12 Makanan Turki yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 6 Februari 2020 12:10
12 Makanan Turki yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan
Selain kaya akan budayanya, Turki juga menyimpan kekayaan kuliner yang menggugah selera.

Turki merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang terkenal akan keindahan alam serta kekayaan budayanya. Bicara soal budaya dan adat di Turki, mencicipi cita rasa makanan Turki merupakan salah satu cara untuk merasakan betapa kaya budaya dari negara yang beribukota di Istanbul.

Singgah ke Turki tentu takkan lengkap merasakan lezatnya hdiangan makanan khas-nya. Simak terus informasi mengenai makanan Turki di bawah ini ya.

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Turki

Turki adalah begara yang memliki perpaduan budaya barat dan timur. Berada di antara kedua kutub budaya, nggal cuma menjadikannya negara yang kaya akan tradisi tapi juga kaya akan kuliner lezat. Beragam makanan Turki akan memanjakanmu jika berkunjung ke negara yang dulunya beribukota Konstantinopel ini. Kali ini Diadona.di akan mengajakmu mengenal beberapa makanan khas Turki yang dijamin bisa bikin kamu ngiler seember. Penasaran? Cekdiot!

Menemen

      View this post on Instagram      

A post shared by Mikkel P.M. (@mikkel_pm) on

 

Makanan Turki satu ini adalah menu sarapan tradisional yang berisi telur orak arik yang ditumis dengan sayuran dan disajikan panas dengan roti. Nikmati dengan cara dicocol, dioles, atau disendok.

Manti

      View this post on Instagram      

A post shared by .. (@zynpclsknsn) on

 

Mant? mungkin akan mengingatkanmu pada ravioli dalam sekali lihat, tapi makanan Turki ini memiliki rasa dan tekstur yang unik. Pangsit daging sapi atau domba direbus atau digoreng dan disajikan dengan yogurt atau mentega. Sering juga dilengkapi dengan berbagai rempah-rempah.

Kuzu Tandzir

      View this post on Instagram      

A post shared by datlimaya (@datlimaya) on

 

Daging domba yang digunakan pada makanan Turki ini digantung dan dipanggang seluruhnya secara tradisional. Dengan daging domba yang masih muda dijamin kamu akan merasakan kenikmatan dagig domba yang empuk dan tak berminyak. Makanan Turki satu ini sering disajikan dengan nasi atau kentang dan yogurt.

Lahmacun

      View this post on Instagram      

A post shared by Rafa? (@tenobcy91) on

 

Makanan Turki yang berbahan dasar roti ini dibaut dengan isian daging giling, salad, dan sari lemon. Bisa juga diberikan beetroot untuk kamu yang vegan. Bisa digulung, dilipat setengah, atau dirobek untuk di makan.

Borek

      View this post on Instagram      

A post shared by Chef Süheyla Fidangül (@suheylanintarifleri) on

 

Makanan Turki bercita rasa asin ini tersedia dalam berbagai macam isi. Paling populer berisi daging giling atau bayam dan keju. Börek dapat digulung atau dilapis seperti lasagna. Disajikan untuk sarapan, makan siang, makan malam, atau camilan. Bagaimana pun kamu memakannya, börek selalu enak untuk disantap.

2 dari 4 halaman

Makanan Pokok Turki

Sebagai negara dengan perpaduan budaya timur dan barat yang begitu kental, tak heran jika Turki memiliki berbagai budaya dan tradisi yang beragam. Termasuk dengan kulinernya yang khas dan menggugah selera. Namun di Turki juga terdapat makanan pokok yang biasa disuguhkan. Lalu apa saja makanan pokok Turki yang bisa kamu cicipi saat kamu berkunjung ke sana? Simak infonya di bawah ini ya.

Koffe

      View this post on Instagram      

A post shared by its just me (@cumakhanim) on

 

Sebagai makanan Turki dan menjadi makanan pokok di sana, kodde bisa dengan mudah kamu temui di berbagai restoran. Sebenarnya koffe adalah daging cincang berbentuk bola dan bisa disajikan dengan cara direbus, sebagai isi roti lapis, di atas salad, atau polos dengan yogurt.

Baklava

      View this post on Instagram      

A post shared by Cook's Illustrated (@cooksillustrated) on

 

Roti manis yang satu ini memanglah tak bisa dilewatkan saat kamu tengah berada di Turki. Makanan Turki satu ini merupakan roti lapis berisi kacang yang dihidangkan bersama madu atau sirup. Baklava sangat mirip dengan bolen pisang yang ada di Indonesia. Roti yang satu ini juga mudah ditemukan di toko-toko kue yang ada di Turki.

Borek

      View this post on Instagram      

A post shared by En Lezzetli Tarifler Ve Ben... (@nurayaksit) on

 

Sekilas tampilan makanan Turki satu ini tampak sangat mirip dengan Baklava. Hanya saja bila Baklava berisi kacang serta mempunyai rasa yang manis, Borek ini berisi keju, daging cincang, serta sayuran berupa bayam atau kentang. Beragam bahan itu membuat borek mempunyai rasa yang gurih.

