19 Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi, Cocok untuk Ibu Hamil

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 16 Januari 2020 14:32
19 Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi, Cocok untuk Ibu Hamil
Asam folat baik untuk baik untuk proses kehamilan seorang ibu hamil.

Asam folat merupakan salah satu bentuk turunan dari vitamin B kompleks yang dapat larut dalam air. Dalam dunia kesehatan asam folat bisa juga disebut sebagai vitamin B9. Asam folat banyak bermanfaat sebagai zat yang membantu untuk menjaga proses pembentukan sel darah merah dan produksi DNA. Itulah mengapa asam folat sangat baik untuk kesehatan badan manusia dengan segala umur. 

1 dari 4 halaman

Makanan yang Banyak Mengandung Asam Folat

Asam folat sangat berperan penting untuk kesehatan manusia. Tanpa asupan asam folat yang mencukupi, tubuh akan kehilangan zat yang berfungsi sebagai pembentuk protein baru. Itulah mengapa kita harus selalu mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Nah, makanan di sekitar kita juga banyak lho yang mengandung asam folat. Apa saja itu? berikut makanan yang banyak mengandung asam folat.

1.Makanan yang Mengandung Asam Folat Legum

Ilustrasi Kacang PolongIlustrasi Kacang Polong © https://www.pexels.com/

Makanan dari biji-bijian dan kacang-kacangan biasanya banyak dijadikan sebagai makanan yang mengandung asam folat. Makanan legum ini contohnya. Contoh Legum yang ada di sekitar kita adalah kacang polong atau lentil. Ketika kamu mengonsumsi satu cangkir (198) kacang polong, kamu sudah bisa memngisi kebutuhan asam folt dalam tubuh sebesar 358 mikrogram

2.Makanan yang Mengandung Asam Folat Asparagus

Ilustrasi AsparagusIlustrasi Asparagus © https://www.pexels.com/

Makanan yang mengandung asam folat lain adalah Asparagus. Menagapa? karena asparagus mengandung banyak mineral dan vitamnin. Asparagus juga bagus sebagai makanan asupan unutk ibu hamil. Setengah cangkir atau sekitar 90 gram asparagus mengandung 134 mikrogram asam folat.

3.Makanan yang Mengandung Asam Folat Telur

Ilustrasi Kuning TelurIlustrasi Kuning Telur © 2020 https://www.diadona.id / eggnutritioncenter.org

Telur merupakan makanan yang mempunyai seribu manfaat untuk kesehatan manusia. Tak heran, telur juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung asam folat tinggi. Selain itu telur juga mempunyai kandungan protein, selenium, riboflavin, dan vitamiin B12. Mengonsumsi satu butir telur berukuran besar mengandung 23,5 mikrogram asam folat.

4.Makanan yang Mengandung Asam Folat Jeruk

Ilustrasi Jeruk Nipis Ilustrasi Jeruk Nipis © rawpixel.com

Jeruk juga termasuk dalam makanan yang mengandung asam folat tinggi. Makanan berjenis buah-buahan ini, juga memiliki kandungan vitamin C tinggi yang befungsi untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit. 55 mikrogram asam folat dapat kamu peroleh jika kamu mengonsumsi satu buah jeruk berukuran besar.

5.Makanan yang Mengandung Asam Folat Kubis Brussel

Ilustrasi KubisIlustrasi Kubis © merdeka.com

Kubis brussel atau juga biasa dikenal dengan nama Brussels sptoutsunu, juga termasuk dalam makanan yang mengandung asam folat tinggi. Setengah mangkuk kubis Brussel yang bisa kamu konsumi saat pagi hari, mengandung 47 mikrogram asam folat.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Tubuh sangat membutuhkan banyak asupan gizi 4 sehat 5 sempurna. Tanpa gizi yang seimbang, tubuh tak bisa berkembang secara maksimal. Dan salah satu gizi yang harus dipenuhi adalah asam folat. 

Nah, untuk itu kamu perlu memngonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi agar tubuh bisa berkembang secara optimal. Apa saja makanan yang mengandung asam folat tinggi? simak infonya berikut ini.

