20 Wisata Kuliner Malam Enak Khas Bandung

Reporter : Anif Fathul Amin
Sabtu, 4 Januari 2020 12:11
20 Wisata Kuliner Malam Enak Khas Bandung
Mengunjungi kota kembang Bandung tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kulinernya sembari menikmati suasana kota Bandung yang sejuk.

Dari semua kota di Jawa Barat yang diketahui, Bandung menjadi salah satu kota dengan destinasi wisata yang paling diburu para wistawan. Sebagai kota dengan suasana sunda yang kental, Bandung punya banyak destinasi wisata yang melimpah. Dari mulai wisata alam sampai wisata kuliner. Nah khusus wisata kuliner, berikut kami rekomendasikan berbagai wisata kuliner yang patut kamu kunjungi.

1 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Bandung

Bandung merupakan kota dengan kunjungan wisatawan terbanyak di Jawa Barat. Itu karena bandung memiliki wisata kuiner khas sunda yang banyak. Berikut kami daftar, destinasi wisata kuliner bandung yang bisa kamu coba.

1.Cie Rasa Loem Buah Batu

Ilustrasi  cie rasa loom © Diadona

Menu andalan di tempat makan ini adalah mie aceh yang sudah populer dikalangan pengunjung. selain itu tersedia juga menu lain seperti roti canai susu, mie rebus spesial, dan martabak kari kambing. Resto ini berlokasi di Jalan Terusan Buah Batu No.154, Bandung. Kamu bisa kapan saja mengunjungi resto ini karena buka 24 jam.

2.Kampung Daun

Ilustrasi ka,ung daun © Diadona

Tempat wisata kuliner bandung selanjutnya yaitu Kampung Daun. Kampung daun memiliki suasana khas pedesaan yang khas, sehingga cocok bila dikunjungi bersamaa keluarga. Makanan yang bisa kamu cicip disini yaitu surabi, batagor, gurame bakar, nasi liwet, bebek bakar, dan masih banyak lagi.

3.Iga Bakar Si Jangkung

Ilustrasi iga bakar © Diadona

Bagi kamu penikmat masakan iga bakar, kamu bisa berkunjung ke wisata kuliner Bandung satu ini. Keunikan resto ini adalah tak menyajikan tulang dalam sajian iga bakarnya. Bisa dipesan dengan tiga pilihan taburan diatas nsi hangatnya, Yaitu bawang merah, cabe rawit, atau tomat. Resto ini beralamat dijalan Cipaganti, Bandung.

4.Yoghurt Cisangkuy

Ilustrasi yogurt cisangkuy © Diadona

Salah satu wisata kuliner Bandung yang menyajkan olahan susu sebagai menu andalan adalah Yoghurt Cisangkuy ini. Yoghurt ini menawarkan berbagai pilihan rasa yang bisa kamu nikmati, serta tak memiliki rasa asam. Jika kamu ingin berkunjung kesana, silahkan datangi Jalan Cisangkuy No.8, Bandung.

5. Roemah Nenek Resto Cafe

Ilustrasi warung roemah nenk © Diadona

Rumah nenek resto cafe menawarkan menu spesial berupa chicken taragon nasi lidah jamur, pizza bakar pasta. Sangat pas dinikmati dengan desain resto yang klasik dan udara Bandung yang dingin.

2 dari 4 halaman

Kuliner Malam Bandung

kota kembang, Bandung memang menyimpan banyak wisata. Selain wisata alam yang biasa kamu kunjungi, Banudng menyimpan berbagai destinasi wisata kuliner malam. Sebagai ibukota Provinsi Jawa Barat, Bandung menjadi salah satu kota dengan destinasi wisata kuliner malam yang nggak boleh dilewatkan untuk diicip. wisata Kuliner malam Banudng selalau ramai dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur disana.

Kuiner berikut ini bisa jadi pilihan makan malam yang menggoyang lidah. Berikut wisata kuliner malam Bandung yang dapat memanjakan lidah kamu.

1.Perkedel Bondon

Ilustrasi perkedel bondon © Diadona

Bagi kamu yang sedang menghindari makanan berat, ada baiknya kamu mencoba kudapan khas Bandung ini. Namanya, Perkedel Bondon. Bondon dalam bahasa sunda berarti wanita malam. Perkedel ini hanya hadir pada malam hari dan diibaratkan seperi kupu-kupu malam yang hanya muncul pada malam hari. Salah satu wisata kuliner malam Bandung ini berlokasi di Jalan Kebun Jati No.42, Kebun Jeruk, Bandung.

Perkedel ini memang mempunyai resep yang sudah turun-temurun. Keunikan lain dari perkedel ini adalah adonan perkedel yang masih dimasak dengan menggunakan tungku tradisional sehingga cita rasnya pun jadi khas. Satu buah perkedel ini dihargai seribu rupiah. Cocok disajikan hangat-hangat dengan cocolan sambel terasi yang menggugah selera.

