20 Wisata Kuliner di Bandung, Jogja, Bogor dan Semarang yang Wajib Kamu Coba

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 31 Januari 2020 13:41
20 Wisata Kuliner di Bandung, Jogja, Bogor dan Semarang yang Wajib Kamu Coba
Jika sedang bepergian ke suatu daerah, tak lengkap rasanya jika tak mencicipi wisata kuliner yang ada di sana.

Setiap kamu berlibur atau mengunjungi satu kota pastilah terbersit keinginan mencicipi berbagai wisata kuliner yang khas dan terkenal. Rasanya belum puas kalau nggak mencicipinya wisata kuliner disana. Memang, wisata kuliner menjadi daya pikat yang tak terhindarkan. Apalagi jika dinikmati dengan orang-orang tersayang. Nah, berikut kami rekomendasikan berbagai tempat wisata kuliner di Bandung, Jogja, Bogor dan Semarang.

1 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Bandung

Bandung merupakan kota dengan kunjungan wisatawan terbanyak di Jawa Barat. Itu karena Bandung memiliki wisata kuiner khas sunda yang khas. Berikut kami daftar, destinasi wisata kuliner Bandung yang bisa kamu coba.

Cie Rasa Loem Buah Batu

Ilustrasi  cie rasa loom © Diadona

Menu andalan di tempat wisata kuliner Bandung ini adalah mie aceh yang sudah populer dikalangan pengunjung. Selain itu tersedia juga menu lain seperti roti canai susu, mie rebus spesial, dan martabak kari kambing. Resto ini berlokasi di Jalan Terusan Buah Batu No.154, Bandung. Kamu bisa kapan saja mengunjungi resto ini karena buka 24 jam.

Kampung Daun

ilustrasi kampung daun lembang © Diadona

Tempat wisata kuliner Bandung selanjutnya yaitu Kampung Daun. Kampung daun memiliki suasana khas pedesaan yang khas, sehingga cocok bila di kunjungi bersamaa keluarga. Makanan yang bisa kamu cicip disini yaitu surabi, batagor, gurame bakar, nasi liwet, bebek bakar, dan masih banyak lagi.

Iga Bakar Si Jangkung

Ilustrasi iga bakar © Diadona

Bagi kamu penikmat masakan iga bakar, kamu bisa berkunjung ke wisata kuliner Bandung satu ini. Keunikan resto ini adalah tak menyajikan tulang dalam sajian iga bakarnya. Bisa dipesan dengan tiga pilihan taburan diatas nsi hangatnya, Yaitu bawang merah, cabe rawit, atau tomat. Resto ini beralamat dijalan Cipaganti, Bandung.

Yoghurt Cisangkuy

Ilustrasi yogurt cisangkuy © Diadona

Salah satu wisata kuliner Bandung yang menyajikan olahan susu sebagai menu andalan adalah Yoghurt Cisangkuy ini. Yoghurt ini menawarkan berbagai pilihan rasa yang bisa kamu nikmati, serta tak memiliki rasa asam. Jika kamu ingin berkunjung kesana, silahkan datangi Jalan Cisangkuy No.8, Bandung.

Roemah Nenek Resto Cafe

Ilustrasi warung roemah nenk © Diadona

Rumah nenek resto cafe menawarkan menu spesial berupa chicken taragon, nasi lidah jamur, pizza bakar pasta. Sangat pas dinikmati dengan desain resto yang klasik dan udara Bandung yang dingin.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Jogja

Sesuai sebutannya, Jogja memanglah istimewa, istimewa orangnya maupun kultur daerahnya. Tak heran Jogja selalu banyak dikunjungi para wisatawan. Jogja juga menyimpan sejuta keunikan yang terdapat di dalamnya. Dari mulai tempat wisatanya, makanannya, budayanya, dan lain sebagainya. Khusus makanannya, hampir disetiap bagian kota, kamu akan mendapati berbagai tempat wisata kuliner Jogja. Penasaran apa saja Wisata kuliner Jogja? Berikut kami rekomendasikan daftarnya!

Soto Batok Mbah Katro

Ilustrasi nasi batok mbah katro © Diadona

Selain Gudeg, soto juga menjadi salah satu wisata kuliner Jogja yang diincar wisatawan bahkan warga lokal sendiri. Nah salah satu soto yang lezat di Jogja adalah Saoto Bathok Mbah Katro. Makanan enk di Jogja yang satu ini terbilang unik karena disajikan menggunakan batok kelapa. Kebanyakan yang mencoba Saoto Mbah Katro ini selalu nambah lho, pasalnya soto yang disajikan di batok, porsinya tak begitu banyak.

