18 Resep Makanan Tradisional Indonesia Daerah Jawa Barat

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 2 Januari 2020 20:41
18 Resep Makanan Tradisional Indonesia Daerah Jawa Barat
Selalu suka ketika setiap daerah di Indonesia punya jagoan makanan tradisionalnya masing-masing. Sudah pernah coba makanan tradisional di bawah ini?

Indonesia adalah negara dengan variasi kekayaan yang begitu berlimpah. Kekayaan itu juga terdapat pada aspek kuliner. Indonesia juga mempunyai banyak sekali ragam jenis Makanan Tradisional. Tak hanya bisa memanjakan perut, tapi bisa juga menimbulkan kesan mendalam bagi mereka yang baru pertama kali mencoba. Makanya, sebagai generasi penerus negara ini, kita harus turut andil dalam melestarikan warisan kekayaan ini.

1 dari 4 halaman

Makanan Tradisional Jawa

Pulau Jawa merupakan pulau terluas ke 13 di seluruh dunia. Keluasan wilayah yang meliputinya sebanding dengan kekayaan kuliner yang ada. Walaupun perkembangan ekonomi dan pembangunannya terbilang cukup pesat, Pulau Jawa tetap punya sederat Makanan Tradisional yang masih bertahan sampai sekarang. Rugi banget kalo kamu nggak mencicipinya. Nah, berikut deretan Makanan Tradisional jawa yang wajib kamu coba ya.

1. Makanan Tradisionalll Jawa Rujak Cingur

Ilustrasi rujak cingurIlustrasi rujak cingur © resepkoki.id

Makanan Tradisional Jawa yang pertama berasal dari Jawa Timur. Makanan tradisional jawa ini bernama rujak cingur. Bagi kamu arek-arek suroboyo pasti sudah nggak asing dengan Makanan Tradisional satu ini. Rujak Cingur merupakan Makanan Tradisional yang terbuat dari berbagai macam potongan buah-buahan, sayur-sayiuran, dan tahu yang di campur dengan Cingur (lidah sapi). Sangat pas disajikan dengan tambahan krupuk aagar menambah cita rasa khas Makanan tradisionalnya. Kebayang domg gimana enaknya?

2. Makanan Tradisional Jawa Lontong Balap

Ilustrasi lontong balapIlustrasi lontong balap © resepkoki.id

Lontong Balap bukan berarti lontongnya bisa d=balapan kaya MotoGP ya. Sebutan pada Makanan tradisional Jawa ini muncul karena pada zaman dahulu banyak pedagang lontong di Jawa yang sangat kencang dalam kalau mengayuh sepeda. Alhasil, masyarakat menyebut mereka dengan Lontong Balap.

Untuk kamu yang belum tau lotong balap itu terdiri apa saja? nah lontong balap itu terdiri dari lontong, touge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng, sambal, dan siraman kuahnya yang khas rasanya, asin, manis, gurih, akan lebih nikmat jika dimakan saat hangat. Tertarik mencobanya?

3. Makanan Tradisional Jawa Tahu Tek

Ilustrasi tahu tekIlustrasi tahu tek © resepkoki.id

Namanya Makanan tradisional Jawa satu ini nggak kalah unik Makanan tradisional yang kedua. Alasan dibalik penyebutan tahu tek adalah karena pedagang yang menjual Makanan Tradisional satu ini memukulkan garpu ke penggorengan sehingga memncullkan bunyi " tek-tek-tek" . Dari situlah kemudian nama tahu tek disematkan.

Biasanya Makanan Tradisional jawa ini bisa kamu temukan di malam hari. Tahu tek berisi bahan-bahan seperti tahu goreng, lontong atau nasi, tauge, kerupuk, timun, dan telur. Semua bahan-bahan itu kemudian di siram dengan kuah saus kacang. Penasaran ingin mencobanya?