2.Sate Hadori

Ilustrasi sate hadori © Diadona

Wisata kuliner malam Bandung selanjutnya adalah Sate Hadori. Kamu bisa menjumpai sate ini di Jalan Soekarno-Hatta No.590 Sekajati, Bandung. Tak jauh dari Perkedel Bondon. Kuliner malam Bandung ini dimasak dengan bahan utama daging paha belakang kambing muda, dan bisa disajikan dengan pilihan bumbu kecap atau bumbu kacang yang gurih dan lezat. Selain menu tadi ada pula menu lain seperti sate sapi dan sate sinereut.

Resto ini sudah melegenda dari jaman dulu. Sate ini telah dirintis sejak tahun 1940. Seporsi Sate Hadori bisa kamu nikmati dengan harga Rp.50,000 ruipiah. Sate Hadori ini akan lebih nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman yang sedang berlibur di kota Bandung.

3.Nasi Kalong

Ilustrasi nasi kalong © Diadona

Sesuai namanya, wisata kuliner malam Bandung ini hanya buka pada malam hari. Kuliner ini buka dari jam 19.00 hingga jam 03.00 dini hari. Nasi Kalong merupakan nasi berwarna hitam yang terbuat dari nasi merah biasa yang kemudai dicampur dengan kluwek. Nasi Kalong ini berlokasi di Jalan RE Martadinata No.102 Bandung.

Nasi Kalong bisa juga ditambahkan bumbu rempah khas pasundan yang bisa memperkaya cita rasa. Rasanya yang gurih bahkan tetap nikmat dinikmati walaupun disajikan tanpa lauk. Nasi kacang cocok dinikmati dengan lauk seperti Ayam Bakar Madu hingga aneka sambal menggoyang lidah.

4. Soto Bandung Pak Simon

Ilustrasi soto bandung © Diadona

Satu lagi wisata kuliner malam Bandung yang harus kamu coba. Berbeda dari soto kebanyakan yang kuahnya berwarna kekuningan karena menggunakan kunir, Soto Bandung Pak Simon justru memiliki kuah yang cenderung bening. Hal ini karena Soto Bandung Pak Simon menyajikan soto dengan kuah lobak. Satu porsinya berisi nasi putih, potongan daging, babat, lobak, kacang tanah, seledri, dan daun bawang.

Ukuran porsinya juga cukup besar sehingga akan membuatmu kenyang dan puas. Agar rasanya lebih mantap, kamu bisa menambahkan kecap, sambal, dan perasan jeruk nipis yang tersedia di atas meja. Asyiknya lagi, kamu tak perlu mengeluarkan bujet terlalu banyak karena satu porsi Soto Bandung Pak Simon dihargai sekitar Rp30.000. Jadi, jika datang berdua, siapkan uang kurang lebih Rp80.000.

Nah, tempat makan yang bisa kamu hubungi melalui nomor 08132277177 ini bisa kamu temukan di Jalan Cibadak No 149, Jamika, Bojongloa Kaler. Setiap harinya, Soto Bandung Pak Simon buka pukul 18:00 hingga tengah malam atau hingga soto habis. Karena itu, sebaiknya kamu datang lebih awal agar tidak kehabisan, ya!

5. Ronde Alkateri

Ilustrasi wedang ronde lek dhie © Diadona

Wisata kuliner malam Bandung nggak akan afdol kalau nggak mencicipi minuman hangat seperti Wedang Ronde. Di Bandung ada wedang ronde yang cukup legendaris, namanya Wedang Ronde Alkateri. Wisata kuliner malam Bandung ini bisa kamu jumpai di Jalan Alkateri. Lokasinya berada didekat alun-alun Bandung. Cocok bagi kamu yang ingin menikmati dinginnya malam kota Bandung.

Ronde Alkateri terdiri dari perpaduan hangat jahe dan manisnya gula jawa, ditambah dengan bulatan ronde hangat yang kenyal, dan juga isian kacang tanah yang gurihn dan renyah di mulut. Kuliner ini juga sangat pas dinikmati dengan sajian tahu atau tempe goreng.

3 dari 4 halaman

Tempat Kuliner di Bandung

Sebagai pusat industri kreatif Indonesia, Bandung juga terkena dengan industri kreatif bidang kuliner. Berbagai tempat kuliner di Bandung bisa kamu temukan di semua sudut kota. Berikut beberapa informasi mengenai tempat kuliner di Bandung yang wajib kamu datangi.

