10 Manfaat Masker Putih Telur dengan Madu, Jeruk Nipis, Lemon, dan Kopi Setiap Hari

Reporter : Sofi
Selasa, 4 Februari 2020 13:53
10 Manfaat Masker Putih Telur dengan Madu, Jeruk Nipis, Lemon, dan Kopi Setiap Hari
Telur di lemari es kamu bisa digunakan untuk masker kecantikan loh! Berikut manfaat masker putih telur yang harus kamu tahu.

Sudah menjadi rahasia umum jika manfaat masker putih telur untuk mengencangkan kulit. Tetapi perlu diketahui jika putih telur mentah berisiko membawa bakteri dan alergi. Penting untuk memilih telur yang paling aman.

Ini berarti menggunakan organik, telur yang dipasteurisasi atau telur yang higienis. Penting juga untuk meminimalkan risiko kontaminasi dengan mengoleskan masker di atas wastafel kamar mandi atau dapur. Pastikan untuk mendisinfeksi wastafel dan permukaan sekitarnya dan untuk mencuci tangan segera setelah digunakan. Dengan begitu, kamu dapat merasakan manfaat masker putih telur dan madu tanpa cemas terkontaminasi bakteri.

Selain itu, manfaat masker putih telur ini bisa kamu dapatkan jika kamu melakukannya dengan benar. Berikut adalah manfaat masker putih telur yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Manfaat Masker Madu dan Putih Telur

Ilustrasi Madu © Diadona

Manfaat masker putih telur dan madu telah banyak digunakan dalam perawatan kulit rumahan. Banyak jenis masker wajah yang dapat dicoba untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Salah satu yang cukup populer adalah perpaduan madu dan putih telur. Manfaat masker putih telur dan madu dapat menghaluskan, mengencangkan, dan mencerahkan kulit.

Banyak yang belum mengetahui manfaat masker putih telur dan madu ini. Madu sudah lama digunakan dalam berbagai produk kecantikan dengan segudang manfaatnya. Sementara putih telur ampuh untuk mengencangkan dan mengecilkan pori-pori. Perpaduan manfaat masker putih telur dan madu ini menjadikannya produk rumahan yang terjangkau oleh siapa pun.

Putih telur bertindak sebagai astringen ringan yang membersihkan pori-pori tersumbat, kotoran, dan debu yang mengendap di permukaan. Madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang menenangkan kemerahan dan peradangan di wajah. Berikut adalah cara membuat masker putih telur dan madu yang mudah.

Bahan:
- 1 putih telur
- 1 sendok makan madu
- Mangkuk
- Kuas aplikator

Cara menggunakan:

1. Campur kedua bahan hingga rata dalam mangkuk

2. Oleskan lapisan tebal di wajah. Hindari area di sekitar mata.

3. Biarkan sampai kulit mulai mengencang.

4. Bilas dengan air hangat.

5. Lakukan setidaknya satu kali seminggu

2 dari 6 halaman

Manfaat Masker Putih Telur dan Jeruk Nipis Setiap Hari

Ilustrasi Jeruk Nipis © Diadona

Jeruk nipis yang mengandung antibakteri dan vitamin C dapat mengurangi jerawat. Dengan manfaat masker putih telur dan jeruk nipis kamu bisa merawat kulitmu yang sedang berjerawat. Oleskan masker putih telur dan jeruk nipis pada wajah pada malam hari dan biarkan mengering hingga pagi hari, lalu bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan wajah.

Sebaiknya hindari paparan sinar matahari selama penggunaan masker jeruk nipis, karena dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Selain jenis kulit sensitif, beberapa kondisi seperti rosacea dan dermatitis seboroik juga disarankan untuk menghindari penggunaan masker jeruk nipis, karena dapat menimbulkan dan memperparah iritasi kulit.

3 dari 6 halaman

Manfaat Masker Putih Telur dan Lemon

Ilustrasi buah lemon © Diadona

Manfaat masker putih telur dan lemon dapat merawat kulit wajahmu semakin halus dan mulus. Nutrisi yang terkandung di dalam putih telur bisa membantu membuka pori-pori kulit dan mengangkat sel kulit mati. Siapkan 1 butir telur, ambil bagian putihnya saja.

