18 Minuman Khas Bali yang Segar dan Siap Melepas Dahagamu

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 20 Februari 2020 11:51
18 Minuman Khas Bali yang Segar dan Siap Melepas Dahagamu
Tak hanya makanannya yang menggugah selera, minuamn khas Bali pun siap melepas dahagamu.

Minuman khas Bali bisa dijadikan sebagai menu kuliner alternatif saat berkunjung ke pulau Dewata. Sambil menikmatikeindahan destinasi wisata alam yang luar biasa menakjubkan, kamu bisa mencoba beberapa sajian makanan sekaligus minuman khas Bali yang menyegarkan. Penasaran? Simak terus ya informasinya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Khas Bali

Sebagai tempat wisata yang terkenal, Bali memiliki sesuatu yang unik dan khas yang tentunya tak dimiliki ooleh tempat wisata lainnya. Mulai dari keramahan para penduduknya, makanan khas hingga minuman khas Bali yang banyak dicari orang saat berkunjung. Lal apa saja makanan dan minuman khas Bali yang bisa kamu nikmati saat kamu berkunjung kesana? Simak rekomnedasinya berikut ini.

Sate lilit

      View this post on Instagram      

A post shared by KULINER JOGJA | INDONESIA FOOD (@gembulfoodie) on

 

Sselain bisa menikmati minuman khas Bali, kamu juga bisa lho menikmati makanan khas Bali halal satu ini. Sate ini dibuat dengan cara melilitkan dagng cincang pada batang tusuk sate. Apalagi di bumbui dengan rempah khas Bali, semakin membeikan cita rasa yang tiada duanya.

Nasi Campur Ayam Bali

      View this post on Instagram      

A post shared by The Food Diary (@nina_epicure) on

 

Makanan khas Bali ini wajib dicoba banget nih, namanya Nasi campur khas Bali. Pasalnya makanan ini menawarkan rasa yang khas dengan suwiran ayam dan lawar ayam sebagai lauknya. Paduan tersebut semakin terasa maknyus begitu mendarat di lidah. Mantap banget bukan? Nasi Campur ayam Bali paling enak disantap bersama minuman khas Bali yang segar dan menguras dahaga.

Lawar

      View this post on Instagram      

A post shared by Made Wedastra (@madewedastra) on

 

Pilihan menu makanan khas Bali halal selanjutnya adalah lawar. Lawar merupakan lauk pauk favorit di Bali. Lawar ini dibuat dengan sayur-mayur seperti nangla, kacang panjang, dan parutan kelapa. Lawar sendiri memliki bamyak jmacamnya, jika kamu ingin mencari makanan khas Bali halal, pilihlah lawar entog atau lawar ayam ya.

Nasi Tepeng

      View this post on Instagram      

A post shared by LOCAL BALI FOOD & DRINK???? (@localbalifood_) on

 

Saat memasan minuman khas Bali tak lengkap rasanya kalau tak sambil menyantap makanan khas Bali satu ini. Nasi tepeng merupakan nasi yang didalamnya berisi banyak sayuran seperi nangka, kacang muda, daun kelor, tempe, kacang merah. Makanan khas Bali halal satu ini bisa dimakan dengan lauk seperti suwiran ayam goreng atau telur. Makin mantap kalau disajikan dengan alas daun pisang.

Sate Plecing

      View this post on Instagram      

A post shared by kuliner surabaya (@sbykulinerinfo) on

 

Makanan khas Bali satu ini memang unk. Karena jenisa sate satu ini disajikan dengan bumbu plecing. Dibuat dari cabai rawit, tomat, terasi,garam, dan tak lupa perasan jeruk limau. Nah, jika kame mencari makanan khas Bali halal kamu dapat memilih sate plecimg dengan daging ayam atau ikan laut ya.

