WhatsApp Akan Rilis Fitur Sekali Lihat untuk Chat, Berkirim Pesan Jadi Lebih Private!

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 14 Desember 2022 16:03
WhatsApp Akan Rilis Fitur Sekali Lihat untuk Chat, Berkirim Pesan Jadi Lebih Private!
Apalagi, pesan "sekali lihat" tak bisa di-screenshot

WhatsApp selaku aplikasi perpesanan memang diharuskan untuk selalu menjaga privacy dari penggunanya. Tentu harus ada inovasi fitur baru dari WhatsApp untuk menambah rasa kepercayaan penggunanya. Melansir WABetaInfo, WhatsApp dikabarkan akan menambahkan fitur "Sekali Lihat" untuk pesan teks antar pengguna.

Seperti apa fitur "Sekali Lihat" tersebut? Yuk simak penjelasannya di bawah!

1 dari 4 halaman

Pesan akan terhapus otomatis

Fitur Sekali Lihat di WhatsApp © Diadona

Fitur " Sekali Liihat" akan membantu pengguna untuk lebih menjaga privacy obrolan mereka dengan pengguna lain. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna dapat mengatur agar pesan mereka hanya bisa dilihat satu kali saja sebelum pesan tersebut terhapus otomatis.

Fitur tersebut bisa digunakan oleh pengguna untuk mengirim pesan yang sifatnya rahasia. Contohnya ketika mengirim pesan terkait kata sandi, informasi pribadi, dan sebagainya.

2 dari 4 halaman

Pesan "Sekali Lihat" tak bisa di-screenshot

Karena pesan sekali lihat tidak bisa dibagikan atau disalin, pengguna biasanya mengakali dengan mengambil screenshot. Saat kita mencoba untuk menangkap layar dari pesan yang dikirim menggunakan fitur " Sekali Lihat" , akan muncul notifikasi bahwa kita tak bisa meng-capture layar tersebut. Notifikasi tersebut berbunyi " Cannot capture screenshot. The page contains personal information" .

3 dari 4 halaman

Sudah terlebih dahulu tersedia untuk pengiriman Media

Fitur Sekali Lihat di WhatsApp © Diadona

Sejatinya fitur " Sekali Lihat" ini bukan merupakan fitur yang baru bagi pengguna WhatsApp. Fitur ini sudah terlebih dahulu hadir untuk pengiriman " media" di WhatsApp sejak 2021 silam. Pengguna yang mengirimkan media seperti foto atau video bisa mengatur agar media yang dikirim hanya bisa dilihat sekali saja.

Fungsi fitur ini untuk teks dan media kurang lebih sama, membatasi pesan agar hanya bisa dibuka dan dilihat sekali saja. Jika lawan bicara kita ingin membuka kembali media yang sudah dia buka sebelumnya, maka akan muncul notifikasi " Pesan ini sudah kadaluwarsa" . Dengan begitu, privacy antar pesan jadi lebih terjaga.

Beri Komentar