Gak Perlu Maksa, Ini Cara Jitu Ajak Lansia Agar Mau Divaksin Covid-19

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 18 Agustus 2021 18:03
Gak Perlu Maksa, Ini Cara Jitu Ajak Lansia Agar Mau Divaksin Covid-19
Punya kakek nenek yang susah diajak vaksin? Coba ikuti cara ini deh.

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020 lalu nampaknya belum menemui kata 'selesai'. Setiap hari, angka kasus positif dan kematian masih terbilang tinggi.

Oleh karenanya, pemerintah berupaya untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. Namun pada sebagian masyarakat terutama lansia, kerap muncul kekhawatiran mengenai efek samping dari vaksin terhadap kondisi kesehatan yang mereka miliki. Termasuk juga para lansia. Nah, sebenarnya ada cara-cara tertentu agar para lansia ini mau ikut vaksinasi lho. Gimana tuh?

1 dari 5 halaman

Melakukan Pendampingan

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia © Diadona

Mengutip dari laman Merdeka.com, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid membagikan satu cara agar orang tua atau kalangan berusia lanjut merasa aman dan mau divaksin COVID-19. Yaitu dengan didampingi anak atau keluarga yang juga akan ikut divaksin.

" (Vaksinasi bersama keluarga) supaya lansia merasa aman. Lansia kalau didampingi anaknya, anaknya juga divaksin, merasa akan lebih nyaman," ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

2 dari 5 halaman

Dukungan Anak Sangat Penting

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia © Diadona

Terkait dengan hal ini, juru bicara PT Bio Farma Bambang Heriyanto juga sepakat dengan dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid. Menurutnya, dukungan dan dorongan dari anak dan keluarga sangatlah penting agar mereka mau divaksin.

" Yang sudah tua biasanya di rumah, bergantung pada ajakan yang muda. Kalau anaknya semangat, akan membantu percepatan vaksinasi yang masih rendah," tutur dia dalam kesempatan diskusi yang sama.

3 dari 5 halaman

Sementara itu, Direktur PT AstraZeneca Indonesia, Rizman Abudaeri, menuturkan, selain ajakan untuk divaksin, lansia juga perlu ditemani saat akan divaksin.

" Untuk lansia, memerlukan orang yang menemani sehingga lansia bisa diantarkan untuk divaksin, memotivasi mereka sampai pada sentra vaksinasi dan mau divaksin. Jangan ragu, vaksinasi mempunyai manfaat yang jauh lebih besar daripada risikonya termasuk pada lansia," terangnya.

4 dari 5 halaman

Memberikan Informasi yang DIdbutuhkan

Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia © Diadona

Di sisi lain, informasi yang benar khususnya mengenai syarat lansia bisa divaksin juga tetap harus diberikan. Salah satunya, apabila lansia yang mempunya penyakit komorbid tetap bisa melakukan vaksinasi asalkan kondisinya terkontrol dengan baik.

5 dari 5 halaman

Nadia mengatakan, pemerintah hingga saat ini terus bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat termasuk organisasi keagamaan untuk mendorong pemberian vaksin pada lansia, juga membuat sentra vaksinasi dengan kembali memproritaskan lansia.

Pemerintah sendiri, menargetkan sebanyak 21.553.118 orang lansia untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Namun, hingga saat ini data dari Kementerian Kesehatan baru sekitar 4 juta orang yang baru melakukan vaksinasi.

Beri Komentar