.

Apabila kamu ingin menurunkan berat badan usai lebaran, kamu perlu menghilangkan kebiasaan untuk ngemil. Itu semua demi kelancaran program diet yang kamu jalani.

5 dari 8 halaman

Olahraga Secara Teratur

Cara menurunkan berat badan setelah lebaran selanjutnya adalah dengan olahraga secara teratur. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan kamu dengan makanan sehat dan bervitamin.

Ini sangat wajib dilakukan untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi kamu tak boleh melupakan pentingnya manfaat dari olahraga secara rutin. Sebab olahraga dipercaya dapat meningkatkan pengeluaran kalori.

6 dari 8 halaman

Sehingga pada nantinya akan membuat tubuh menjadi segar dan dapat menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit. Kamu bisa melakukan cardio untuk mempercepat pembakaran lemak dengan waktu olahraga yang disarankan selama 30 menit tiap harinya.

Apabila mulai berhasil, kamu bisa melakukan olahraga dengan tingkatan waktu yang ditambah yaitu 60 menit dalam sehari dan berolahragalah dalam 150 menit dalam seminggu yang bisa dibagi menjadi 3-5 hari.

7 dari 8 halaman

Minum yang Cukup

ilustrasi wanita minum air putihilustrasi wanita minum air putih © thehealthy.com

Cara menurunkan berat badan setelah lebaran selanjutnya adalah dengan minum yang cukup. Hal tersebut dijelaskan dalam situs Britania Raya, NHS biasanya seseorang salah mengartikan sinyal haus sebagai rasa lapar.

Untuk itu kamu harus memastikan mendapatkan asupan air yang cukup pula. Bukan hanya berguna untuk menjaga berat badan setelah lebaran saja. Minum air dengan cukup akan sangat bermanfaat untuk kesehatan kamu secara keseluruhan. Lalu tunggu apalagi, kamu bisa memulainya dari saat ini demi kesehatan kamu dalam jangka panjang ke depannya.

Beri Komentar