Gak Melulu Lapar, Perut Bunyi Juga Bisa karena Sederet Hal Ini Lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 7 Juli 2021 17:03
Gak Melulu Lapar, Perut Bunyi Juga Bisa karena Sederet Hal Ini Lho!
Coba deh simak informasinya berikut ini.

Pernahkah kamu mendengar perutmu berbunyi ketika lapar? Ya, sebagian besar dari kamu tentu pernah mengalaminya. Lantas pernahkah bertanya-tanya mengapa perut bisa berbunyi ketika dalam keadaan lapar?

Saat perut dalam keadaan kosong dan lapar, perut terkadang mengeluarkan bunyi gemuruh kecil. Dalam bahasa Yunani kondisi ini disebut dengan "borborygmi." Sementara itu, masyarakat kita biasa menyebutnya dengan "keroncongan."

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Lapar Tengah Malam © Diadona

Bunyi perut umumnya terkait dengan rasa lapar, namun seperti dikutip dari Menshealth, (7/7), sebenarnya perut mengeluarkan bunyi sepanjang waktu tidak hanya saat lapar saja.

Suara gemuruh dari dalam perut sebetulnya berasal dari gas berlebih yang bergerak bolak-balik di dalam saluran pencernaan. Suara gemuruh di perut itu merupakan indikasi bahwa kita perlu mengisi perut untuk membantu saluran pencernaan mendapatkan nutrisi yang perlukan dari darah.

Suar tersebut juga tak melulu menandakan lapar. Menurut pakar, ada sejumlah penyebab munculnya suara dari perut.

Apa saja? Dilansir Healthline, berikut sejumlah penyebab perut bunyi.

2 dari 6 halaman

Pencernaan Normal

Suara yang muncul pada perut sebenarnya juga bisa menandakan sistem pencernaan kita berjalan dengan baik. Suara tersebut terjadi ketika udara dan cairan di dalam usus bertemu. Ketika sedang bereaksi, usus akan bergerak dan berkontraksi sehingga menimbulkan suara.

3 dari 6 halaman

Gangguan Gastrointestinal

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Suara pada perut, juga bisa terjadi karena gangguan gastrointestinal. Ganggaun gastrointestinal adalah sebutan untuk sindrom iritasi yang terjadi pada usus besar. Gangguan ini biasanya menyebabkan beberapa gejala seperti diarae, kram perut, dan kembung.

4 dari 6 halaman

Intoleransi Makanan

Tak cuman karena gangguan gastrointestinal, suara yang muncul dari dalam perut juga bisa terjadi karena makanan yang kita konsumsi tak sesuai dengan sistem pencernaan kita. Oleh karenanya, tetap hati-hati dalam mengonsumsi makanan ya guys!

5 dari 6 halaman

Kesulitan Bernapas

Ilustrasi Kesulitan Bernapas © Diadona

Rupanya, kesulitan berpanas juga bisa menimbulkan efek suara pada perut. Hal ini terjadi karena pasokan oksigen yang masuk ke dalam darah. Kurangnya oksigen yang ada dalam darah, berpengaruh pada sistem pencernaan dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Penyumbatan usus

Suara yang keras dapat terjadi karena penyumbatan pada usus. Hal ini membuat makanan yang dikonsumsi tidak dapat bergerak bebas di dalam usus sehingga membuat suara dari dalam perut.

Saat mengalami penyumbatan usus biasanya diikuti dengan gejala seperti sakit pada bagian perut, muntah, merasa kenyang, perut yang bengkak, serta tidak bisa buang angin dan buang air besar.

Nah, jadi begitu ya guys penjelasannya. Jangan anggap remeh hal kayak gini. Karena ternyata bisa juga menimbulkan efek negatid bagi tubuh. Stay healthy!

Beri Komentar