14 Makanan Khas Ambon Paling Terkenal dengan Cita Rasa Unik dan Menggiurkan

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 25 April 2020 12:26
14 Makanan Khas Ambon Paling Terkenal dengan Cita Rasa Unik dan Menggiurkan
Ambon memamng manis sekali dengan paduan cita rasa kulinernya

Sebelum menjelajah tempat wisata Ambon, baiknya kamu simak ulasan mengenai makanan khas Ambon berikut ini. Ambon merupakan satu dari sekian banyak wilayah Indonesia yang berada di wilayah timur dan kaya akan potensi alam. Wilayah yang masyarakatnya masih memegang hukum adat dengan teguh ini tetap mampu eksis tanpa tergerus era modernisasi.

Tanah Ambon dengan segudang potensi alamnya akan mampu menyihir mata kita sehingga kita akan banyak bersyukur atas kekayaan alam yang dimiliki. Begitu juga dengan keberagaman sajian kuliner khas Ambon yang menggugah selera. Berikut ulasan mengenai sajian kuliner makanan khas Ambon yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Ambon manise.

1 dari 4 halaman

Bika Ambon Makanan Khas

      View this post on Instagram      

A post shared by ANAKJAJAN.COM (Julia & Marius) (@anakjajan) on

 


Saat mendengar nama bika ambon, banyak yang mengira kalau makanan yang tergolong dalam jenis kue ini berasal dari Ambon, Maluku. Padahal, bika ambon adalah panganan nusantara yang terkenal. Makanan ini bukan merupakan makanan khas Ambon melainkan merupakan makanan khas dari Medan, Sumatera Utara.


Dilansir dari laman resmi pariwisata.pemkomedan.go.id, ada beberapa versi sejarah yang menceritakan asal mula bika ambon ini bisa terkenal di Medan.

Salah satunya adalah dalam buku Bunga Angin Portugis di Nusantara, Jejak-jejak Kebudayaan Portugis di Nusantara (2008) karya Paramita R Abdurrahman, disebutkan bahwa salah satu peninggalan Portugis di Maluku adalah tradisi kuliner. Di antara berbagai jenis kuliner yang diperkenalkan kepada penduduk setempat, satu di antaranya adalah bika. Namun tidak ada yang bisa menjelaskan bagaimana kue tersebut dibawa atau diperkenalkan oleh orang Ambon ke Medan.

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Christopher Tan Yu Wei (@thewayofkueh) on

 

Bika ambon adalah salah satu makanan khas jenis kue basah. Kue satu ini memiliki ciri khas dengan warnanya yang kuning dan memiliki rongga-rongga di bagian dalamnya. Selain itu, kue bika ambon juga memiliki citarasa dan aroma yang khas sehingga membuat siapapun ketagihan untuk menyantapnya.

Di Kota Medan sendiri, kue bika ambon ini sudah sangat terkenal dan menjadi salah satu ikon kuliner kebanggaan masyarakat di sana yang banyak diburu oleh pecinta kuliner dan wisatawan yang berkunjung ke sana.

 

 

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Suku Ambon

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar nama kota Ambon? Wisata yang indah, kuliner yang super enak, atau orangnya yang ramah-ramah dengan senyumnya yang super manis?

Semua memang ada di Ambon. Nah, kalau kamu sedang berlibur di ibu kota Maluku itu, kamu harus mencicipi berbagai makanan khas suku Ambon yang lezat di bawah ini. Jangan sampai gak mencobanya ya!

Papeda

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Makan&Minum_id (@makxnum_id) on

 

 

Belum ke Ambon namanya kalau belum mencicipi makanan khas Ambon yang unik satu ini. Papeda merupakan makanan pokok masyarakat Ambon pengganti nasi yang terbuat dari sagu dan diolah menjadi bubur.

Teksturnya yang kenyal menyerupai lem menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. Makanan khas Ambon akan terasa lebih lezat apabila disantap bersama kuah ikan kuning. Kuah ikan kuning sendiri merupakan ikan tongkol atau mubara yang disiram dengan kuah berbumbu kunyit.

