20 Makanan Khas Jawa Tengah beserta Gambarnya

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 8 Januari 2020 16:28
20 Makanan Khas Jawa Tengah beserta Gambarnya
Jawa Tengah mempunyai makanan khas dengan paduan cita rasa yang legit dan nikmat.

Saat berkunjung ke suatu daerah, entah untuk urusan pekerjaan atau hanya sekadar refreshing, mencoba makanan khas yang ada di daerah tersebut adalah hal wajib yang harus dilakukan. Termasuk saat kamu berkunjung ke daerah Jawa Tengah.

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah Jawa Tengah

Jawa Tengah sebagai daerah yang cukup padat di Pulau Jawa sangat mungkin memiliki banya keragaman makanan khas. Apalagi, banyak kota yang dijadikan sebagai destinasi wisata. lalu apa saja makanan khas daerah jawa tengah? simak infonya berikut ini.

1.Makanan Khas Daerah Jawa Tengah Lumpia

Ilustrasi lumpia © Diadona

Makanan khas daerah Jawa Tengah satu ini biasanya dijadikan camilan. Lumpia juga banyak dijadikan sebagai makanan oleh-oleh dari Semarang. Satu porsinya berkisar antara 5 ribu rupiah sampai 10 ribu rupiah. Rasanya yang gurih dan nikmat memang cocok sebagai camilan peneman saat menikmati hari bersama orang tercinta.

2.Makanan Khas Daerah Jawa Tengah Nasi Liwet

Ilustrasi Nasi Liwet Solo © Diadona

Menu nasi yag tak boleh dilewatkan dari daftar makanan khas daerah Jawa Tengah adalah nasi liwet. Nasi Liwet berasal dari Solo. Keunikan yang menonjol dari makanan ini adalah makanan ini disajikan dengan tambahan santan dan daun pandan untuk membuat cita rasanya menjadi lebih gurih.

3.Makanan Khas Daerah Jawa Tengah Enting-Enting Gepuk

Ilustrasi Enting-Enting Gepuk © Diadona

Makanan khas daerah Jawa Tengah satu ini berasal darai daerah Salatiga. Bahan dasar pembuatannya adalah kacang tanah yang dilumuri gula jawa terlebih dahulu agar menyatu. Kacang tanah kemudian digepuk atau ditumbuk hingga menjadi padat. Rasanya yang gurih dan nikmat, akan cocok jika disajikan saat bersanti di sore hari

4.Makanan Khas Daerah Jawa Tengah Nasi Gandul

Ilustrasi nasi gandul © Diadona

Nah kalo makanan khas daerah Jawa Tengah satu ini berasal dari kota Pati. Gandul adalah bahasa jawa dari buah pepaya. Dalam penyajiannya nasi gadndul disajikan di ata daun pisang, biasanya akan ditambahkan lauk daging sapi yang disiram dengan kuah segar. Kenikmatan cita rasanya akan bikin kamu ketagihan deh.

5.Makanan Khas Daerah Jawa Tengah Soto Kudus

Ilusrasi soto kudus © Diadona

Makanan khas daerah Jawa Tengah ini cocok buat kamu yang suka dengan makanan berkuah seperti soto. Makanan berkuah lezat ini berasal dari daerah Kudus. cara penyajian soto ini pun cukup unik, karena disajikan diatas mangkuk kecil. Kamu bisa memilih toping daging sapi atau kerbau sebagai pilihan daging dalam soto. Soto kudus ini cocok sebagai menu makan siang atau malammu.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Jawa Tengah beserta Gambarnya

Sebagi salah satu daerah dengan luas wilayah yang besar, maka wajar Jawa Tengah memliki anyak kekayaan kuliner. Saking banyaknya kuliner di Jawa Tengah mungkin ada beberapa dari kalian yang belum mengetahuinya jika tak disertai dengan gambar penjelas. Oleh karena itu berikut kami share beberapa info mengenai makanan khas Jawa Tengah beserta gambarya.

1.Getuk

Ilustrasi Getuk © Diadona

Bagi kamu yang sudah sering berkunjung ke berbagai kota di Jawa Tengah, pasti sudah tak asing dengan makanan ini. Makanan ini biasanya juga dijadikan sebagai oleh-oleh makanan khas Jawa tengah. Awalnya getuk hanya berwarna putih saja, namun sekarang muncul gethuk dengan berbagai varian jenis seperti getuk goreng. Rasanya yang legit dan nikmat sangat cocok untuk dijadikan camilan saat bersantai bersama keluarga.

