5 Tips Jitu Lindungi Mata dari Polusi Udara Sehar-Hari, Gak Ribet Kok!

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 15 September 2021 18:03
5 Tips Jitu Lindungi Mata dari Polusi Udara Sehar-Hari, Gak Ribet Kok!
Mata adalah salah satu organ penting, oleh karenanya kita harus menjaganya.

Mata adalah salah satu panca indera manusia yang mampunyai fungsi penting. Dengan mempunyai mata yang sehat, kita bisa melihat bagaimana indahnya dunia dan orang terkasih di sekitar kita.

Sayangnya, saat ini jumlah kendaraan yang meningkat daan makin menipisnya zona hijau membuat polusi udara ada di mana-mana. Sering kali mata menjadi panas, berair, atau merah karena paparan polusi udara atau debu yang masuk.

Terus gimana ya cara jitu buat melindungi mata dari paparan polusi? yuk, lihat ulasannya berikut ini.

1 dari 5 halaman

Jaga Asupan Air

Ilustrasi Wanita Minum Air PutihIlustrasi Wanita Minum Air Putih © Shutterstock.com

Sangat penting untuk memastikan apakah kamu sudah cukup minum air atau belum. Ketika tubuh memiliki cukup air, maka air mata bisa berfungsi secara optimal dan menjaga agar kotoran tidak menempel. Hal ini juga bisa membuat mata basar terus sehingga kesehatannya terjamin.

2 dari 5 halaman

Perhatikan Jenis Makanan

Ilustrasi makanan sehatIlustrasi makanan sehat © Canada's Food Guide

Makanan yang tepat juga bisa menjadi cara untuk menjaga keseahtan mata. Asupan makanan sehari-hari sebaiknya mengandung vitamin A, asam lemak Omega-3, sayuran hijau, dan buah. Sejumlah makanan itu memiliki dampak luar biasa bagi mata.

3 dari 5 halaman

Kurangi Waktu di Depan Layar

Ilustrasi bermain handphoneIlustrasi bermain handphone © freepik.com/ @lifeforstock

Usahakan batasi diri dari depan layar karena bisa memperburuk kondisi mata yang mengalami masalah akibat polusi. Dengan mengistirahatkan mata secara cukup, kamu bisa mencegah masalah lebih berat terjadi padanya.

4 dari 5 halaman

Lebih Sering Berkedip

Ilustrasi Wanita BerkedipIlustrasi Wanita Berkedip © Shutterstock

Salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan banyak berkedip. Ketika berkedip, air mata khusus yang melindungi mata bakal terbentuk, melembapkan, serta mengenyahkan polutan yang hendak menempel ke mata.

5 dari 5 halaman

Perhatikan Kebersihan

Untuk menjaga kebersihan mata, hindari penggunaan makeup berlebih atau lensa kontak. Selain itu sering-sering cuci tangan dan wajah ketika masuk rumah agar mata tak mengalami masalah lebih lanjut.

Sejumlah cara tersebut bisa dilakukan untuk meminimalisasi dampak dari polusi udara terhadap mata. Kesehatan mata yang terjaga bisa membuatmu menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman.

Beri Komentar