19 Makanan Enak di Semarang dan Simpang Lima yang Murah dan Wajib Kamu Coba

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 26 Februari 2020 11:03
19 Makanan Enak di Semarang dan Simpang Lima yang Murah dan Wajib Kamu Coba
Perut keroncongan setelah jalan-jalan dan berwisata di Semarang? Saatnya mengisi perut dengan makanan enak di Semarang!

Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang memang termasuk kota dengan kemajuan yang pesat. Kota Semarang nggak hanya terkenal dengan lawang sewu ataupun kuil Sam-Poo-Kong saja lho, Semarang juga menawarkan berbagai makanan enak dengan cita rasa jawa yang khas. Tak heran, banyak pelancong yang rela datang jauh demi untuk menikmari makanan enak di Semarang ini. Bahkan beberapa tempat makanan enak di Semarang sudah berdiri sejak sebelum indonesia merdeka.

1 dari 4 halaman

Makanan Paling Enak di Semarang

Setelah kamu merasa puas mengunjungi beberapa wisata di kota Semarang, kini saatnya kamu mengisi perut dengan mengunjungi tempat makanan enak di Semarang yang khas. Dijamin deh, menikmati cita rasa makanan enak di Semarang yang khas ini bisa memberikan sensasi tersendiri. Tertarik mencobanya? Inilah daftar makanan paling enak di Semarang yang wajib kamu coba jika kamu sedang mengunjungi kota lumpia ini.

Mie Sangkie

      View this post on Instagram      

A post shared by Meilisa A Hutagaol (@meilisa_andriyani) on

 

Destinasi tempat makanan enak di Semarang yang satu ini berada di Gang Lomnok. tempat makanan enak di Semarang ini cocok bagi kamu yang noodielovers. Langsung saja meluncur ke warung Mie Sangkie. Kedai ini sangat legendaris karena sudah berdiri sejak zaman kolonial belanda. Nggak heran banyak pelanggan setia yang masih bertahan sampai sekarang.

Menu andalan dari tempat makanan enak di Semarang satu ini adalah mie godhod alias mie rebus. Mie godhog ini berisikan mie dengan taburan telur dadar lalu disiram dengan kuah kaldu full dengan bumbu rempah-rempah. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler ya.

Gulai Kambing Bustaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Kisah KulinerKu (@kisahkulinerku) on

 

tempat makanan enak di selanjutnya yang dapat kamu kunjungi adalah Gulai Kambing Bustaman. Gulai Kambing Bahkan ini sudah berdiri sejak tahun 1969. Lokasinya yang dekat dengan kawasan kota lama bisa menjadi pilihan cocok untuk mengisi perut.

Gulai Kambing Bustaman bpunya sajian gulai yang khas, Kuahnya agak encer tapi tetap gurih. Porsi yang cukup banyak, akan cukup jika dinikmati dua orang. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis dan irisan bawang merah agar rasanya semakin nikmat.

Ayam Goreng Pakne Heksa

Ilustrasi ayam goreng pkne hensa © Diadona

Bagi kamu penyuka masaksan ayam goreng, kamu bisa mengunjungi tempat makanan enak di Semarang satu ini. Namanya, Ayam Goreng Pakne Heksa. Rasanya gurih, bumbu rempahnya juga begitu terasas, dan tekstur daging ayamnya terasa lembut di mulut.

Sajian ini bisa kamu nikmatri dengan cocolan sambal cobek yang menggugah selera. Sudah tak sabar ingin mencobannya? Kamu bisa mendatangi tempat makanan enak di Semarang satu ini di Jalan Ki Mangunsarkoro no 15.

Bakmi Jawa Pak Ateng

      View this post on Instagram      

A post shared by Andrie - ???????? - ?????? (@andros_gram) on

 

Jika kamu ingin mendatangi tempat makanan enak di Semarang stu ini, kamu harus banyak-banyak bersabar ya. Pasalnya warung ini selalu ramai didatangi pengunjung. tempat makanan enak di Semarang ini, terkenal dengan nama Bakmi Jawa Pak Ateng.

