20 Makanan Khas Ramadhan di Indonesia dan Penjelasannya yang Terkenal di Dunia

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 3 Januari 2020 10:34
20 Makanan Khas Ramadhan di Indonesia dan Penjelasannya yang Terkenal di Dunia
Rasanya akan pusing sendiri mengitung begitu banyaknya makanan khas yang ada di Indonesia. Yuk, intip beberapa daftar makanan khas Indonesia di bawah ini.

Indonesia sangat mendunia dengan berbagai kekayaan dan keragaman yang dimiliki. Dari berbagai kekayaan yang ada, Kekayaan kulinerlah yang paling khas terasa. Dari Sabang sampai Merauke, semuanya bisa kamu cari.

Makanan khas Indonesia terkenal kaya akan rempah dan bumbunya yang melimpah. Tak heranm para penjajah dulu tertarik mampir ke Indonesia karena ingin membawa hasil rempah ke seluruh dunia.

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah di Indonesia

Setiap daerah di Indonesia memeiliki makanan khasnya masing-masing. Tak jarang makanan khas indonesia menjadi landmark dan ciri khas kota asal makanan tersebut. Penasaran apa saja makanan khas daerh di indonesia? Berikut infonya untuk kamu.

1. Makanan Khas Indonesia Rendang Padang

Ilustrasi rendangIlustrasi rendang © https://moondoggiesmusic.com/

Makanan Khas Indonesia yang pertama adalah Rendang Padang. Makanan khas Indonesia satu ini memang sudah cukup populer dan tersebar diseluruh daerah nusantara. Sesuai namanya, Rendang Padang berasal dari kota Padang Provinsi Sumatra Barat. Bahan utama untuk membuat Rendang Padang pun cukup mudah kamu dapatkan, kamu hanya memerlukan daging dan santan kelapa dilengakapi dengan berbagai bumbu tambahan.

2. Makanan Khas Indonesia Gulai Belacan

Ilustrasi gulai belacanIlustrasi gulai belacan © http://www.ringkaskata.com/

Kalau biasanya gulai yang terkanal adalah Gulai Ikan Patin, maka daerah Riau juga punya kuliner Gulai yang dinamakan Gulai Belacan. Rasa nikmat Gulai Belacan ini berasal dari kuah yang telah dibumbu dan cicampur dengan terasi. Didalamnya, teradapat juga daging, udang, atau ikan. Cukup menggugah selera bukan?

3. Makanan Khas Indonesia Pendap

Ilustrasi pendapIlustrasi pendap © https://pesona.travel/

Makanan khas indonesia selanjutnya adalah Pendap. Pendap merupakan makanan khas daerah di Indonesia yang menjadi oleh-oleh favorit jika kamu berkunjung ke daerah Bengkulu. Pendap terbuat dari bahan-bahan seperti kelapa muda yang dicampur dengan bumbu khusus dan sayu-mayur. Lezat dan menyehatkan bukan?

4. Makanan Khas Indonesia Empek-Empek Palembang

Ilustrasi pempekIlustrasi pempek © resepkoki.id

Kalau mendengar nama empek-empek psti kamu akan teringat dengan kota Palembang, bukan? Hidangan ini memang cukup populer karena emmiliki rasa yang lezat dan gurih. Dijamin deh saat kamu mencobanya sekali, kamu p0asti akan ketagihan.

5. Makanan Khas Indonesia Kerak Telor Jakarta

Ilustrasi kerak telorIlustrasi kerak telor © https://nyaribisnis.com/

Kalau kamu menymabangi daerah Jakarta, kamu wajib coba deh makanan khas indonesia satu ini. Makanan khas indonesia ini merupakan perpaduan kuliner antara Portugis dan suku Betawi. kamu bisa menemukan kuliner ini pada acara Pekan Raya Jakarta saat Kota Jakarta berulang tahun.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Ramadhan di Indonesia

Bulan Ramadhan yang datang satu tahun sekali memang selalu jadi momen yang dinantikan. Termasuk berbagai menu makana n khasnya. Nah, daerah-daerah di Indonesia juga sering menyediakan menu Makanan yang membuat kamu merasa kangen. Apa saja makanan khas ramadhan di indonesia? Berikut daftarnya.

