Masih Dianggap Sepele, Ini Lho Keutamaan Besar Verifikasi Dua Langkah Pada Aplikasi

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 10 Agustus 2022 11:40
Masih Dianggap Sepele, Ini Lho Keutamaan Besar Verifikasi Dua Langkah Pada Aplikasi
Meski nggak 100% ampuh, tapi seenggaknya data kita nggak mudah dibobol.

Bagi yang menggunakan aplikasi, kata 'verifikasi dua langkah' atau 'Autentikasi dua langkah' sudah tidak asing lagi di telinga kita, yang mana hal itu biasa kita temukan pada saat pendaftaran maupun perubahan keamanan di menu pengaturan.

Verifikasi dua langkah merupakan bentuk proteksi tambahan dalam sebuah aplikasi demi menjaga keamanan pengguna. Tujannya agar akun dan data tidak mudah dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Lantas, apa sih keutamaan dari verifikasi dua langkah tersebut? Biar tahu lebih lengkapnya, yuk simak ulasan berikut.

1 dari 6 halaman

Dua kali lebih aman dibanding tanpa verifikasi sama sekali

Ilustrasi WhatsApp © Diadona

Dengan mengaktifkan sistemm verifikasi dua langkah artinya kamu menambah lapisan keamanan ekstra saat hendak memasuki sebuah aplikasi. Verifikasi ini bisa berupa pin yang dikirimkan melalui nomor HP maupun e-mail yang terdaftar.

Secara tidak langsung, penerapan verifikasi dua langkah memberikan keamanan tingkat lanjut atau double proteksi jika dibanding tanpa verifikasi sama sekali. Meski sedikit ribet, keamanan yang diberikan sangat berguna untuk menghindari peretasan atau pencurian data.

2 dari 6 halaman

Menegaskan bahwa keamanan data pengguna perlu diperhatikan sebaik mungkin

Keberadaan verifikasi dua langkah dasarnya tidak terjadi begitu saja. Hal tersebut merupakan sebuah bentuk penegasan bahwasanya keamanan data pengguna perlu diperhatikan sebaik mungkin.

Data yang kita kirim ke dalam sebuah aplikasi sifatnya sangat privasi. Mulai dari alamat rumah, kode pos, e-mail cadangan, dan lain sebagainya. Jika hal itu disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sifatnya bisa sangat fatal dan merugikan diri sendiri. Oleh karena itu, sistem verifikasi dua langkah benar-benar diperlukan demi melindungi akun dan data kita.

3 dari 6 halaman

Membiasakan diri untuk menggunakan double proteksi pada apa pun itu

Ilustrasi Gmail © Diadona

Bentuk proteksi dalam sebuah aplikasi yang kamu gunakan mungkin sudah sangat baik dan juga aman. Namun, bukan berarti tidak membutuhkan verifikasi dua langkah. Keberadaan verifikasi dua langkah akan semakin membuat keamanan dalam aplikasi favorit kamu jadi lebih kuat.

Pada akhirnya, hal ini memberikan pembelajaran bahwa kita harus membiasakan diri dalam menggunakan double proteksi pada segala macam aplikasi. Tidak ada salahnya menghabiskan waktu beberapa menit untuk menciptakan perlindungan yang maksimal demi menjaga keamanan dalam berselancar di era digital.

4 dari 6 halaman

Mengurangi rasa khawatir akan pencurian data atau akun yang marak terjadi

Maraknya pencurian data atau akun menjadi awal mula dari hadirnya verifikasi dua langkah dalam sebuah aplikasi. Data tersebut yang dicuri tersebut bisa jadi akan disalahgunakan untuk kepentingan si pencuri, yang mana tentu itu akan merugikan kita dari berbagai sisi.

Keutamaan dari verifikasi dua langkah adalah mengurangi rasa khawatir akan pencurian data, yang mana perlu dua kali verifikasi untuk memasuki aplikasi yang kamu gunakan. Dengan begitu, aplikasi tidak mudah dicuri dan data kamu akan tetap aman tanpa khawatir disalahgunakan.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Experience penggunaan dalam sebuah platform digital

Ilustrasi Instagram © Diadona

Era digital memang membawa perubahan yang besar pada pola kehidupan setiap orang. Namun, ada beberapa data yang sifatnya pribadi dan rentan untuk disalahgunakan jika sewaktu-waktu akun tersebut dicuri.

Keberadaan verifikasi dua langkah tentu meningkatkan experience penggunaan dalam sebuah platform digital, pengalaman dalam menggunakan sebuah aplikasi meningkat secara drastis dan mengubah persepsi setiap orang tentang pentingnya mengamankan segala bentuk data pribadi.

 

 

6 dari 6 halaman

Kesimpulannya, verifikasi dua langkah punya peranan yang besar dalam memberikan proteksi tingkat lanjut dalam menjaga keamanan pengguna. Jika aplikasi tersebut menghadirkan sistem verifikasi dua langkah, jangan ragu untuk menggunakannya. Pencurian data kian marak terjadi, jangan sampai memberi celah bagi pencuri untuk mencuri data pribadimu!

Beri Komentar