1.Makanan yang Mengandung Asam Folat Brokoli

23 Manfaat Jus Sayur Brokoli untuk Kesehatan dan Bayi23 Manfaat Jus Sayur Brokoli untuk Kesehatan dan Bayi © © MEN

Brokoli sudah lama diketahui sebagai makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Termasuk sebagai makanan yang mengandung asam folat tinggi. Satu mangkok sajian brokoli yang sudah direbus mengandung 84 mikrogram asam folat yang memenuhi seperlima dari kebutuhan harian.

2.Makanan yang Mengandung Asam Folat Hati Ayam

Ilustrasi Hati AyamIlustrasi Hati Ayam © http://taiwanhalalmeat.com/

Selain menjadi makanan yang mengandung asam folat tinggi hati ayam juga sangat mudah kita dapatkan di supermarket atau pasar terdekat. Hati ayam juga termasuk dalam makanan yang mengandung asam folat tinggi yang paling direkomendasikan. Saat kamu mengonsumsi 100 gram hati ayam, terdapat 1.000 mikrogram kandungan asam folat sebagai asupan daam tubuh.

3.Makanan yang Mengandung Asam Folat Hati Sapi

Ilustrasi Hati SapiIlustrasi Hati Sapi © https://shopee.co.id/

Selain hati ayam, hati sapi juga termasuk dalam makanan yang mengandung asam folat tinggi. Walaupun harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan hati ayam, namun makanan ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Dalam 85 gram hati sapi mengandung 212 mikrogram asam folat atau sekitar 54% dari kebutuhan harian.

4.Makanan yang Mengandung Asam Folat Pepaya

Ilustrasi Buah LabuIlustrasi Buah Labu © finesfruitdirect.uk

Jangan salah dengan pepaya, walaupun sekilas terliihat biasa saja ternyata pepaya juga mempunyai kandungan yang cukup penting bagi kesehatan manusia. Pepaya juga masuk ke dalam golongan makanan yang mengandng asam folat tinggi. Mengapa? karena dalam 140 gram pepaya mentah mengandung 53 mikrogram asam folat atau sekitar 13% dari kebutuhan harian.

5.Makanan yang Mengandung Asam Folat Pisang

Ilustrasi pisangIlustrasi pisang © 2019 https://www.diadona.id/shutterstock

Buah-buahan lain yang turut berperan sebagai makanan yang mengandung asam folat tinggi adalah pisang. Selain itu pisang juga kaya akan potasium. Jika kamu mengonsumsi Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 23,6 mikrogram asam folat atau sekitar 5% dari kebutuhan harian.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Asam Folat agar Cepat Hamil

Segala macam cara dilakukan agar calon ibu segera dikaruniai buah hati. Termasuk mengonsumsi makanan sehat yang direkomendasikan oleh Dokter Kandungan atau Bidan. Biasanya mereka menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi. Nah, apa saja makanan yang mengandung asam folat tinggi agar cepat hamil? Simak infonya di bawah ini.

1.Makanan yang Mengandung Asam Folat Alpukat

Ilustrasi AlpukatIlustrasi Alpukat © geronimo.fm

Buah alpukat selain termasuk dalam makanan yang mengandung asam folat tinggi, juga mempunyai kandungan gizi yang begitu baik unutk tubuh. Alpukat memiliki kandugan Vitamin K dan kalium yang tinggi. Semua kandungan yang ada di dalamnya, dapat membantu proses perkembangan otak dan tulang belakang janin. Selain itu, alpukat juga membantu janin unutk menyerap nutrisi lain secara aktif. Sangat bermanfaat sekali bukan?

2.Makanan yang Mengandung Asam Folat Ikan Salmon

Ilustrasi Ikan SalmonIlustrasi Ikan Salmon © https://www.kaskus.co.id/

Selain memiliki kandungan minyak Omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, ikan salmon juga termasuk dalam makanan yang mengandung asam folat tinggi. Dengan mengonsumsi ikan salmon atau jenis ikan lain, kesuburan reproduksimu diyakini akan meningkat. Perlu dicoba nih!