Kenapa namanya Saoto ya? Ternyata, sebutan tesebut berasal dari Solo. Orang Solo banyak menyebut Soto dengan istilah Saoto. Saoto Batok Mbah Katro,punya bentuk kuah yang jernih lho, serta ditambah kecambah dan irisan daging sapi.

Di sini kamu tak hanya menikmati soto saja, namun ada beberapa makanan lain yang bisa kamu makna bersama soto. Kalau udah gini, nikmatnya nggak ketolong deh.

Sego Koyor Bu Parman

Ilustrasi Sego Koyor Bu Parman © Diadona

Kalau kamu mau mencoba wisata kuliner Jogja yang satu ini, harus menunggu matahari turun dulu ya. Sego Koyor Bu Parman yang berlokasi dekat dengan perempatan Gondomanan ini hanya bisa kamu santap di malam hari. Warungnya persis dipinggi jalan, jadi kamu nggak akan kesulitan untuk menjumpai tempat ini.

Wisata kuliner Jogja ini buka dari pukul 10 malam hingga menjelang subuh. Sego Koyor sendiri merupakan urat sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu khas dan perasah santan. Untuk bisa menikmati sepiring Sego Koyor, kamu cukup membayar Rp 13.000 saja. Menikmati Wisata kuliner Jogja saat tengah malam, pasti rasanya syahdu banget ya.

Brongkos Warung Ijo Bu Padmo

Ilustrasi brongkos warung ijo bu padmo © Diadona

Wisata kuliner Jogja selanjutnya adalah Brongkos Warung Ijo Bu Padmo. Ketika kamu sudah tiba di Jogja, sempatkan waktu untuk menikmati wisata kuliner Jogja satu ini ya. Kuliner ini merupakan potongan daging sapi yang telah di rebus dengan campuran rempah yang punya cita rasa gurih, manis serta pedas. Wisata kuliner Jogja ini berada di area Tempel, bawah jembatan Krasak. Sepiring nasi Brongkos dengan ditemani beberapa gorengan, dihargai Rp 20.000 saja, cukup murah bukan?

Nasi Kerabu Ayam Pecik

Ilustrasi nasi kerabu ayam bu pecik © Diadona

Wisata kuliner Jogja satu ini bisa kamu jumpai di kafe My Kopi O. Jika biasanya kamu menjumpai nasi berwarna putih atau merah saja, kali ini kamu akan disuguhi nasi berwarna biru. Warna biru pada nasi ini didapat dari bunga telang. Rasanya enak dan gurih dari nasi biasanya. Mantap deh pokoknya.

Oseng Mercon Bu Narti

Ilustrasi oseng mercon bu narti © Diadona

Rekomendasi tempat wisata kuliner Jogja yang terakhir jatuh pada Oseng mercon Bu Narti. Kuliner ini bisa kamu dapati di daerah Kauman. Cocok bagi kamu pecinta makanan pedas. Isi dalam oseng mercon ini terbilang cukup sederhana, karena hanya terdiri dari kikil, gajih, serta tulang muda. Siap-siap saja ya, ketika kamu mencoba oseng mercon bu Narti ini lidah kalian terasa kebakar, pedasnya gila. Makanana enak di Jogja ini hanya dibandrol dengan hargaRp 15.000 saja.

3 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Bogor

Hanya berjarak sekitar 1-2 jam saja dari Jakarta, Bogor menjadi salah satu destinasi favorti warga ibu kota. Tak hanya memiliki udaar sejuk yang bisa membantu menyegarkan pikiran, Kota Hujan ini juga menyuguhkan beragam wisata kuliner lezat yang emmbuat siapa pun ketagihan.

Dari banyaknya wisata kuliner di Bogor, beberapa sudah berdiri sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Memiliki cita rasa lezat dengan tampilan menarik yang tak berubah sejak dahulu, beberapa wisata kuliner Bogor selalu ramai dikunjungi wisatawan. Yuk, cari tahu wisata kuliner Bogor apa saja yang paling juara!