Pengunjung disini pasti akan dimanjakan dengan kuah kaldu ayam kampung yang dimasak dengan anglo atau tungku tradisional. Paket komplit sajian tempat makanan enak di Semarang ini biasanya disajikan dengan suwiran daging ayam kampung, telur, dan syuran.

Babat Gongso Pak Karmin

      View this post on Instagram      

A post shared by BUNGA RIADIANI ????????- ????JKT(IND) (@bubueataway) on

 

Babat biasanya terasa amis dan berbau jika tak dimasak dengan cara yang benar. Namun hal itu tak akan terjadi di tempat makanan enak di Semarang Babat Gongso Pak Karmin. Cita rasa konsisiten Babat Gongso Pak Karmin ini di pertahankan sejak tahun 1971. Nggak heran kalau Babat Gongso Pak Karmin termasuk dalam kuliner Semarang yang melegenda.

Meski lokasinya terbilang sederhana, banyak pengunjung yang ramai-ramai berkunjung ke tampat ini. tempat makanan enak di Semarang satu ini berlokasi di Jalan Pemuda, tak jauh dari Jembatan Berok.

2 dari 4 halaman

Makanan Enak di Simpang Lima Semarang

Salah satu daerah di Semarang yang tak pernah sepi pengunjung adalah daerah Simpang Lima. Pasalnya, pemerintah kota Semarang biasanya mengadakan acara hiburan untuk merayakan acara tertentu.

Nah, bagi kamu yang berencana liburan ke Semarang dan ingin menghabiskan waktu di sekitar Simpang Lima, berikut kami rangkum beberapa pilihan makanan enak di Simpang Lima Semarang.

Tahu Petis Prasojo

      View this post on Instagram      

A post shared by KULINER SEMARANG ???? (@semarangfoodmatters) on

 

Tahu Petis Prasojo merupakan salah satu jenis makanan enak di Semarang daerah Simpang Lima. Berdiri sejak tahun 1980, Tahu Petis Prasojo tetap berusaha untuk mempertahankan cita rasanya. Disini kamu bis menemukan aneka menu tahu seperti tahu baso, tahu petis, tahu brotak, hingga tape goreng. Tambah nikmat kalau kamu menikmatinya dengan sajian segelas kopi atau teh hangat.

Seafood Pak Jari

      View this post on Instagram      

A post shared by Seafood Legendaris Semarang (@seafoodpakjari_) on

 

Seafood Pak Jari merupakan makanan enak di Semarang daerah Simpang Lima yang berada dikawasan Pujasera Simpang Lima. Bagi kamu yang menyukai hidangan laut, disini kamu bisa menemukan aneka masakan laut seperti udang, kerapu, kakap, hingga cumi. Harga satu menu seafood ini bervariasi dari mulai 25 ribu sampai 200 ribu rupiah.

Nasi Pecel Mbok Sador

      View this post on Instagram      

A post shared by Sianna Kaur (@siannakaur) on

 

Sembari menikmati perayaan tahun baru di Simpang Lima, kamu bisa memanjakan lidah dengan menikmati lezatnya panganna legendaris satu ini. makanan enak di Semarang daerah Simpang Lima ini mulai beroprasi pada jam 17.00. Lauk tambahan yang bisa kamu pesan di Nasi Pecel Mbok Sador adalah babat, empal, aneka gorengan dan aneka sate lainnya. Siapkan uang sekitar 20 ribu ruupiah jika kamu tertarik ingin menikmati kudapan satu ini.

3 dari 4 halaman

Makanan Enak dan Murah di Semarang

Kalau kamu lagi berkunjung ke kota Semarang, kamu nggak boleh melewatkan momen untuk meencicipi makanan enak di semaranag. Rasanya yang khas dijamin akan bikin kamu jadi ingin balik lagi ke Semarang. Selain enak dan menggugah selera, makanan enak di Semarang, juga terkenal murah meriah dan ramah di kantong. Nah, makanan enak dan murah di Semarang itu? Simak infonya berikut ini ya.