2.Wajik

Ilustrasi Wajik © Diadona

Meskipun termasuk dalam makanan tradisional, wajik masih eksis hingga sekarang. Biasanya, wajik juga disajikan sebagai menu camilan saat acara hajatan. Bahan dasar pembuatannya adalah beras ketan. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan beras ketan beserta gula jawa di atas wajan penggorengan.

3.Dawet Ireng

Ilustrasi Dawet Ireng © Diadona

Dawet ireng juga merupakanan makanan khas daerah jawa tengah yang bisa kamu temui di pusat keramaian kota. Jika biasanya dawer berwarna putih, maka dawet ini berwarna hitam. Warna hitam pada dawet dihasilkan dari bahan alami yang digunakan yairu abu jerami. Bahan tersebut ditambahkan pada saaat proses pembuatan cendol dawet ini. Dawet biasanya juga disajikan dengan santan dan gula jawa. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat dawet ccok diminum saat siang hari.

4.Mangut Beong

Ilustrasi mangut beomg © Diadona

Jika Yogyakarta punya mangut lele maka Jawa Tengah punya mangut beong. Mangut beong bisa kamu temukan di daerah Magelang. Tepatnya, di sekitar Candi Borobudur. Pada dasarnya mangut beong hampir sama dengan mangut lele yang ada di Yogyakarta. bedanya jika di Yogyakarta menggunakan ikan lele, namun jika di Magelang mangut ini menggunakan bahan dasar Ikan beong yang hanya bisa ditemukan di Sungai Progo.

5.Berkecek

Ilustrasi Berkecek © Diadona

Makanan klhas Jawa Tengah ini nampaknya cukup sulit untuk diucapkan. Sekilas makanan khas Jawa Tengah satu ini mirip dengan sajian pecel dengan sambal kacangnya yang pedasa. Namun, beberapa sayuran yang digunakan dalam berkeceng masih dalam kondisi mentah.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas dari jawa Tengah

Jawa Tengah memang mempunyai banyak keragaman kebudayaan yag sangat mencolok di setiapdaerah. Begitu juga dengan kekayaan kuliner yang ada. Cita rasa makanan khas Jawa Tengah yang cenderung legit dan pedas membuat orang yang mencicipinya akan merasa ketagihan. Apa sajakah makanan khas dari Jawa Tengah? berikut daftranya untukmu.

1.Makanan Khas dari jawa Tengah Nasi Grombyang

Ilustrasi nasi grombyang © Diadona

Nasi grombyang adalah makanan khas dari Jawa Tengah yang berasal dari kota Pemalang. Di kota ini warung nasi grombyang yang paling terkeneal adalah warung Nasi Grombyang H. Warso. Nasi grombyang terbuat dari semangkuk nasi yang disajikan dengan kuah kental hitam dengan isisan daging sapi. Istilah grombyang berasal dari sajian nasi dengan kuah lebih banyak dari pada isinya. Nasi Grombyang cocok untuk teman menu makan siang atau malammu.

2.Makanan Khas dari jawa Tengah Jenang Kudus

Ilustrasi Jenang Kudus © Diadona

Jenang kudus biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh makanan khas daerah Jawa Tengah dari kota Kudus. Umumnya disajikan dengan bentuk memanjang dengan dibungkus mengggunakan plastik. Kamu bisa membelinya dalam kiloan atau dalam bentuk kemasan yang sudah disediakan.

3.Makanan Khas dari jawa Tengah Mie Ongklok

Ilustrasi Mie Ongklok © Diadona

Ketika kamu jalan-jalan ke jawa tengah jangan lupa untuk mencicipi makana khas dari Jawa Tengah satu ini. Penamaan mie ongklok adalah dari alat pembuatannya yang menggunakan ongklok. Ongklok adalah keranjang kecil yang terbuat dari anayaman bambu. Mie ongklok sendiri merupakan mie rebus yang diracik dengan berbagai bahan tambahan seperti potongan daun kucai dan kol.Uniknya, kuah mie ongklok juga ditambahkan kanji sehingga mengashilkan kuah mie yang kental dan gurih.

4.Makanan Khas dari jawa Tengah Garang Asem

Ilustrasi garang asem ayam © Diadona

Garang asem merupakan makanan khas dari Jawa Tengah yang dimasakn bersamaan dengan santan. Ayam yang dimasak ini terlebih dahulu dibungkung dengan menggunakan daun pisang.
Garang asem biasanya disajikan dengan lauk tambahan seperti perkedel, tempe, tahu dan lainnya. Cita rasanya yang pedas dan asam akan semakin membuat menggugah selera.