Kopi Khas Bali

      View this post on Instagram      

A post shared by Kedai Kopi Memori (@kedaikopimemori) on

 

Buat kamu pecinta kopi, menikmati kopi dari daerah asal menjadi sebuah kewajiban. Memang, kopi khas dari daerah tertentu pastinya memiliki citarasa yang berbeda. Walaupun nampaknya terlihat pada sajian kopi pada umumnya, namun kopi khas daerah tertentu ini memiliki sesuatu yang menonjol.

Salah satunya adalah kopi Bali. Hal yang membedakan kopi ini dengan yang lainnya adalah proses pembuatannya yang dilakukan masih tradisional, yaitu dengan menggunakan kayu bakar. Minuman khas Bali ini merupakan produksi kopi olahan yang memiliki aroma khas.

Teh Jahe

      View this post on Instagram      

A post shared by Resep Food, Dessert, Snack (@cchannel_food_id) on

 

Sama seperti namanya, teh jahe ini merupakan minuman teh yang dicampur dengan jahe. Begitu juga dengan rasanya, ada campuran antara rasa teh dan juga jahe yang sangat menyegarkan tentunya. minuman khas Bali satu ini dipercaya dapat menghangatkan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Aman dan menyehatkan banget untuk dikonsumsi.

2 dari 4 halaman

Resep Minuman Khas Bali

Selain terkenal sebagai surga wisata, Bali juga memiliki berbagai kuliner yang menggugah selera. Sebut saja Bebek Betutu, Bebek Bengil, Nasi Jinggo, Nasi Tekor hingga oleh-oleh berupa Pie Susu atau Kacang Bali yang melegenda.


Tetapi belum lengkap menyantap aneka makanan tersebut apabila tidak ditutup dengan minumankhas Bali yang segar dan semakin membuat kalian betah berlama-lama di Bali. Mulai dari Es Tambring, Es Daluman, Es Kuwut, hingga Es Bir.

Penasaran bagaimana rasa semua minuman tersebut? Gak perlu jauh-jauh ke Bali, cukup berada di area dapur kalian masing-masing untuk membuatnya. Yuk, simak cara membuat resep minuman khas Bali berikut ini!

Es Tambring

      View this post on Instagram      

A post shared by Ariyani Tedjo (@miel.fotograaf) on

 

Hampir di setiap rumah makan di Bali menyediakan minuman khas Bali yang satu ini. Es Tambring terbuat dari kelapa muda, asam jawa, dan putih telur. Rasa segar, gurih, asam, dan manis bercampur menjadi satu.

Bahan-bahan:

- 250 gram daging kelapa muda serut
- 250 ml air kelapa muda
- 25 gram asam jawa
- 1 butir telur ayam kampung (bisa diganti telur ayam biasa), ambil putihnya
- 100 gram gula pasir (disesuaikan selera)
- 250 ml air
Es batu secukupnya

Cara pembuatan:


- Pertama-tama buat sirup terlebih dahulu. Rebus gula pasir dan asam jawa sembari diaduk hingga mendidih. Masukkan putih telur dan aduk sampai menggumpal. Angkat dan dinginkan.
- Setelah dingin, saring sampai ampas telur terpisah.
- Siapkan gelas saji. Tuang air sirup, daging kelapa muda, air kelapa muda, dan es batu secukupnya.
- Es tambring siap disajikan.

Es Daluman

      View this post on Instagram      

A post shared by Koko Celamitan [FoodLovers] (@kokocelamitan) on

 

Minuman khas Bali yang segar selanjutnya adalah es daluman. Es daluman terbuat dari daun daluman alias cincau hijau. Sekilas es ini memang mirip dengan es cincau yang dijual abang-abang gerobak. Bedanya, santan yang digunakan terbuat dari kelapa yang dibakar terlebih dahulu. Daun daluman juga diyakini dapat melancarkan pencernaan lho!