Roti Unyil Venus Bakery

      View this post on Instagram    

Oleh2 wajib dr Bogor, Roti Unyil Venus! Beli ini pasti selalu kalap terutama yg rasa coklat, jagung manis, dan greentea. Rotinya empuk dan toppingnya generous bgt. Makan 10 ga cukup rasanya ???????? . ????IDR 1.500/pcs ????V Point, Jalan Pajajaran No.1, Bogor

A post shared by Magda | ???????? Indonesia (@mgdalenaf) on

Sesuai namanya wisata kuliner Bogor ini memiliki ukuran yang mungil. Namun, jangan salah denagn ukurannya yang kecil, kecil-kecil begini rasanya begitu nikmat.

Ada banyak pilihan rasa yang bisa kamu campur dalam satu kardus kemasan, mulai dari yang manis seperti cokelat, pisang keju, nanas, serikaya, susu, dan vla, hingga yang asin seperti sosis, abon, sosis keju, dan daging asap. Beberapa favorit pengunjung adalah roti unyil dengan vla dan topping butiran jagung.

Di Bogor, Roti Unyil Venus Bakery bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh. Namun, bagi yang ingin mendapatkan pilihan lebih banyak kamu bisa langsung datang ke toko pusatnya di Ruko V-Point, Jalan Pajajaran No 1. Jangan lupa membelikan orang-orang tersayang, ya!

Cungkring Pak Jumat

      View this post on Instagram      

A post shared by Nyammy (@hullafood) on

Mendengar nama wisata kuliner Bogor satu ini saja sudah menarik ya. Baagian makanan yang mana yang cungkring kira-kira? Ternyata bukan cungkring ukurannya, namuan cungkring sebanrnya merupakan makanan kha sBogor yang dibuat dari kaki sapi dan disajikan dengan bumbu sate. Kalau kamu ingin membeli cungkring disini. kamu akan ditawarkan em[at ejnis cungkring yakni kikil, kulit, dampal, dan urat. Hanya dengan merogoh kocek sekitar 15 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati kelezatan wisata kuliner Bogor satu ini. Cukup murah bukan?

Sate Sumsum Pak Oo

      View this post on Instagram      

A post shared by wee (@wee_wdk) on

Jika di daerah lain sate yang dijual berbahan dasar ayam atau kambing, namun jika di Bogor, kamu akan menemukan wisata kuliner yang menyajikan sate dengan bahan dasar sumsm sapi.
Jadi, bagian sumsum sapi dipotong kecil-kecil, lalu ditusuk dan dibakar seperti sate yang kemudian disajikan dengan bumbu kacang.

Sate sumsum sapi ini bisa kamu temukan di rumah makan Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo. Tempat wisata kuliner yang selalu dikunjungi banyak wisatawan ini berlokasi di Jalan Surya Kencana No 193. Satu porsi hidangan ini berisi sepuluh tusuk sate dengan harga sekitar Rp22.000. Selain sate sumsum, di sini kamu juga bisa mencicipi sate ginjal, hati, dan daging sapi. Soal rasa, sudah pasti juara!

Soto Kuning

      View this post on Instagram      

A post shared by Yansen- Lifestyle Photographer (@yansensetiawan) on

Sebanrnya, wisata kuliner Bogor satu ini tak jauh beda dengan soto di daerah lain, namun warnanya kuahnya memang cenderung lebih kuning. Sementara itu, lauk dalam hidangan ini bisa kamu pilih sesuai selera. Beberapa pilihannya adalah daging, hati, usus, paru, babat, lidah, kikil, dan otak.

Di Bogor, salah satu penjual soto kuning yang cukup populer adalah Soto Kuning Pak Yusup di Jalan Surya Kencana No 103. Saat memesan soto, kamu bisa memilih lauk disajikan dengan cara digoreng atau dibumbui kuning. Satu porsi soto kuning di tempat ini seharga Rp10.000, tergantung dari lauk yang dipilih. Jika ingin mencoba kuliner ini, kamu bisa datang pukul 08:00 – 18:00 setiap harinya.

Doclang

      View this post on Instagram      

A post shared by MakanHalalBogor-Kuliner Halal (@makanhalalbogor) on

Sekilas, doclang mirip dengan kuliner ketupat tahu yang bisa kamu temukan di daerah Jawa Barat. Umumnya, satu porsi doclang terdiri dari irisan tahu goreng, kentang goreng, telur rebus, dan pesor, lalu disajikan dengan bumbu kacang, kecap, dan kerupuk.

Nah, keistimewaan doclang terletak pada pesor tersebut. Peso rmerupakan sejenis lontong yang dibungkus menggunakan daun patat, yakni daun yang tumbuh di lereng Gunung Salak.