4. Makanan Tradisional Jawa Nasi Pecel

Ilustrasi nasi pecelIlustrasi nasi pecel © https://www.unileverfoodsolutions.co.id/

Makanan tradisional Jawa satu ini mungkin menjadi Makanan tradisional yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Makanan tradiisonal ini adalah Makanan khas yang berasal dari Kota Blitar. Nasi Pecel ini terdiri dari sayuran seperti kangkung, bayam, tauge, kol, llau disiram bumbu kacang. Bisa juga ditambahkan aneka lauk seperti tempe, tahu, atau telur.

5. Makanan Tradisional Jawa Lumpia Semarang

Ilustrasi lumpiaIlustrasi lumpia © https://www.youtube.com/watch?v=ZsGltQMwZtw

Makanan tradisional Jawa yang terakhir adalah Makanan tradisional yang biasanya dijadikan camilan. Lumpia juga banyak dijadikan sebagai makanan oleh-oleh dari Semarang. Rasanya yang gurih dan nikmat memang cocok sebagai camilan peneman saat menikmati hari bersama orang tercinta.

2 dari 4 halaman

Makanan Tradisional Indonesia

Indonesia memang sangat terkenal dengan banyaknya makanan tradisional yang sudah mendunia. Tak hanya terkenal dalam negeri makanan tradisional indonesia juga sudah terkenal di mancanegara. Nah, untuk kamu yang suka banget traveling mengelili indonesia, kamu wajib mencoba makanan tradisional indonesia langsung dari daerah yang kamu kunjungi. Apa saja makanan tradsional indonesia yang wajib kamu coba? berikut infonya.

1. Makanan Tradisional Indonesia Mie Aceh

Ilustrasi mie acehIlustrasi mie aceh © resepkoki.id

Makanan tradisional Indonesia yang pertama berasal dari provinsi ujung barat Indonesia, yaitu Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Mie Aceh adalah makanan yang berbahan dasar mie yang disiram sup kari yang gurih dan pedas. Biasanya, makanan tradisional satu ini juga ditambahkan irisan daging ayam, sapi, ataupun sapi. Sudah kebayang kan sensasi lesatnya?

2. Makanan Tradisional Indonesia Bika Ambon

Ilustrasi bika ambonIlustrasi bika ambon © resepkoki.id

Jika kamu mengira makanan tradisional Indonesia ini berasal dari Ambon, kamu salah. Makanan tradisional Indonesia ini sebenarnya berasal dari Medan, Sumatra Utara.

Kue ini disebut bika ambon karena pertama kali dijual di simpang Jalan Ambon, daerah Sei Kera, Medan dan menjadi sangat populer. Kue bika ini terbuat dari berbagai bahan seperti tepung terigu, telur, santan, gula, pandan wangi dan bahan-bahan lainnya. Bika ambon tersebut menjadi makanan khas Medan yang paling favorit.

Cita rasa bika ambon ini sangat enak karena memiliki serat sempurna di bagian dalam dan rasanya lembut. Saat ini bika ambon telah di jual di berbagai kota besar di Indonesia, sehingga untuk bisa menikmati bika ambon tidak harus pergi ke Kota Medan.

3. Makanan Tradisional Indonesia Gado-Gado

Ilustrasi gado-gadoIlustrasi gado-gado © resepkoki.id

Gado-Gado merupakan makanan tradisional indonesia yang berasal dari Suku Betawi. Sekilas kamu akan menyebut makanan ini mirip dengan makanan tradisonal lainnya seperti pecel atau lotek. Selain mempunyai cita rasa yang enak dan gurih, gado-gado juga mempunyai banyak kandungan gizi karena terbuat dari berbagai macam sayuran. Cocok untuk kamu yang sdang diet dan menghindari makanan berlemak.

4. Makanan Tradisional Indonesia Gulai Ikan Patin

Ilustrasi gulai ikanIlustrasi gulai ikan © resepkoki.id

Gulai Ikan Patin merupakan makanan tradisional yang cukup poppuler dikalangan pecinta makanan. Rasanya yang segar dan pedas sekaligus memanjakan lidah kamu, cocok jika disantap untuk menu makan siang. Mengkonsumsi makanan tradisional satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, karaena mengandung kandungan gizi seperti lemak DHA, EPA, omega 3, dan masih banyak lagi. Kalau kamu sedang berkunjung ke daerah Jambi jangan lewatkan kesempatan untuk menyantapnya ya.