Siapkan pula 2 sdm air lemon. Campur kedua bahan. Oleskan masker ini ke kulit wajah secara menyeluruh. Pijat juga masker di kulit wajah menggunakan jari tangan. Diamkan kira-kira selama 10 menit. Bilas wajah dengan air bersih seperti biasa.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini 1 kali dalam seminggu. Pastikan juga untuk menjaga kebersihan kulit wajah dan jangan lupa membersihkan sisa makeup setiap kali akan tidur atau istirahat malam. Konsumsi makanan yang bernutrisi dan bervitamin untuk kulit. Hindari menggunakan kosmetik yang membuat kulit mengalami iritasi maupun ruam.

4 dari 6 halaman

Manfaat Masker Putih Telur dan Kopi

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Manfaat yang terkandung dari kopi pun bisa membuat wajah menjadi lebih kenyal dan halus, sedangkan masker putih telur ini pun berguna untuk melembutkan kulit wajah, serta bisa dijadikan mousturizer bagi kulit wajah. Untuk membuat masker kopi, ada baiknya kamu mencampurkan sedikit madu. Lalu aduk kedua bahan tersebut dan oleskan secara merata di wajah yang sudah dibersihkan, lalu diamkan hingga kering. Setelah selesai, kamu bisa membilasnya dengan air hangat. Jika sudah, untuk step terakhir, kamu bisa oleskan putih telur di seluruh wajah sebagai pelembab atau mousturizer.

5 dari 6 halaman

Apa Manfaat Masker Putih Telur

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Masker telur putih telur memiliki manfaat yang bagus untuk kulit kita selama digunakannya secara benar, higienis, juga pemilihan telur yang tepat. Berikut adalah manfaat masker putih telur yang mengesankan.

Cegah jerawat

Manfaat masker putih telur mengandung salah satu enzim paling kuat yang disebut lisozim, bersama dengan asam amino lain yang membunuh bakteri. Baik itu diaplikasikan topikal atau melalui makanan, putih telur menunjukkan sifat antiinflamasi yang sangat penting untuk melawan jerawat.

Cegah kulit berminyak cegah komedo

Putih telur dapat menarik minyak dari pori-pori sambil mengencangkan kulit. Komedo merupakan pori-pori yang tersumbat dengan minyak dan puing-puing lainnya. Manfaat masker putih telur dengan sedikit lemon akan membantu menghilangkan komedo, sementara protein dalam putih telur membantu menyembuhkan dan menyehatkan kulit.

Mengencangkan kulit

Segera setelah menerapkan masker putih telur, kamu akan merasakan kulit mulai mengencang. Efek ini biasanya berlangsung sekitar satu jam setelah membilas masker, memberikan wajah cahaya yang sehat dan mengurangi tampilan garis-garis halus.

6 dari 6 halaman

Risiko menggunakan putih telur sebagai masker

Ilustrasi Putih Telur © Diadona

Meski bermanfaat, masker wajah putih telur mengandung potensi risiko reaksi alergi. Alergi telur perlu diperhatikan. Sebelum seseorang mengoleskan putih telur ke wajah, lakukan tes sederhana. Tes ini dilakukan dengan mengoleskan sedikit putih telur ke bagian belakang tangan, di bawah dagu, atau di belakang telinga.

Tunggu sekitar 15 menit, lalu bilas putih telur. Kamu harus memeriksa area tersebut untuk memastikan tidak ada kemerahan, gatal, bengkak, atau tanda lain dari reaksi alergi. Telur mentah juga dapat membawa bakteri Salmonella, yang dapat menyebabkan infeksi jika memasuki tubuh.

Jika seseorang menggunakan putih telur di wajah, mereka harus berhati-hati saat mengoleskan masker untuk memastikan telur mentah tidak termakan. Penting juga untuk menghindari mengoleskan campuran ini ke luka terbuka atau pecah di kulit tempat bakteri bisa masuk ke dalam tubuh.

Bagaimana menurutmu tentang manfaat masker putih telur di atas? Sudah pernahkah kamu memakai masker putih telur sebelumnya dan bagaimana caramu untuk membuat masker putih telur ini? Berikan jawabanmu di kolom komentar ya! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar