20 Makanan Khas Indonesia Paling Populer dan Siap Memanjakan Lidahmu

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 24 Januari 2020 14:48
20 Makanan Khas Indonesia Paling Populer dan Siap Memanjakan Lidahmu
Makanan khas Indoensia adalah warisan kuliner dari generasi terdahulu.

Dengan begitu banyaknya rempah yang tersebar di berbagi daerah di Indoensia, tak heran jika setiap daerah di Indoensia palng tidak mempunyai satu makanan khas. Bahkan do berbagai daerah tertentu, makanan khas yang ada, sudah jadi budaya atau landmark yang begitu melekat.

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Bali

Bukan hanya wisata alam apik yang disajikan Pulau Bali, namun wisata kulinernya juga sangat beragam. Dan di bawah ini adalah beberapa makanan khas Bali dengan rasa mantap yang harus kamu coba. Kumpulan makanan khas dari suku Bali yang masih bertahan hingga sekarang dan tentunya harus selalu dijaga kelestariannya. Jadi bagi yang mau mengunjungi Bali baik untuk berlibur maupun urusan pekerjaan, sangat direkomendasikan untuk mencoba makanan khasnya.

Makanan Khas Bali Ayam Betutu

 Ilustrasi ayam betutuIlustrasi ayam betutu © unileverfoodsolutionsco..id

Diantara makana khas Bali yang tersedia, mungkin Ayam Betutu ini adalah salah satu makanan yang paling terkenal. Bahkan Ayam Betutu ini sudah menjadi landmark daerah Bali yang nggak dimiliki daerah lain.

Ayam betutu merupakan Ayam yang dimasak dengan cara memasukkan bumbu-bumbu seperti daun sereh, daun jeruk, kunyit, kemiri, salam, bawang merah, melalaui rongga ayam. Proses memasak Ayam Betutu ini bisa dengan dipanggang ataupun direbus. Jika kamu sedang berkunjung ke Bali, sempatkan waktu untuk mencicipinya ya.

Makanan Khas Bali Bebek Betutu

 Ilustrasi ayam betutuIlustrasi ayam betutu © resepkoki.id

Makanan khas Bali lain yang juga digemari banyak orang adalah Bebek Betutu, karena proses masaknya yang memakan waktu hingga 24 jam ada baiknyha kamu memesan minimal sehari sbelumnya. Jika berkunjung ke Bali, sobat bisa menyantap Bebek Betutu Khas Bali ini di Kafe Batan Waru, yang terletak di Jl. Dewi Sita, Ubud.

Makanan Khas Bali Sate lilit

 Ilustrasi sate lilitIlustrasi sate lilit © https://id.tastemade.com/

Sate lilit menjadi salah satu pilihan makanan khas Bali yang bisa kamu coba Sate ini dibuat dengan cara melilitkan dagng cincang pada batang tusuk sate. Setelah sajian sate matang, kemudian dilumuri bumbu dengan rempah khas Bali, semakin memberikan cita rasa yang tiada duanya.

Makanan Khas Bali Nasi Campur Ayam Bali

 Ilustrasi nasi campur ayamIlustrasi nasi campur ayam © qraved.com

Makanan khas Bali satu ini wajib dicoba banget nih, namanya Nasi campur khas Bali. Pasalnya makanan ini menawarkan rasa yang khas dengan suwiran ayam dan lawar ayam sebagai lauknya. Paduan tersebut semakin terasa maknyus begitu mendarat di lidah.

Makanan Khas Bali Lawar

 Ilustrasi lawarIlustrasi lawar © https://travelingyuk.com/

Pilihan menu makanan khas Bali selanjutnya adalah lawar. Lawar merupakan lauk pauk favorit di Bali. Lawar ini dibuat dengan sayur-mayur seperti nangla, kacang panjang, dan parutan kelapa. Lawar sendiri memliki bamyak jmacamnya, jika kamu ingin mencari makanan khas Bali halal, pilihlah lawar entog atau lawar ayam ya.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Sunda

Suku sunda menrupakan daerh di Indonesia yang sering menyajikan kuliner dengan cita rasa yang gurih dan pedas. Pembuatannya pun terbilang masih khas, karena biasanya dimasak dengan menggunakan tungku dapur khas. Rasanya semakin lezat dengan tambahan bukbu khasnya yang siap bikin kamu ketagihan. Nah, berikut kami sajikan rekomendasi makanan khas Sunda yang bisa kamu coba.

Makanan Khas Sunda Nasi Timbel

 Ilustrasi nasi timbelIlustrasi nasi timbel © travelingyuk.com

Makanan khas Sunda ini memang hampir mirip dengan Nasi Liwet. Hanya saja, Nasi Timbel seringnya disajikan dengan bungkusan daun pisang dengan tambahan sayur asem, ikan asin dan sambel terasi yang memanjakan lidah. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler ya.

Makanan Khas Sunda Karedok

 Ilustrasi karedokIlustrasi karedok © resepkoki.id

Jika kamu pertama kali melihat makanan khas Sunda ini kamu pasti akan menyamakannya dengan Gado-Gado atau Lotek. Yang membedakan dengan kedua makanan diatas adalah siraman bumbu kacang yang melimpah. Karedok biasnya disajikan dengan sayur mayur mentah dan dilengkapi dengan tambahan kerupuk bawang.

Makanan Khas Sunda Nasi Liwet

 Ilustrasi nasi liwetIlustrasi nasi liwet © travelingyuk.com

Nasi Liwet merupakan makanan khas Sunda yang paling sering disajikan di budaya sunda. Baik untuk acara adat atau hanya untuk sajian saat berkumpul bersama orang tercinta. Nasi Liwet biasa disajikan dengan lauk tambahan berupa ikan teri, daun serai, dan juga ayam goreng.

Makanan Khas Sunda Sate Maranggi

 Ilustrasi sate marangiIlustrasi sate marangi © travelingyuk.com

Sate Maranggi adalah salah satu makanan khas Sunda yang sudah sangat populer. Awalnya sate ini adalah makanan pendatang China yang menetap di Indonesia. Pada mulanya daging yang digunakan pun daging babi, namun masyarakat sekitar akhiurya memodifikasi makanan ini dengan daging sapi atau ayam. Rasanya lezat, gurih dan khas sangat pas jika disajikan dengan nasi putih dan sambel kecap dengan irisan tomat dan bawang merah.

Makanan Khas Sunda Empal Gentong

 Ilustrasi empal gentongIlustrasi empal gentong © travelingyuk.com

Daftar makanan khas Sunda kali ini berasl dari daerah Cirebon, namanya Empal Gentong. Asal nama makanan ini adalah adanya gentong yang digunakan untuk menampung kuah dari empal. Penggunaan gentong inilah yang menjadi awal penamaan menu empal gentong.Jika dilihat sekilas, empal gentong mirip dengan gulai namun memiliki kuah lebih bening dan rasa yang tidak terlalu pedas.

Selain itu, untuk bahan utama, makanan khas Jawa Barat ini dibuat dengan daging sapi, babat serta usus. Semua bahan tersebut dimasak sedemikian rupa dan disajikan dengan lontong serta tambahan sambal.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Indonesia

Indonesia memang sangat terkenal dengan banyaknya makanan khas ayng sudah mendunia. Tak hanya terkenal dalam negeri, makanan khas Indonesia juga sudah terkenal di mancanegara. Nah, untuk kamu yang suka banget traveling mengelili Indonesia, kamu wajib mencoba makanan khas Indonesia langsung dari daerah yang kamu kunjungi. Apa saja makanan tradsional Indonesia yang wajib kamu coba? berikut infonya.

Makanan khas Indonesia Mie Aceh

 Ilustrasi Mie Aceh Titi BobrokIlustrasi Mie Aceh Titi Bobrok © instagram/@foodys.story

Makanan khas Indonesia yang pertama berasal dari provinsi ujung barat Indonesia, yaitu Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Mie Aceh adalah makanan yang berbahan dasar mie yang disiram sup kari yang gurih dan pedas. Biasanya, makanan tradisonal satu ini juga ditambahkan irisan daging ayam, sapi, ataupun sapi. Sudah kebayang kan sensasi lesatnya?

Makanan khas Indonesia Bika Ambon

 Ilustrasi bika ambonIlustrasi bika ambon © resepkoki.id

Jika kamu mengira makanan khas Indonesia ini berasal dari Ambon, kamu salah. Makanan khas Indonesia ini sebenarnya berasal dari Medan, Sumatra Utara.

Kue ini disebut bika ambon karena pertama kali dijual di simpang Jalan Ambon, daerah Sei Kera, Medan dan menjadi sangat populer. Kue bika ini terbuat dari berbagai bahan seperti tepung terigu, telur, santan, gula, pandan wangi dan bahan-bahan lainnya. Bika ambon tersebut menjadi makanan khas Medan yang paling favorit.

Citarasa bika ambon ini sangat enak karena memiliki serat sempurna di bagian dalam dan rasanya lembut. Saat ini bika ambon telah di jual di berbagai kota besar di Indonesia, sehingga untuk bisa menikmati bika ambon tidak harus pergi ke Kota Medan.

Makanan khas Indonesia Gado-Gado

 Ilustrasi gado-gadoIlustrasi gado-gado © resepkoki.id

Gado-Gado merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Suku Betawi. Sekilas kamu akan menyebut makanan ini mirip dengan makanan tradisonal lainnya seperti pecel atau lotek. Selain mempunyai cita rasa yang enak dan gurih, gado-gado juga mempunyai banyak kandungan gizi karena terbuat dari berbagai macam sayuran. Cocok untuk kamu yang sdang diet dan menghindari makanan berlemak.

Makanan khas Indonesia Gulai Ikan Patin

 Ilustrasi gulai ikanIlustrasi gulai ikan © resepkoki.id

Gulai Ikan Patin merupakan makanan khas yang cukup poppuler dikalangan pecinta makanan. Rasanya yang segar dan pedas sekaligus memanjakan lidah kamu, cocok jika disantap untuk menu makan siang. Mengkonsumsi makanan khas satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, karaena mengandung kandungan gizi seperti lemak DHA, EPA, omega 3, dan masih banyak lagi. Kalau kamu sedang berkunjung ke daerah Jambi jangan lewatkan kesempatan untuk menyantapnya ya.

Makanan khas Indonesia Kue Serabi

 Ilustrasi kue serabiIlustrasi kue serabi © resepkoki.id

Satu lagi makanan tradiional Indonesia yang masih bertahan sampai sekarang, yaitu Kue Serabi. Kue berbentuk bundar pipih ini dimasak dengan dengan Anglo atau juga tungku khas. Sekarang kue serabi mulai mempunyai beragam varian rasa dari rasa coklatr, keju, strawbery, dan durian. Ccocok banget disajikan dengan teh hanagat sembari menikmati sejukya Kota Bandung.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Jawa Tengah

Jawa Tengah juga merupakan surganya para pecinta kuliner. Dengan cita rasanya yang gurih dan sedikit manis pasti akan bikin kamu ketagihan ketika menyantapnya. Berikut rekomendasi makanan khas Jawa Tengah

Makanan Khas Jawa Tengah Lumpia

 Ilustrasi Kulit Lumpia GorengIlustrasi Kulit Lumpia Goreng © https://www.dream.co.id/

Makanan khas Jawa Tengah satu ini biasanya dijadikan camilan. Lumpia juga banyak dijadikan sebagai makanan oleh-oleh dari Semarang. Satu porsinya berkisar antara 5 ribu rupiah sampai 10 ribu rupiah. Rasanya yang gurih dan nikmat memang cocok sebagai camilan peneman saat menikmati hari bersama orang tercinta.

Makanan Khas Jawa Tengah Nasi Liwet

 Ilustrasi Nasi Liwet SoloIlustrasi Nasi Liwet Solo © 2019 https://www.diadona.id / pikdo.com

Menu nasi yag tak boleh dilewatkan dari daftar makanan khas jawa Tengah adalah nasi liwet. Nasi Liwet berasal dari Solo. Keunikan yang menonjol dari makanan ini adalah makanan ini disajikan dengan tambahan santan dan daun pandan untuk membuat cita rasanya menjadi lebih gurih.

Makanan Khas Jawa Tengah Enting-Enting Gepuk

 Ilustrasi Enting-Enting GepukIlustrasi Enting-Enting Gepuk © www.tokopedia.com

Makanan khas Jawa Tengah satu ini berasal darai daerah Salatiga. Bahan dasar pembuatannya adalah kacang tanah yang dilumuri gula jawa terlebih dahulu agar menyatu. Kacang tanah kemudian digepuk atau ditumbuk hingga menjadi padat. Rasanya yang gurih dan nikmat, akan cocok jika disajikan saat bersanti di sore hari

Makanan Khas Jawa Tengah Nasi Gandul

 Ilustrasi nasi gandulIlustrasi nasi gandul © https://travelingyuk.com/

Nah kalo makanan khas Jawa Tengah satu ini berasal dari kota Pati. Gandul adalah bahasa jawa dari buah pepaya. Dalam penyajiannya nasi gadndul disajikan di ata daun pisang, biasanya akan ditambahkan lauk daging sapiyang disiram dengan kuah segar. Kenikmatan cita rasanya akan bikin kamu ketagihan deh.

Makanan Khas Jawa Tengah Soto Kudus

 Ilusrasi soto kudus Ilusrasi soto kudus © https://travelingyuk.com/

Makanan khas Jawa Tengah ini cocok buat kamu yang sukia dengan makanan berkuah seperti soto. Makanan berkuah lezat ini berasal dari daerah Kudus. cara penyajian soto ini pun cukup unik, karena disajikan diatas mangkuk kecil. Kamu bisa memilih toping daging sapi atau kerbau sebagai pilihan daging dalam soto. Soto kudus ini cocok sebagai menu makan siang atau malammu.

Yuk, terus lestarikan makanan khas Indonesia, karena makanan khas Indonesia adalah warisan budaya Indonesia yang sudah lama ada.

Beri Komentar