Bahan-bahan:

- 150 gram daluman/cincau hijau, potong kecil-kecil
- 100 gram kolang-kaling, bersihkan dan rebus sebentar
- 100 gram sagu mutiara, bersihkan dan rebus sampai bening
- 750 ml santan dari kelapa bakar (dapat diganti dengan santan kara biasa)
- 250 ml gula aren, cairkan
Garam secukupnya
- 2 lembar daun pandan
- Es batu serut secukupnya

Cara pembuatan:

- Rebus santan, daun pandan, dan sedikit garam dengan api kecil sembari diaduk hingga mendidih. Angkat dan angin-anginkan agar lekas dingin.
- Siapkan gelas saji. Tuang cincau, sagu mutiara, kolang-kaling, dan air gula kemudian siram dengan air santan secukupnya.
- Tambahkan es batu serut dan es daluman siap disajikan.

Es Kuwut

      View this post on Instagram      

A post shared by MAK FRIDA (@fridajoincoffee) on

 

Sama seperti es tambring, es kuwut juga menggunakan kelapa muda sebagai bahan dasar pembuatannya. Bedanya, selain berisi kelapa muda, di dalam es kuwut juga terdapat buah melon, biji selasih, dan airnya terbuat dari air kelapa muda yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Wah, pasti seger banget nih minuman khas Bali satu ini!

Bahan-bahan:

- 400 gram daging kelapa muda serut
- 200 gram buah melon serut panjang atau kerok bulat
- 2 sdm biji selasih kering, bersihkan dan rendam dengan air hangat sebentar
- 200 ml air kelapa muda
- ½ sdm perasan air jeruk nipis
- Sirup rasa melon secukupnya
- Es batu secukupnya

Cara pembuatan:

- Siapkan gelas saji (gelas smoothie). Masukkan kelapa muda, melon, es batu, dan biji selasih.
- Siram dengan air kelapa muda, perasan jeruk nipis, dan sirup melon secukupnya.
- Es kuwut siap dsajikan.


ES Bir

      View this post on Instagram      

A post shared by Belanga.id | Media Kuliner (@belanga.id) on

 


Begitu membaca kata “es bir” pasti kalian langsung memicingkan mata. Jangan khawatir, minuman khas Bali ini 100% bebas alkohol dan halal untuk dikonsumsi karena terbuat dari kelapa muda dan air jeruk nipis. Wah, sama kayak es kuwut dong? Ya, es bir ini merupakan versi sederhana dari es kuwut.

Bahan-bahan:

- 1 buah kelapa muda, kerok dagingnya dan sisihkan airnya
- 1 buah jeruk nipis, peras airnya
- Air gula putih atau simple syrup secukupnya
- Es batu secukupnya

Cara pembuatan:

- Siapkan gelas saji (gelas smoothie). Masukkan air gula/simple syrup serta daging dan air kelapa muda secukupnya sesuai selera
- Tambahkan es batu dan perasan air jeruk nipis secukupnya. Jeruk nipisnya juga dapat dimasukkan ke dalam gelas
- Es bir siap disajikan.

3 dari 4 halaman

Minuman Segar Khas Bali

Karena cucanya yang cukup terik dan daerahnya terbilang banyak didominasi pantai, tak heran jikaBali mempunyai beberapa minuman khas Bali yang menyegarkan dan menghilangkan dahaga. Cocok banget buuat kamu yang ingin bersantai tanpa takut kehausan. Penasaran? Yuk, simak apa saja minuman segar khas Bali yang siap menemanimu.

Es Kuwut

      View this post on Instagram      

A post shared by Dapur Adis (@dapuradis) on

 

Bicara minuman khas, minuman khas Bali yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan para pecinta kuliner. Minuman ini mirip dengan es campur. Perpaduan antara beberapa jenis buah dengan kelapa, seperti belewah dan biji selasih. Minuman khas Bali ini sangat mudah ditemukan dan cocok buat suasana Bali yang panas.