5. Makanan Tradisional Indonesia Kue Serabi

Ilustrasi kue serabiIlustrasi kue serabi © resepkoki.id

Satu lagi makanan tradisional Indonesia yang masih bertahan sampai sekarang, yaitu Kue Serabi. Kue berbentuk bundar pipih ini dimasak dengan dengan Anglo atau juga tungku tradisional. Sekarang kue serabi mulai mempunyai beragam varian rasa dari rasa coklatr, keju, strawbery, dan durian. Ccocok banget disajikan dengan teh hangat sembari menikmati sejukya Kota Bandung.

3 dari 4 halaman

Resep Makanan Tradisional

Bagi kamu yang ingin mencicipi makanan tradisional tanpa perlu mengunjungi daerah asalnya, kamu juga bisa kok membuatnya dirumah. Nah, berikut resep makanan tradisional yang bisa kamu sajikan dirumah.

1. Resep makanan tradisional Sate Lilit Khas Bali

Ilustrasi sate lilitIlustrasi sate lilit © https://id.tastemade.com/

Bahan :

- 1 cm lengkuas.
- 1 cm jahe.
- 1 cm kunyit (bakar).
- 2 cm kencur.
- 1 cm terasi (bakar).
- 100 gr kelapa parut.
- 300 gr daging ayam (giling).
- 1 butir telur ayam.
- 2 sdm tapioka.
- 4 siung bawang putih.
- 5 siung bawang merah.
- 3 biji kemiri (sangrai).
- 20 batang bambu atau serai.
- 5 buah cabe rawit (boleh lebih).
- garam & merica secukupnya .


Cara memasak :

a. Haluskan bawang merah,bawang putih, kunyit, cabai, kemiri, jahe, kencur, lengkuas dan terasi
b. Campurkan ayam giling,telur,tapioka,dan kelapa. Beri garam dan merica secukupnya.
c. Tumis bumbu halus hingga harum lalu campurkan kedalam adonan daging ayam. Aduk rata.
d. Panaskan Grill Pan dengan api sedang. Ambil sedikit adonan. Masak hingga matang. Lalu cicipi rasanya hingga pas.
e. Jika rasa sudah pas. Ambil adonan secukupnya dan lilitkan pada batang Bambu atau Batang serai. Lalu panggang di Grill Pan hingga matang.
f. Untuk Sambal matah : iris bawang merah,daun jeruk,cabai,dan batang serai bagian putihnya saja. Beri sejumput garam. panaskan 2 sdm minyak masukkan terasi. goreng hingga terasi hancur bercampur minyak. lalu campurkan pada bahan irisan. Aduk rata, siap dihidangkan.


2. Resep makanan tradisional Soto Padang

Ilustrasi soto padangIlustrasi soto padang © https://travelingyuk.com/

Bahan :
- 500 gram daging sapi (campur dengan tulang).
- 2 liter air.
- minyak goreng secukupnya.

Bahan cemplung :

- 5 buah kapulaga.
- 5 buah cengkeh.
- 8 kelopak bunga lawang.
- 2 batang sereh digeprek.
- 2 batang daun bawang diiris.
- 4 lembar daun jeruk.
- 3 lembar daun salam.
- 4 cm kayu manis.

Bumbu halus :

- 1 ruas kunyi.
- 3 ruas lengkuas.
- 2 ruas jahe.
- 6 buah bawang merah.
- 10 siung bawang putih.
- 1 sdt pala bubuk.
- 2 sdt lada bubuk.
- 1 sdm ketumbar bubuk.
- garam.

Bumbu pelengkap :

- sohun siram dengan air panas, rendam sebentar, angkat dan tiriskan.
- perkedel kentang.
- kerupuk merah.
- kecap.
- cuka.
- sambal.
- seledri diiris halus.
- bawang goreng.