Meski menjadi wisata kuliner terkenal di Bogor, penjual doclang kini sudah tidak sebanyak dulu. Jangan khawatir, kamu masih bisa menemukan doclang di kawasan Jalan Mantarena Jembatan Merah bernama Doclang Mak Icoh. Kamu bisa datang ke sini pukul 06:00 – 14:00.

4 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Semarang

Setelah kamu merasa puas mengunjungi beberapa wisata di kota Semarang, kini saatnya kamu mengisi perut dengan mengunjungi wisata kuliner Semarang yang khas. Dijamin deh, menikmati wisata kuliner Semarang yang khas ini bisa memberikan sensasi tersendiri. Tertarik mencobanya? Inilah daftar kwisata kuliner Semarang yang wajib kamu coba jika kamu sedang mengunjungi kota lumpia ini.

Mie Sangkie

Ilustrasi mie sangkie © Diadona

Destinasi wisata kuliner Semarang yang satu ini berada di Gang Lomnok. Wisata kuliner Semarang ini cocok bagi kamu yang noodielovers. Langsung saja meluncur ke warung Mie Sangkie. Kedai ini sangat legendaris karena sudah berdiri sejak zaman kolonial belanda. Nggak heran banyak pelanggan setia yang masih bertahan sampai sekarang.

Menu andalan dari wisata kuliner Semarang satu ini adalah mie godhog alias mie rebus. Mie godhog ini berisikan mie dengan taburan telur dadar lalu disiram dengan kuah kaldu full dengan bumbu rempah-rempah. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler ya.

Gulai Kambing Bustaman

Ilustrasi Gulai kambing bustaman © Diadona

Wisata kuliner selanjutnya yang dapat kamu kunjungi adalah Gulai Kambing Bustaman. Gulai Kambing Bahkan ini sudah berdiri sejak tahun 1969. Lokasinya yang dekat dengan kawasan kota lama bisa menjadi pilihan cocok untuk mengisi perut.

Gulai Kambing Bustaman bpunya sajian gulai yang khas, Kuahnya agak encer tapi tetap gurih. Porsi yang cukup banyak, akan cukup jika dinikmati dua orang. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis dan irisan bawang merah agar rasanya semakin nikmat.

Ayam Goreng Pakne Heksa

Ilustrasi ayam goreng pkne hensa © Diadona

Bagi kamu penyuka masaksan ayam goreng, kamu bisa mengunjungi wisata kuliner Semarang satu ini. Namanya, Ayam Goreng Pakne Heksa. Rasanya gurih, bumbu rempahnya juga begitu terasas, dan tekstur daging ayamnya terasa lembut di mulut.

Sajian ini bisa kamu nikmatri dengan cocolan sambal cobek yang menggugah selera. Sudah tak sabar ingin mencobannya? Kamu bisa mendatangi wisata kuliner Semarang satu ini di Jalan Ki Mangunsarkoro no 15.

Bakmi Jawa Pak Ateng

Ilustrasi bakmie pak ateng © Diadona

Jika kamu ingin mendatangi wisata kuliner Semarang stu ini, kamu harus banyak-banyak bersabar ya. Pasalnya warung ini selalu ramai didatangi pengunjung. Wisata kuliner Semarang ini, terkenal dengan nama Bakmi Jawa Pak Ateng.

Pengunjung disini pasti akan dimanjakan dengan kuah kaldu ayam kampung yang dimasak dengan anglo atau tungku tradisional. Paket komplit sajian wisata kuliner Semarang ini biasanya disajikan dengan suwiran daging ayam kampung, telur, dan syuran.

Babat Gongso Pak Karmin

Ilustrasi babat gongso pak karmin © Diadona

Babat biasanya terasa amis dan berbau jika tak dimasak dengan cara yang benar. Namun hal itu tak akan terjadi di wisata kuliner Semarang Babat Gongso Pak Karmin. Cita rasa konsisiten Babat Gongso Pak Karmin ini di pertahankan sejak tahun 1971. Nggak heran kalau Babat Gongso Pak Karmin termasuk dalam kuliner Semarang yang melegenda.

Meski lokasinya terbilang sederhana, banyak pengunjung yang ramai-ramai berkunjung ke tampat ini. Wisata kuliner Semarang satu ini berlokasi di Jalan Pemuda, tak jauh dari Jembatan Berok.

Sudah siap mencicipi berbagai wisata kuliner yang sudah kami sebutkan di atas? Selamat menikmati ya!

Beri Komentar