Es Daluman

      View this post on Instagram      

A post shared by Wayan Widyantara (@widyantarawayan) on

 

Es daluman merupakan minuman khas Bali yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sini. Es daluman ini sebenarnya dikenal dengan nama es cincau. Ya, daluman adalah cincau hijau yang memiliki khasiat untuk memperlancar buang air besar.

Biasanya sajian es daluman ini disajikan dengan siraman gula merah, kuah santan, dan juga es batu. Kamu bisa menemukan kesegaran es daluman ini di setiap rumah makan yang menjual makanan khas Bali.

Es Tambring

      View this post on Instagram      

A post shared by resepmasakantradisional (@resepmasaktradisional) on

 

Minuman khas Bali yang satu ini benar-benar hanya bisa kamu jumpai di Bali saja. Es tambring merupakan es kelapa muda yang dicampur dengan gula jawa, putih telur ayam kampong, serta asam jawa. Kalau kamu melihat campuran yang disebutkan ini, pasti terdengar aneh.

Namun siapa sangka, minuman ini sangat istimewa dan segar banget. Selain segar, minuman khas Bali ini bisa bantu mengobati panas dalam dan penyakit seputar pencernaan.

Es Loloh Jamu ala Bali

      View this post on Instagram      

A post shared by KINUWA (@kinuwacanggu) on

 

Minuman khas Bali selanjutnya adalah es loloh. Dalam bahas Bali, Loloh artinya adalah jamu. Namun Loloh ini berbeda dari jamu pada umumnya. Minuman khas Bali yang satu ini memiliki rasa pedas, manis, asam, dan asin yang tercampur menjadi satu.

Tak banyak orang juga yang menyebut minuman ini dengan Loloh Cemcem karena mengandung daun Cemcem. Minuman ini dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah dan melancarkan pencernaan, serta baik juga untuk ibu menyusui.

4 dari 4 halaman

Nama Minuman Khas Bali

Keindahan Bali di mata wisatawan dalam maupun luar negeri tak perlu ditanyakan lagi. Tidak heran jika pulau cantik ini selalu ramai oleh turis. Namun, Bali tidak hanya memiliki itu saja. Ada minuman khas Bali yang enak dan menyegarkan yang pastinya bikin kamu ketagihan. Apa saja nama minuman khas Bali ini? simak informasinya di bawah ini.

Tuak

      View this post on Instagram      

A post shared by Amri Sianturi (@amrisianturi) on

 

Bagi kamu penikmat minuman beralkohol, pasti sudah enggak asing dengan yang namanya tuak. Ya, tuak ini merupakan salah satu minuman beralkohol atau yang berasal dari Indonesia. Nah, di Bali sendiri minuman tuak ini juga sangat terkenal khususnya di kalangan wisatawan mancanegara. Minuman khas Bali ini terbuat dari fermentasi beras, nira, atau buah yang mengandung gula lainnya.

Arak Bali

Tidak hanya tuak, ada minuman dengan nuansa sejenis yang khas Bali, yaitu Arak Bali. Minuman khas Bali ini bisa dibilang sekelas dengan wine.Arak Bali ini terbuat dari hasil penyulihan kelapa. Kandungan alkohol pada Arak Bali ini cukup tinggi, jadi bisa memberikan efek mabuk yang luar biasa.

Brem

      View this post on Instagram      

A post shared by Oleh-Oleh Khas Bali (Est.2010) (@oleholehkhasbali_com) on

 

Masih dari minuman sejenis, namanya adalah Brem. Bukan makanan, Brem merupakan minuman khas Bali yang warnanya mirip dengan kopi. Brem ini minuman yang mengandung alkohol, yang dihasilkan dari fermentasi ketan dengan ragi. Minuman khas Bali ini Ssangat mudah ditemukan.

Wah, jadi lebih bayak referensi kuliner yang bisa kamu pilih ya saat ke Bali. Mau mencoba yang mana dulu nih? Selamat menikmati ya!

Beri Komentar