1. Raja Rasa

Ilustrasi raja rasa © Diadona

Sesuai namanya, Raja Rasa adalah resto dengan ajlinya rasa. Resto ini berlamat di Jalan Setra Ria, Bandung. Selain menu seafood, menu andlaan rsto ini adalaah kangkung hotplate, udang saos keraton, gurame bakar, dan masih banyak lagi. Resto ini mulai buka dari jam 10 pagi sampai 10 malam.

2. Paskal Food Market

Ilusrasi paskal food market © Diadona

Salah satu tempat kuliner di Bandung yang selalu ramai dikunjungi adalah Paskal Food Market. Di resto ini kamu dapat memesan aneka kuliner khas Bandung sammpai menu Jepang dan Korea. Cukup dengan memebawa uang 10.000 rupiah, kamu bisa menimati makanan yang tersedia.

3. Rumah Sosis

Ilustrasi rumah sosis © Diadona

Tempat kuliner di Bandung ini tidak usah diragukan lagi soal rasa makanannya. Terdapat juga menu lain seperti nasi goreng, chicken katsu dan lainnya. Selain itu terdapat juga berbagai wahana, seperti mini golf, kolam renang, dan lainnya.

4.Pino Pizza

Ilustrasi pino pizza © Diadona

Jika kamu penyuka masakan italia, kamu bisa mencicipi Pino Pizza di Bandung ini. Kamu bisa memesan pizza, salad, dan pasta yang tersedia disini. Menu favorit disini adslah Pizza manis. Yaitu pizza yang bertoping buah seperti apel dan pisang. Tertarik mencobanya?

5. Atmospher Resort Cafe

Ilustrasi atmosphere cafe © Diadona

Tempat kuliner di Bandung satu ini menjadi salah satu favorit wisatawan karena berada didaerah yang strategis. Menu khas yang disajikan adalah menu eropa yang bisa menggoyang lidah kamu. Disini kamu bisa menikmati hidangan dengan bersantai di gazebo khas bali sambil menikmati suasan kota Bandung yang sejuk.

4 dari 4 halaman

Kuliner Enak di Bandung

1.Boemi Joglo

Ilustrasi resto boemi joglo © Diadona

Tempat kuliner enak di Bandung yang pertama dalah Boemi Joglo. Tempat kuliner enak di Bandung satu ini menawarkan suasana tradisional yang alami dan menenangkan. Disini kamu bebas untuk memilih tempat makan yang disediakan. Tempat makan yang tersedia yaitu saung, rumah, tenda payung, atau bisa juga di balkon. Jika kamu penasaran ingin mengunjunginya, langsung saja datang ke alamat di Jalan Ranca Kendal Luhur No.17, Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung.

2.Stone Cafe

Ilustrasi stone cafe © Diadona

Tempat kuliner enak di Bandung selanjutnya berada di kawasan Dago, Bandung. Namanya, Stone Cafe. Design interior ruangan yang berisikan batu kali membuat cafe ini dinamakan dengan 'Stone" Cafe. Disini kamu bisa menikmati suasana Eropa Klasik dengan paduan budaya sunda yang kental. Menu yang dihidangkan di tempat kuliner enak di Bandung ini bervariasi dari mulai harga 35 ribu rupiah sampai dengan 100 ribu rupiah

3.Lisung Cafe

Ilustrasi lisung cafe © Diadona

Tempat kuliner enak di Bandung satu ini cocok banget buat kamu yang ingin mengajak pasangan makan malam. Tempatnya yang unik dan romantis sangat pas untuk kamu yang ingin mengisi quality time dengan pasangan. Tertarik mencobanya? Langsung saja datangi alamnya di Jalan Dago Pakar Timur No.111 Bandung.

4.Warung Nasi Ibu Imas Bandung

Ilustrasi warung nasi bu imas © Diadona

Nah, jika kamu sedang ingin menikmati makanan khas sunda yang buka 24 jam Warung Nasi Ibu Imas jawabannya. Warung ini menyediakan berbagai macam makanan khas sunda seperti karedok leunca, nasi liwet, ayam bakar dan berbagai menu lainnya. Tempat kuliner enak di Bandung satu ini berada di JalanPungkur No.81, Bandung.

5.Sate Pak Gino Bandung

Ilustrasi sate pak gino © Diadona

Rekomendasi tempat kuliner enak di Bandung yang terakhir adalah Sate Pak Gin Bandung. Kedai ini merupakan kedai dengan spesialis menu kambing. Kamu bisa menemukan berbagai menu olahan daging kambing seperti gulai kambing, sate kambing, sate buntel, sop kambing, dan masih banyak lagi. Tertarik makan-makan disini? Silahkan saja datang ke Jalan Supratman 104 Bandung.

Itulah tadi beberapa informasi penting mengenai wisata kuliner malam khas Bandung yang populer. Silahkan dicoba ya!

Beri Komentar