1. Kurma

Ilustrasi kurmaIlustrasi kurma © https://suaramuslim.net

Makanan khsa ramadhan di Indonesia yang pertama adalah kurma. Kurma hampir dipastikan ada disetiap rumah atau masjid pada saat bulan ramadhan. Selain karena memang disunnahkan, makanan ini diyakini bisa menambah energi pada saaar berpuasa. Biasanya makanan ini disantap untuk menu takjil berbuka puasa.

2. Kolak

Ilustrasi kolakIlustrasi kolak © resepkoki.id

Menu makanan khas ramadhan di Indonesia selanjutnya adalah Kolak. Makanan ini dibuat dari bahan-bahan seperti ubi jalar atau pisang yang direbus dengan santan kelapa dan gula jawa.

3. Es Timun Suri, Es Blewah dan Es Cincau

Ilustrasi es timun suriIlustrasi es timun suri © resepkoki.id

Ini dia makanan khas ramadhan di indonesia yang sangat menyegarkan. Ada banyak penjual makanan dadakan di pinggir jalan yang menjual jenis es tersebut. Pas banget kalo ditambahkan sirup , susu kental manis dan beberapa irisan buah lainnya.

4. Kicak

Ilustrasi kicakIlustrasi kicak © Kotajogja.com

Makanan khas ramadhan di indonesia satu ini bisa kamu temui di kota Yogyakarta. Makanan yang terbuat dari ketan putih tanak yang dihaluskan seperti gemblong ini biasanya dicampur dengan parutan kelapa dan potongan buah nangka sebagai pelengkapnya. Hmm.. kebayang ya manis dan harumnya buah nangka dipadu dengan gurihnya parutan kelapa dan ketan tanak yang nikmat, apalagi disajikan dengan daun pisang.. hmm..

5. Bangkaa Kopyor

Ilustrasi bangka kopyorIlustrasi bangka kopyor © https://merahputih.com/

Satu lagi panganan khas Ramadhan yang berbahan baku buah Nangka, yakni Bangka Kopyor. Penganan manis asal Gresik ini merupakan kepanjangan dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Menu yang hanya ada saat bulan Ramadhan ini terbuat dari tepung terigu, buah kelapa kopyor, pisang, nangka, santan serta roti tawar. Menu ini biasanya dijumpai di daerah sekitar pesisir pantai. Hmm.. boleh juga nih kita wisata kuliner ke pesisir pantai Gresik saat Ramadhan!

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Daaerah di Indonesia dan Penjelasannya

Kita sepertinya akan kesusahan kalau disuruh untuk menghitung banyaknya jumlah makanan khas indonesia yang ada disetiap daerah. Mungkin ada bebebrapa dari kalian yang kurang memahami makanan khas daerah di indonesia saking banyaknya, oleh karenanya kami akan memebuat list makana khas daerah di indonesia dan penjelasannya unutk kalian. Simak informasi berikut ini ya.

1. Makanan Khas Indonesia Seruit Lampung

Ilustrasi seruit lampungIlustrasi seruit lampung © https://pesona.travel/

Makanan satu ini berasal dari daerah Lampung. Umumnya makanan khas Indonesia satu ini dibuat dengan bahan dasar ikan yang digoreng atau dipanggang. Daging ikan yang sudah digoreng atau dipanggang ini kemudian akan dicampur dengan sambal terasi atau tempoyak. Akan lebih nikmat kalau disajikan dengan mentimun atau tomat. Sudah siap mencobanya?

2. Makanan Khas Indonesia Bandeng Presto

Ilustrasi bandeng prestoIlustrasi bandeng presto © travelingyuk.com

Daerah Jawa Tengah juga tak mau kalah dalam mengidangkan makana khas daerahnya. Salah satu makanan khasnya adalah bandeng presto. Makanan khas Indonesia satu ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota Semarang. Akan terasa lebih nikmat kalau kamu menyantapnya dengan tambahan nasi putih dan sambal terasi.