3.Makanan yang Mengandung Asam Folat Kerang-Kerangan

Ilustrasi KerangIlustrasi Kerang © pesona.travel.com

Makanan laut ini juga dipercaya mempu menyuburkan kandugan pada wanita. Mengapa? alasannya adalah karena kerangan-kerangan memiliki kandungan vitamin B12 yang mampu menjaga kadar hormon estrogen agar tetap stabil dan subur. 

4.Makanan yang Mengandung Asam Folat Cabai

ilustrasi cabaiilustrasi cabai © 2019 https://www.diadona.id/unsplash.com

Ternyata cabai juga memiliki peran sebagai makanan dengan manfaat baik bagi kesuburan kandungan. Mengonsumsi cabai dapat meningkatkan aliran darah, sehingga pasokan darah yang mengalir ke sistem reporuduksi tetap berjalan normal. Selain itu, cabai juga bermanfaat sebagai makanan yang mampu meningkat kan produksi hormon endhorphine. Bagi kamu yang belum tahu, endorphine adalah hormon yang mampu menghilangkan stress.

5.Makanan yang Mengandung Asam Folat Kunyit

Ilustrasi KunyitIlustrasi Kunyit © familinia.com

Kamu bisa menamabahkan kunyit ini pada bumbu tambahan. tujuannya untuk mendorong kesuburan pada kandungan. Mengapa kunyit? karena di dalam kunyit, ada kandungan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan kandungan.

4 dari 4 halaman

Jenis Makanan yang Mengandung Asam Folat

Makanan yang mengandung asam folat sangat berperan penting dalam membantu beberapa fungsi tubuh. Selain itu, asam folat juga bisa bermanfaat untuk mencegah risiko cacat lahir pada bayi. Lalu apa saja jenis makanan yang mengandung asam folat tinggi? intip jawabannya di bawah ini.

1.Makanan yang bersumber dari hewan

Jenis makanan ini banyak masuk ke dalam golongan makanan yang mengandung asam folat tinggi. contohnya adalah daging atau hati sapi, daging atau hati ayam, atau bisa juga daging unggas. Walaupun harga makanan ini terbilang cukup mahal, namun sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

2.Sayur-Sayuran Hijau

23 Manfaat Jus Sayur Brokoli untuk Kesehatan dan Bayi23 Manfaat Jus Sayur Brokoli untuk Kesehatan dan Bayi © © MEN

Tak lagi bisa dipungkiri kalau sayuran memang memliki banyak fungsi yang sangat berguna untuk kehidupan manusia. Salah satunya berperan juga sebagai makanan yang mengandung asam folat tinggi. Kamu bisa mencoba sayuran seperti: asparagus, bayam, brokoli, seledri, lobak hijau, dan lain-lain.

3.Buah-buahan

Ilustrasi Buah-buahanIlustrasi Buah-buahan © 2020 https://www.diadona.id / berries.com

Makanan jenis ini juga memiliki peran yang baik sebagai penyempurna asupan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran jika buah-buahan juga termasuk dalam makanan yang mengandung asam folat tinggi. Cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan seperti buah sitrus (jeruk nipis, lemon, jeruk bali, dan lain sebagainya), pisang, tomat, dan cantaloupe atau melon jingga agar asupan asam folat dalam tubuh bisa terpenuhi.

4.Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang-kacanganIlustrasi Kacang-kacangan © dailymail.co.uk

Kedua jenis makanan ini punya sederet manfaat yang baik untuk tubuh. Selain bermanfaat sebagai makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko terkena stroke, jenis makanan ini juga termasuk dalam golongan makanan yang mengandung asam folat tinggi. Cobalah untuk mengonsumsi biji bunga matahari, gandum, kacang polong, kacang kedelai, kacang merah, dan kacang hijau.

Kesemua makanan yang sudah disebutkan di atas bisa dijadikan referensi sebagai asupan penambah jumlah asam folat dalam tubuh ya. Apa kamu punya rekomenadasi makanan lain? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Beri Komentar