Cara menyantap makanan khas Ambon ini juga tergolong sangat unik. Papeda akan dipilin menggunakan alat seperti sumpit, lalu dipindahkan ke piring berisi kuah ikan kuning.

Ikan Asap

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Ade Putri Paramadita ???? (@misshotrodqueen) on

 

Makanan khas Ambon dengan olahan ikan yang juga dikenal dengan nama Ikan Komu Asar ini berasal dari jenis ikan tongkol, cakalang atau tuna. Dinamakan asap karena memang makanan tradisional khas Ambon diolah dengan cara ditusuk dengan bambu, dibungkus daun pisang, lalu diasap selama sekitar satu jam. Nasi dan sambal colo-colo merupakan teman yang pas untuk menyantap kuliner ini.

Sambal Colo-Colo

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by #homecooking Influencer (@dhilasina) on

 


Salah satu makanan khas Ambon yang terkenal dengan rasa pedasnya adalah sambal colo-colo. Sambal ini seringkali hadir menjadi pendamping makanan yang disantap warga Ambon.

Sambal yang disajikan tanpa diulek ini terbuat dari berbagai rempah-rempah khas seperti bawang merah, cabai rawit, tomat dan daun seledri. Semua bahan ini kemudian dicampur dan diramu dengan taburan garam dan perasan jeruk nipis untuk menambah cita rasa asam dan pedas. Dijamin, kamu akan ketagihan, deh!

 

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah Ambon

Rujak Natsepa

 

 

Ilustrasi Rujak Nastepa © Diadona

 

Dinamakan rujak natsepa karena makanan khas Ambon yang satu ini hanya dapat ditemukan di Pantai Natsepa. Sebenarnya makanan khas Ambon ini sama saja seperti rujak buah lainnya, yakni terdiri atas kedondong, mentimun, pepaya, nanas, jambu air, belimbing, dan berbagai pilihan buah lainnya.

Hal yang membedakan adalah hadirnya buah pala yang ditemani irisan gula merah dan kacang tanah goreng. Menikmati keindahan Pantai Netsapa akan semakin lengkap dengan makanan khas Ambon satu ini.

Kohu-Kohu

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Rasa Sayange (@rasasayange) on

 

Apabila beberapa daerah di Pulau Jawa memiliki kuliner khas yang terbuat dari berbagai campuran sayur-sayuran bernama urap, Ambon juga memiliki makanan khas yang serupa, lho. Kohu-kohu namanya.

Makanan khas Ambon ini terbuat dari kacang panjang, tauge, mentimun dan daun kemangi yang dicampur bersama irisan bawang merah, bawang putih, cabai, perasan jeruk nipis, kelapa parut dan ikan cakalang yang dipotong kecil-kecil dan disuwir.

Ikan cakalang juga dapat diganti dengan ikan tongkol atau ikan teri basah. Jangan lupa untuk menyantap kohu-kohu bersama singkong, talas, ubi jalar, atau pisang rebus agar terasa makin lengkap, ya!


Nasi Lapola

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Media_Kuliner (@media_kuliner) on

 


Sebagai salah satu makanan khas Ambon yang cukup populer di kalangan masyarakatnya, Nasi Lapola menawarkan cita rasa unik berkat kombinasi kacang tolo dan beras. Uniknya, beras hanya dimasak sampai setengah matang.

Nasi kemudian ditaburi kelapa parut dan diberi sedikit garam. Setelahnya, nasi dikukus hingga matang. Makanan yang enak nan gurih ini akan memanjakan lidah siapapun yang mencicipinya.

 

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Ambon Maluku

Sebagai ibukota sekaligus kota terbesar di Provinsi Maluku, Ambon menawarkan banyak hal yang menarik untuk dieksplorasi. Mulai dari destinasi wisata alam yang indah, wisata budaya yang unik, hingga kuliner khas lezat yang menggugah selera.