5.Makanan Khas dari jawa Tengah Tempe Mendoan

Ilustrasi Tempe Mendoan © Diadona

Makanan khas dari Jawa Tengah yang terakhir adalah tempe mendoan. Tempe mendoan sebenarnya hampir mirip dengan tempe goreng pada biasanya. Yangg membuat beda adalah cara memasaknya, karena tempe mendoan disajikan saat tempe belum terlalu matang. Karena kelezatannya tempe mendoan sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun asing.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Solo Jawa Tengah

Solo memang terkenal dengan sejarah kesultanan sejarah yang begitu melekat. Namun Solo juga menyimpan begitu banyak wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi. Apa saja wisata kuliner Solo yang bisa kamu kunjungi? berikut infonya untukmu.

1.Makanan Khas Solo Jawa Tengah Warung Pecel Solo

Ilustrasi pecel ndeso solo © Diadona

Makanan khas Solo Jawa Tengah yang pertama adalah Warung Pecel Solo, Warung ini sebenaranya terkenal dengan sebutan Warung Ndeso Resto. Yang membuat terkenal dari tempat ini adalah aneka menu panganan tradisionalnya yang maknyus banget.

Menu favorit para pengunjung yang datang ke tempat ini adalah nasi pecel ndesonya. Nasi merah dipadu dengan daun bayam, daun kemikir, daun pepaya, kembang turi, jantung pisang, dicampur dengan kuah pecel yang pedas manis. Tak hanya makanan tradisional, warung ini juga menyediakan berbagai menu minuman tradisional seperti Temu Lawak, Beras Kencur, Jahe Pandan, dan Kunir Asem. Tertarik mencobanya? langsung saja datang ke alamat di Jalan Dr.Soepomo NO.55 Mangkubumen, Solo.

2.Makanan Khas Solo Jawa Tengah Srabi Notosuman

Ilustrasi Srabi Solo © Diadona

Tempat makanan khas Solo Jawa Tengah yang tak boleh kamu lewatkan adalah Srabi Notosuman. Buat kamu yang belum tahu, srabi adalah makanan yang dibuat dari bahan-bahan seperti campuran tepung beras dan santan, lalu dimasak dalam cetakan di atas tungku.

Srabi Notosuman sekarang mempunyai 2 varian rasa. Masing-masing dihargai sebesar 20 dan 25 ribu rupiah. Satu porsi Srabi Notosuman berisi 10 buah srabi. Murah dan enak bukan? Kalau kamu ingin mencobanya kamu bisa mengunjungi gerainya di Jalan Mohamad Yamin No.28

3.Makanan Khas Solo Jawa Tengah Soto Gading

Ilustrasi soto gading © Diadona

Sebenarnya banyak penjual soto di Solo, namun Soto Gading adalah yang terbaik. Rasa maknyus dari nasi, mie, dan suwiran daging ayamnya dijamin akan bikin pagimu lebih bersemangat. Akan lebih mantap kalau kamu menambahkan lauk seperti telur puyuh, sosis, tempe, perkedel kentang, dan makanan lauk lainnya. Tempat makanan khas Solo Jawa Tengah ini mulai buka pukul 5 pagi dan berada di Jalan Brigadir Jendral Sudiarto No.75 Pasar Kliwon.

4.Wisata Kuliner Solo Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Ilustrasi pecel bu kis © Diadona

Tempat makanan khas Solo Jawa Tengah selanjutnya yang wajib kamu coba ketika mengunjungi kota Solo adalah Warung Pecel Bu Kis. Sekilas, mungkin akan nampak seperti warung pecel pada umumnya, namun warung ini memmpunyai satu menu favorit pengunjung, yaitu sambel tumpang.

Sambel tumpang adalah menu lauk yang dibuat dari irisan tahu putih, tahu goreng krecek, bayam, tauge, dan disiram dengan bumbu khusus yang kaya akan rempah-rempah. Cita rasaya sangat gurih dan manis. Perpaduan rasa ini akan lebih mantap jika disantap dengan sajian nasi hangat. Warung Pecel Bu Kis buka setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai 2 siang. Lokasinya tepat berada di belakang Pengadilan Negeri Solo.

5.Makanan Khas Solo Jawa Tengah Cabuk Rambak

Ilustrasi cabuk rambsk © Diadona

Tempat wisata kuliner Solo selanjutnya adalah Cabuk Rambak. Cabuk rambak adalah panganan yang terdiri dari ketupat, sambal wijen, dan karak. Biasanya akan disajikan dengan wadah dari daun pisang. Cabuk rambak pas disajikan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Atau juga bisa kamau santap untuk sekedar mengganjal perut. Kamu bisa menemukan makanan ini di sekitar Stadion Manahan Solo

Beri Komentar