3. Makanan Khas Indonesia Gudeg

Ilustrasi gudeg bu teklukIlustrasi gudeg bu tekluk © https://travelingyuk.com/

Gudeg aadalah makanan khas Indonesia yang telah menjadi landmark kota Yogyakarta. Mengunjungi kota Yogyakarta akan terasa kurang pas kalau TAK mencicipi Gudeg. Makanan ini terbuat dari bahan dasar buah nangka yang biasanya disajikan dengan lauk babat, telur, suwiran ayam dan gorengan.

4. Makanan Khas Indonesia Mie Kocok Bandung

Ilustrasi mie kocok bandungIlustrasi mie kocok bandung © travelingyuk.com

Di kota Bandung terdapat makanan khas indonesia yang memiliki cita rasa lezat. Kuliner ini dinamakan Mie Kocok. Mie kocok terbuat dari mie gepeng, kikil dan tauge. Cocok dimakan sambil menikmari suasana kota Bandeng yang sejuk.

5. Makanan Khas Indonesia Ayam Betutu

Ilustrasi ayam betutuIlustrasi ayam betutu © resepkoki.id

Makanan khas indonessia yang berbahan dasar ayam ini diolah dengan cara memasukkan bumbu rempah ke dalam rongga tubuh ayam. Kemudian dibakar dan menghasilkan cita rasa daging ayam yang empuk, lezat dan menggoyang lidah. Tertarik mencobanya?

4 dari 4 halaman

Makanan khas indonesia yang terkenal di dunia

Cita rasa makanan khas Indonesia memang kaya akan rempah-rempah dan bumbu yang khas. Tak heran makanan khas Indonesia sudah terkenal hingga kancah dunia. Nah inilah deretan makanan khas indonesia yang terkenal di dunia.

1. Makanam Khas Indonesia Sop Buntut

Ilustrasi sop buntutIlustrasi sop buntut © https://www.unileverfoodsolutions.co.id/

Proses pembuatan sop buntut yang panjang menjadikan makanan ini nikmat dan lezat. Pertama, potongan ekor sapi ini dilumuri bumbu dan rempah-rempah, kemudian dibakar, dan baru dimasukan kedalam kuah sapi.

2. Makanan Khas Indonesia Sate

Ilustrasi sate ayamIlustrasi sate ayam © https://resepkoki.id/

Siapa sih yang nggak tahu dengan sajian daging tusuk yang dibakar di atas arang? Sebelum dibakar, daging terlebih dahulu dilumuri dengan bumbu rempah. Sate biasanya menggunakan bahan daging seperti daging ayam, kambing, sapi, atau kelinci.

3. Makanan Khas Indonesia Gado-Gado

Ilustrasi gado-gadoIlustrasi gado-gado © resepkoki.id

Makanan khas Indonesia satu ini cocok untuk kamu seorang vegetarian. Makanan ini terdiri dari seperti kubs, wortel, kangkung, bayam, dan pare. Lalu kemudian disiram dengan sambel kacang, tahu goreng,dan lontong.

4. Makanan Khas Indonesia Rendang

Ilustrasi rendangIlustrasi rendang © https://moondoggiesmusic.com/

Jika kamu penggemar kari, kamu pasti suka makanan khas Indonesia yang satu ini. Makanan Indonesia ini lebih seperti kari daging sapi, tetapi tanpa kaldu. Rendang terbuat dari daging sapi yang perlahan dimasak dalam saus santan dan rempah-rempah selama beberapa jam. Dijamin kamu pasti ketagihan!

5. Makanan Khas Indonesia Tempe

Ilustrasi Masakan TempeIlustrasi Masakan Tempe © 2020 https://www.diadona.id/@merdeka

Walaupun gampang dijumpai dipasar, namun rasa tempe nggak pasaran kok. Bahkan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai ini sudah sering muncul dalam festival kuliner dunia. Tak hanya di Indonesia, tempe ternyata juga dijadikan sebagai makaanan streetfood di London. Streetfood ini bernama Warung Tempeh.

Beri Komentar