Dianggap Sepele, Terlalu Sering Ngupil Ternyata Membahayakan Kesehatan Lho!

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 29 Juli 2021 17:03
Dianggap Sepele, Terlalu Sering Ngupil Ternyata Membahayakan Kesehatan Lho!
Niatnya sih buat bersih-bersih, tapi kalau keseringan bisa menimbulkan beberapa efek berikut ini lho!

Membersihkan kotoran di lubang hidung atau ngupil merupakan hal yang wajar dilakukan. Banyak kotoran yang menumpuk di area ini karena menyaring oksigen yang diserap hidung. Kotoran ini perlu dibersihkan agar tak mengganggu pernafasan.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengupil seperti cotton bud atau menggunakan jari tangan. Tapi kamu tau nggak sih, jika terlalu sering mengupil justru berbahaya lho. Dilansir dari halodoc.com, simak informasinya berikut ini yuk!

1 dari 6 halaman

Infeksi

Ilustrasi Infeksi Pada Hidung © Diadona

Infeksi di hidung bisa terjadi ketika saat kita ngupil, kuku kita menggesek bagian dinding hidung yang sebabkan adanya luka. Kalau ada luka atau cuma terasa sakit aja, ini sudah berpotensi bakteri berbahaya bisa masuk ke dalam aliran darah kita, lho!

Bahkan, kita bisa menyebabkan bakteri staphylococcus aureus masuk ke dalam tubuh yang bisa sebabkan infeksi serius pada kesehatan kita!

2 dari 6 halaman

Kerusakan rongga hidung

Kalau kita terlalu sering ngupil, ternyata kita bisa merusak rongga hidung kita, lho! Dalam satu studi, orang yang terlalu sering ngupil ternyata bisa merasakan peradangan dan bengkak pada jaringan hidung, menyebabkan hidungnya jadi gampang tersumbat!

3 dari 6 halaman

Berdarah

Ilustrasi Hidung Berdarah © Diadona

Kalau sudah berdarah, wajib sadar kalau apa yang kita lakukan adalah hal yang salah dan wajib dihindari, nih! Ketika kita sering mengorek hidung, kita bisa membuat pembuluh darah halus yang ada di dalam hidung menjadi rusak dan pecah, menyebabkan kita bisa berdarah hingga mimisan.

4 dari 6 halaman

Jerawat

Ilustrasi Jerawat © Diadona

Kalau kita perhatikan, setiap kali kita ngupil bisa aja kita juga ikutan menarik rambut halus pada hidung. Masalahnya, jerawat bisa aja muncul pada folikel rambut halus hidung, yang menyebabkan rasa sakit dan bakteri yang bisa menginfeksi hidung kita!

5 dari 6 halaman

Cara ngupil yang aman

Ilustrasi Mengupil © Diadona

Karena kebiasaan ngupil itu sendiri enggak disarankan, ada cara aman biar kita bisa ngupil dengan lebih aman, nih. Dikutip dari GQ, pertama dan utama jangan pernah memaksa mengeluarkan kotoran dari hidung kita.

Kalau kita memasukkan jari ke hidung dan enggak mendapatkan apapun, sebaiknya segera di keluarkan lagi.

Jangan pernah sengaja mengorek hidung untuk mengeluarkan kotoran, karena bisa membuat luka berbahaya, nih. Lagipula, ketika upil bisa keluar dari hidung, akan makin banyak upil lainnya yang terbentuk.

6 dari 6 halaman

Kita juga bakal merasakan adanya kulit kering yang terbentuk pada dinding hidung, yang kita kira sebagai upil kering. Padahal itu adalah kulit perlindungan yang diproduksi hidung biar dinding hidung kita enggak infeksi, lho!

Untuk mengeluarkan upil yang aman, caranya adalah dengan menyemprotkan obat tetes hidung, nih. Nantinya upil bakalan jadi cair dan lebih mudah keluar sendiri dari hidung kita.

Nah, mulai sekarang jangan anggap sepele mengupil ini ya. Salah-salah nanti malah hidung kita yang sakit. Stay safe and keep healthy ya guys!

Beri Komentar