Gak Perlu Panik, Ini Tips Atasi Sesak Napas karena Asam Lambung Naik

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 23 November 2021 19:03
Gak Perlu Panik, Ini Tips Atasi Sesak Napas karena Asam Lambung Naik
Apakah ini berbahaya?

Ada kalanya, orang yang asam lambungnya sedang naik mengalami sesak napas. Perlu diketahui, sesak napas merupakan salah satu gejala penyakit asam lambung kronis atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Untuk memahami kelindan antara dua masalah kesehatan yang saling berkaitan ini, simak penjelasan berikut.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Sakit Asam LambungIlustrasi Sakit Asam Lambung © shutterstock.com

Dilansir dari laman Hellosehat, ada beberapa penyebab asam lambung bisa bikin sesak napas, antara lain:

Cairan asam lambung dari perut yang naik ke kerongkongan tanpa disengaja masuk ke paru-paru, biasanya saat tidur. Akibatnya, saluran udara di paru-paru. bengkak dan memicu asma atau pneumonia aspirasi. Karena saluran napas terganggu, asam lambung naik bikin sesak, batuk, dan mengi.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Asam LambungIlustrasi Asam Lambung © Shutterstock

Cairan asam lambung dari perut naik ke kerongkongan memicu refleks saraf. Hal itu membuat saluran udara menyempit, untuk mencegah cairan asam keluar. Kondisi ini juga bisa bikin penderita sesak napas.

Asam lambung naik juga bisa melukai lapisan tenggorokan, saluran pernapasan, dan paru-paru. Kondisi ini rentan menyebabkan asma pada penderita penyakit asam lambung yang sudah punya riwayat asma.

3 dari 5 halaman

Mengingat ada beberapa alasan kenapa asam lambung naik bisa bikin sesak, penting bagi setiap penderita untuk mengelola penyakitnya.

Ketika kamu sulit bernapas, segera pindah tempat lapang dan terbuka yang memiliki sirkulasi udara bebas serta segar. Kemudian, coba untuk duduk tegak dan bernapas dalam perlahan-lahan lewat perut dengan mengerucutkan bibir.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Sesak NapasIlustrasi Sesak Napas © Shutterstock.com

Serangan sesak napas akibat asam lambung yang hanya muncul sekali atau dua kali umumnya tidak perlu dikhawatirkan. AKamu bisa berkonsultasi ke dokter saat ada jadwal kontrol rutin untuk mengatasi penyakit ini.

Namun, apabila gejala sesak ketika asam lambung naik memburuk, segera bawa penderita ke rumah sakit

Beri Komentar