Meskipun penampilannya hampir sama, cara membuat Borek berbeda dari Baklava. Borek umumnya dipanggang langsung atau direbus terlebih dulu sebelum dipanggang. Selain itu, kamu dapat juga memilih Borek kering gurih atau Borek basah yang empuk serta lumer di dalam mulut. Sebelum dihidangkan, bagian atas Borek juga ditaburi dengan wijen hitam.

3 dari 4 halaman

Makanan Kebab Turki

Kebab merupakan salah satu makanan Turki yang paling disukai banyak orang di seluruh dunia. Kebab merupakan irisan daging kambing atau sapi yang dipanggang di suatu tiang panggangan yang berputar, lalu digulung di dalam roti pita yang gurih. Selain daging, kebab juga diisi tomat, bawang bombay, selada, jamur, serta saus sambal.

Bila tidak mau menyantap kebab yang dibungkus dengan roti pita, kamu dapat juga menyantap sate kebab, yaitu potongan daging, paprika, serta bawang yang ditusuk serta dipanggang sampai matang. Di Turki, kamu dapat menemukan makanan ini dengan mudah. Banyak pedagang kaki lima yang menjual kebabhampir di seluruh daerah yang ada di Turki.

Nah, cara membuatnya ternyata tak begitu sulit lho. Kamu hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan yang sederhana. Mau tahu bagaimana cara membuatnya? Simak dan ikuti langkah cara pembuatannya pada video di bawah ini ya.

4 dari 4 halaman

Resep Makanan Turki

Daripada harus jauh-jauh ke negara asalnya atau mengunjungi restoran Turki, hanya untuk mencicipi makanan Turki, mending kamu membuatnya sendiri di rumah. Lumayan kan, jadi bisa berhemat. Yuk intip bagaimana cara membuat makanan Turki dalam beberapa resep makanan Turki berikut ini.

Makanan Turki Süzme Mercimek

      View this post on Instagram      

A post shared by Nermin Yaz?l?ta? (@nerminyazilitas) on

 

Bahan-bahan:

1 gelas lentil merah
1 buah kentang uk kecil (potong)
1 liter air
Garam, kunyit bubuk secukupnya

Bahan saus:
2 sdm butter
1/2 sdt mint kering
1/2 sdt cabai merah giling

Cara Membuat:

Cuci bersih lentil, rebus bersama kentang sampai empuk.
Setelah empuk, masukkan garam dan kunyit dan blender hingga halus.
Tambahkan air jika tekstur terlalu kental, bring to boil lalu sisihkan.
Bikin saus : lelehkan butter, masukkan mint dan cabai dan tuang ke dalam sup.
Sajikan.

Makanan Turki Pestimet

Ilustrasi Makanan Turki Pestimet © Diadona

Bahan-bahan:

1,5 gelas plain yogurt
10 gr baking powder
1/2 sdt baking soda
1 butir telur
Tepung gandum secukupnya sampai adonan kalis

Cara Membuat:

Campur semua adonan dan adon hingga kalis. Tambah tepung sedikit demi sedikit supaya ga kebanyakan dan buat adonan jd keras. Adon hingga kelembutan selembut daun telinga.
Tutup wadah dengan plastik wrap atau bungkus wadah dgn plastik biasa lalu tutupi dengan kain serbet tebal dan tunggu adonan hingga 1 jam.
Giling adonan dan potong sesuai seleramu.
Goreng dengan minyak panas hingga adonan matang sempurna.
Sajikan

Makanan Turki Daba

      View this post on Instagram      

A post shared by Shakira_Kitchen (@shakira_kitchen) on

 

Bahan-bahan:

1 buah sampil/paha kambing
2 buah bawang bombay
1.5 sdm garam
1 blok maggie sapi
1 sdm lada putih
secukupnya Mentega
secukupnya Air
Pelengkap:
Kecap Lombok /Sambal Kecap

Cara Membuat:

Kupas bawang bombay,bagi menjadi 4 bagian,iris tipis & sisihkan.
Tusuk sampil atau paha kambing dengan garpu secara merata.
Lumuri paha atau sampil dengan sedikit garam & lada,sisihkan.
Masukan maggie sapi,irisan bawang bombay,sisa lada & garam ke dalam panci presto,tambahkan air hingga paha/sampil kambing terendam,tutup panci presto & nyalakan api.
Rebus selama 45 menit (di hitung setelah panci presto berbunyi)matikan api.
Setelah hangat buka panci presto.Bungkus paha atau sampil kambing dengan alumunium foil,olesi dengan mentega di atasnya & bungkus atau tutup rapat.
Oven selama 10 menit dgn suhu 160 derajat (sesuaikan dgn oven masing2)matikan oven & sajikan dgn pelengkap.

Jadi akan mencicipi makanan Turki yang mana dulu? Selamat mencobanya di rumah ya.

Beri Komentar