Lumpia Semarang

      View this post on Instagram      

A post shared by JOGJABIKINLAPER (@jogjabikinlaper) on

 

Tempat makanan enak di Semarang yang wajib banget kamu coba adalah Lumpia. Walaaupun sebenarnya kuliner ini adalah makanan china, namun lumpia seakan sudah melekat kuat di Kota Semarang ini.

Nah berdasarkan pantauan, hanya ada 4 kedai Lumpia yang rasanya wenak banget. Yaitu kedai yang berada di Gang Lombok, Jalan Pemuda, Jalan Mataram, Jagalan, dan Jalan Pandanaran. Konon, kedai lumpia yang berada di Gang Lomboklah yang menjadi kedai lumpia tertua. Kamu bisa memilih 2 jenis lumpia yang tersedia, yaitu lumpia basah dan kering. Harganya hanya di banderol 10 ribu rupiah perbuah. Cukup murah bukan?

Tahu Gimbal

      View this post on Instagram      

A post shared by GAMAROSI // CERITA MAKAN (@ceritamakan) on

 

kalau mendengar kata gimbal, pasti kamu terbayang dengan rambut gimbal khas penyanyi reggae kan? Di Semarang juga ada makanan enak di Semarang yang bernama Tahu Gimbal. Tahu ini memang menjadi primadona bagi kalangan wisatawan yang berkunjung.

Untuk mencobanya, kamu bisa menikmati tahu gimbal sekalian 'ngadem' di ekitar Taman KB. Namun, Tahu Gimbal favorit bagi para wisatawan adan penduduk lokal adalah Tahu Gimbal. Tahhu Gimbal ini mulai buka pada siang hari dan tutup sekitar pukul 21.00. Racikan tahu gimbal penggugah selera ini bisa kamu nikmati dengan hanya merogoh kocek sekitar 8 ribu sampai 10 ribu rupiah saja. Cukup murah bukan?

Bandeng Presto

      View this post on Instagram      

A post shared by Nastar Daun 081298823118 (@denny_asuransi_081298823118) on

 

Tempat makanan enak di Semarang sekaligus oleh-oleh khas Semarang ini menjadi salah satu kuliner Semarang yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja. Kamu bisa menemukannya di sepajabg Jalan Pandanaran. Nah, Bandeng Presto yang paling terkenal adalah bandeng juanda.

Selain rasanya yang gurih dan lezat bandeng presto juga bisa sampai tahan hingga sekitar 4 minggu. Variasi rasnayapun sekarang sudah semakin berkembang, ada menu bandeng presto kremes, otak-otak bandeng, hingga bandeng selimut telur.

Wingko Babad

      View this post on Instagram      

A post shared by Start From 11rb/box isi 10 bj (@lumpiasemarang_mini) on

 

Wingko bababd adalah makanan enak di semaranag yang dibuat dengan bahan ulenan beras ketan dan kelapa yang dimasak dengan dibakar. Sama seperti bandeng preso, makanan enak di semaranag satu ini juga bisa kamu temui di sepanjang Jalan Pandanaran. Disana kamu bisa memilih wingko babad dengan berbagai varian rasa yang tersedia, ada rasa kelapa muda, nangka, durian, coklat, hingga rasa pisang. Kalau Kamu suka rasa apa?

4 dari 4 halaman

Makanan Enak Malam Hari di Semarang

Lapar saat malam hari di Semarang? nggak usah bingung dan berkecil hati. Kamu bisa mengunjungi berbagai wisata kuliner Semarang di setiap penjuru kotanya. Berikut kami rangkum beberapa makanan enak malam hari di Semarang untuk mengisi perutmu yang keroncongan di malam hari.

Warung Kaligarong

      View this post on Instagram      

A post shared by Waroeng Kaligarong Semarang (@waroengkaligarong) on

 

Tempat makanan enak di Semarang ini menyediakan kuliner nusantara sebagai menu utamanya. Warung Kaligarong menyediakan beragam jenis menu makanan seperti Gurame Sambal Matah, Oseng Kembang Turi, Nasi Bakar Ayam Kecombrong, dan masih banyak lagi menu yang bisa kamu pilih.