Yap, kota yang dijuluki sebagai the city of music ini memiliki sederet pilihan makanan khas yang sangat sayang apabila nggak dicoba. Penasaran? Berikut rekomendasi makanan khas Ambon, Maluku utara yang populer yang patut kamu cicipi

 


Nasi Kelapa

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Maggie Sylvia (MagS) (@de_magsculinary) on

 


Apabila kamu telah familiar dengan nasi uduk, makanan khas Ambon yang satu ini pastinya nggak akan gagal memuaskan selera makanmu. Memiliki bahan dasar yang sama, yaitu beras dan santan kelapa, nasi kelapa khas Ambon memiliki teknik khusus agar cita rasa yang dihasilkan nggak sembarangan, lho.

Nasi dan santan dicampur sebanyak dua kali agar nasi menjadi lebih gurih dan nggak bertekstur lengket. Setelah itu, bumbu nasi kelapa disiapkan dengan mencampur parutan kelapa, bawang merah dan cabai merah yang telah dihaluskan, air jeruk lemon, garam, terasi, dan penyedap.


Pisang Asar

      View this post on Instagram      

A post shared by @lafayyadh on

 

Dalam bahasa Ambon, asar berarti bakar. Nah, pisang asar merupakan makanan khas Ambon dari olahan pisang yang dimasak dengan cara dibakar/dipanggang menggunakan oven.

Pisang asar sangat cocok menjadi teman melewati sore hari lengkap dengan secangkir teh atau kopi. Nggak semua jenis pisang dapat digunakan untuk membuat pisang asar, lho. Hanya pisang raja sajalah yang cocok.


Talam Sagu Bakar

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Nieza_kitchen (@nieza_kitchen) on

 


Selain papeda, ada lagi makanan khas Ambon yang berbahan dasar sagu, yaitu talam sagu bakar. Kue yang satu ini memiliki cita rasa manis yang berasal dari campuran kenari dengan kacang brenebon, sangat cocok untuk dijadikan camilan sambil minum teh.

Asida

 

 

Ilustrasi Kue Asidah © Diadona


Meskipun namanya terdengar cukup aneh, kelezatan makanan khas Ambon yang satu ini nggak perlu diragukan lagi, deh. Pasalnya, asida memiliki rasa yang manis dan bertekstur kenyal.

Wajar saja, makanan khas Ambon ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula merah, mentega, dan bubuk kayu manis yang dilengkapi kapulaga. Kamu akan mudah menemui asida ketika bulan Ramadhan.


Bubur Sagu Ubi

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by DOYAN COOKING (@doyancooking) on

 

Sagu seakan menjadi primadona dan bahan pokok dari banyak makanan khas Ambon. Di tangan masyarakat Ambon, sagu dapat disulap menjadi sebuah makanan super lezat lainnya bernama bubur sagu ubi.

Apabila kamu mengenal kolak ubi yang populer di Jawa, makanan khas Ambon yang satu ini memiliki bentuk yang mirip, bedanya bercita rasa lebih manis dan bertekstur lebih kental.


Gogos

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by mamiko (@mamikobakery) on

 

 

Jika kamu mengenal kuliner khas Jawa yang bernama lemper, yakni olahan beras yang diisi suwiran daging ayam, abon, atau cacahan tempe, dan dibungkus daun pisang, gogos memiliki bentuk yang mirip. Bedanya, makanan khas Ambon satu ini yang berisi suwiran ikan yang kemudian dibakar setelah sebelumnya dibungkus terlebih dahulu dengan daun pisang.

Roti Kering Kenari

 

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Jolee | Cake and Happy Treats (@yesikalomena) on

 


Sekilas, roti kering kenari khas Ambon mirip roti tawar pada umumnya. Namun yang membedakan adalah adanya taburan gula dan cacahan kenari di atasnya. Roti kering ini dimasak dengan cara dipanggang menggunakan oven. Selain langsung dimakan, roti kering kenari juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena tahan lama.


Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Ambon yang dapat kamu cicipi ketika berkunjung ke kota yang dijuluki manise ini. Jadi, kuliner yang manakah yang berhasil menggugah rasa laparmu?

Beri Komentar