Benarkah Konsumsi Makanan Asam Bisa Perburuk Kram Menstruasi?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 22 November 2021 17:03
Benarkah Konsumsi Makanan Asam Bisa Perburuk Kram Menstruasi?
Teman-teman perempuan ngerasain hal ini juga nggak?

Seperti yang kita ketahui, mestruasi adalah keluarnya darah dari vagina sebagai akibat siklus bulanan yang dialami wanita. Siklus ini terjadi secara alami dan merupakan bagian dari proses organ reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan.

Saat mengalami menstruasi, beberapa wanita mengalami kram atau nyeri perut bagian bawah ketika menstruasi. Kondisi ini pastinya terasa tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi MenstruasiIlustrasi Menstruasi © livestrong.com

Tapi, ada beberapa makanan yang bisa membantu mengurangi rasa sakit, kegelisahan dan nyeri perut ketika menstruasi. Ada pula beberapa jenis makanan lainnya yang bisa memperburuk rasa sakit tersebut.

Banyak orang percaya bahwa konsumsi makanan asam bisa menyebabkan kram atau nyeri perut lebih intens. Sehingga, orang-orang bisa menghindari konsumsi makanan asam selama 4-5 hari menstruasi.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi MenstruasiIlustrasi Menstruasi © wordscribe43.hubpages.com

Tapi, beberapa orang mungkin meragukan kebenaran hal tersebut. Dr Tanaya melalui media sosialnya baru-baru ini menjelaskan hubungan antara makanan tertentu dengan kram menstruasi.

" Untungnya, nyeri perut menstruasi ini tidak ada kaitannya dengan mengonsumsi makanan asam. Jadi, makanan apapun yang dikonsumsi ketika haid tidak akan mempengaruhinya. Makanan asam tidak akan memperparah kram menstruasi," kata Dr Tanaya dikutip dari Indian Express.

3 dari 5 halaman

Dr Tanaya menegaskan bahwa kram perut akibat menstruasi akan tetap terjadi, tak peduli makanan apapun yang dikonsumsi. Jika kamu ingin mengonsumsi makanan asam, seperti lemon, acar, permen yang asam dan lainnya pun tak perlu kehawatir untuk memakannya ketika menstruasi.

Karena, kamu harus melakukan atau mengonsumsi apapun yang bisa membuat nyaman dan bahagia selama menstruasi yang menyebabkan kram perut.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Fried ChickenIlustrasi Fried Chicken © Thekitchn.com

Meskipun, ada beberapa makanan yang memang membantu meredakan nyeri perut akibat menstruasi. Dr Rohini Patil, ahli gizi dan pendiri Nutracy Lifestyle, menyarankan wanita untuk menghindari makan gorengan dan konsumsi makanan siap saji ketika menstruasi.

Karena, makanan kemasan yang kaya garam dan natrium bisa menyebabkan retensi air yang mengakibatkan kembung selama menstruasi jika dikonsumsi berlebihan.

Beri Komentar