Menu favorit para p[engunjug tempat makanan enak di Semarang satu ini adalah Bebek Muda Sambal Mangg Muda. Pemilihan daging bebek muda menjadikan teksturnya lebih empuk dan lembut. Apalagi ditambahkan dengan sambel mangga yang bikin mata melek semakin membuat kamu menggugah selera. Harga setiap menu yang ada di kuliner maam Semarang ini dibandrol mulai 5 ribu rupiah sampai lima puluh ribu rupiah.

Tertarik mencobanya? Kamu bisa merngunjungi alamat di Jalan Mayjen D.I Pandjaitan No,64 Semarang.

Nasi Ayam Bu Sami

      View this post on Instagram      

A post shared by Kulineran Semarangan (@ny.rempong) on

 

Bagi kamu penikmat setia daging ayam kamu wajib mencoba tempat makanan enak di Semarang satu ini. Selain menyediakan nasi ayam, warung ini juga menyediakan menu lain seperri ceker, sati ati ampela, sate usus, sate babat, dan menu lain bagian dari tubuh ayam yang bisa diolah. Nasi Ayam Bu Sami ini buka mulai pukul 23.00 hingga 06.00 pagi. Bagi kamu yang ingin mengunjungi kulinwe malam Semarang satu ini kamu bisa melipir ke Kawasab Pujasera Simpang Lima Semarang.

Warung Gudeg Mbak Tum

Ilustrasi Warung Gudeg Mbak Tum © Diadona

tempat makanan enak di Semarang stu ini berlokasi di Jalan MT Haryono, Semarang. Warung Gudeg Mbak Tum buka mulai pukul 18.30 hingga pukul 03.00 pagi. Siap-siap antri ya kalau kamu ingin menikmati Warung Gudeg Mbak Tum ini. Menu favorit pengunjung adlah Gudeg Koyor.

Rasanya yang gurih dan tak terlalu manis seperti gudeg di Jogja, membuat Warung Gudeg Mbak Tum ini punya cita rasa khas tersendiri. Untuk menikmari seporsi wisata tempat makanan enak di Semarang satu ini kamu bisa mengunjungi alamat di Jalan MT Haryono / Mataram, Semarang.

Nasi Kucing Pak Gik

      View this post on Instagram      

A post shared by Jerry Octaviano Lontoh (@jerry_lontoh) on

 

Nasi Kucing Pak Gik adalah salah satu tempat makanan enak di Semarang yang paling legendaris. Waruung angkringan ini sudah buka sejak 50 tahun lalu. Nasi Kucing Pak Gik adalaah landmark nasi kucing Semarang lho.

Menu umuum khas warung angkringan bisa kamu jumpai disini, dari mulai nasi bababt telur, nasi telur tahu, gorengan, menodan, pangsit, hingga tahu petis. Buat kamu yang ingin mencoba tempat makanan enak di Semarang ini kamu bisa mendatangi alamat di Jalan Inspeksi, Sekayu, Semarang.

Wedang Kacang Kapuran

      View this post on Instagram      

A post shared by Adrian Lie (@adrianlie26) on

 

Untuk mennikmati suasana malam kota Semarang, cocok banget kalau dinikmati dengan sajian Wedang Kacang Kapuran. Wedang Kacang Kapuran menyediakan berbagai jenis menu wedang, dari mulai wedang ronde, wedang kacang dan wedang lainnya. Seporsi Wedang Kacang Kapuran berisi bahan seperti kacang tanah, kuah santan, kolang kalimng dan beberapaa potongan roti. Wedang Kacang Kapuran ini berlokasi di Jalan Mangunsarkoro No.45 Semarang.

Itulah tadi beberapa referensi sajian yang bisa kamu dapatkan ketika kamu mengunjungi kota Semarang. Makanan mana yang ingin kamu kunjungi duluan? Selamat menikmati ya!

Beri Komentar