Cara memasak :

a. Rebus daging sampai mendidih keluar buihnya, buah buih yang mengapung, masukkan semua bahan cemplung, lanjutkan merebus sampai daging empuk, masukan daun bawang, tunggu layu, matikan kompor, angkat daging, dan tunggu dingin.
b. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi, campur bumbu yang sudah ditumis ke dalam air rebusan daging, masak sebentar sampai bumbu dan kaldu menyatu. koreksi rasa.
c. Iris tipis daging yang sudah direbus, kemudian goreng sampai garing.
d. Tata sohun, daging didalam mangkok, siram dengan kuah soto, beri kerupuk, perkedel, seledri dan sambal.
e. Sajikan.

3. Resep makanan tradisional Ayam Goreng Sasando

Ilustrasi ayam goreng sasandoIlustrasi ayam goreng sasando © travelingyuk.com

Bahan :

- 1/2 sdt garam
- 1 sdt air jeruk nipis
- 1/2 ekor ayam, potong sesuai selera

Bahan ungkep:

- 1 cm jahe
- 1 cm kunyit
- 1/4 sdt gula pasir
- 1/8 sdt bumbu penyedap masakan
- 1 sdt bumbu masak bubuk
- 1/2 sdt garam
- 3 siung bawang putih

Bahan saus:

- 1 sdt gula merah iris
- 1 sdm santan kental
- 10 buah cabe merah
- 5 buah cabe rawit
- 1 buah tomat, diiris
- 1 cm kunyit, dihaluskan
- 1 cm lengkoas, digeprek
- minyak Secukupnya

Cara memasak :

a. Balur ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 10 menit lalu cuci bersih.
b. Haluskan bumbu ungkep, lalu ungkep ayam dengan bumbu ungkep dan tambahkan dengan 400 ml air.
c. Masak sampai airnya agak kering, matikan api
d. Panaskan minyak lalu goreng ayam sampai kuning kecokelatan.
e. Setelah matang, angkat dan tiriskanHaluskan bumbu ungkep kecuali santan, lengkoas, gula merah dan tomat
f. Panaskan 3 sdm minyak, lalu masukkan bumbu saus yang sudah dihaluskan, aduk sebentar lalu masukkan santan, lengkoas dan gula merah iris.
g. Masak terus sambil diaduk sampai airnya menyusut, matikan api
h. Sajikan.

4 dari 4 halaman

Makanan Tradisional Jawa Barat

Makanan tradisional Indonesia memang selalau punya penggemarnya masing-masing, salah stu yang menjadi idola para penyuka kuliner adalah makanan tradsional Jawa Barat. Makanan tradsional Jawa Barat banyak dipengaruhi oleh rempahh-rempah khas suku sunda. Rasanya yang lezat sudah pasti akan bisa menggugah seleramu. Penasaran ingin mencobanya? Langsung saja simak daftranya berikut ini.

1.Makanan tradisional Nasi Liwet

Ilustrasi nasi liwetIlustrasi nasi liwet © travelingyuk.com

Nasi Liwet merupakan makanan tradisional yang paling sering disajikan di budaya sunda. Baik untuk acara adat atau hanya untuk sajian saat berkumpul bersama orang tercinta. Nasi Liiwet biasa disajikan dengan lauk tambahan berupa ikan teri, daun serai, dan juga ayam goreng.

2. Makanan Tradisional Nasi Timbel

Ilustrasi nasi timbelIlustrasi nasi timbel © travelingyuk.com

Makanan tradisional Jawa Barat ini memang hampir mirip dengan Nasi Liwet. Hanya saja, Nasi Timbel seringnya disajikan dengan bungkusan daun pisang dengan tambahan sayur asaem, ikan asin dan sambel terasi yang memanjakan lidah. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler ya.

3. Makanan Tradisional Karedok

Ilustrasi karedokIlustrasi karedok © resepkoki.id

Jika kamu pertama kali melihat makanan tradisional Jawa Barat satu ini kamu pasti akan menyamakannya dengan Gado-Gado atau Lotek. Yang membedakan dengan kedua makanan diatas adalah siraman bumbu kacang yang melimpah. Karedok biasnya disajikan dengan sayur mayur mentah dan dilengkapi dengan tambahan kerupuk bawang.

4. Makanan Tradisional Sate Maranggi

Ilustrasi sate marangiIlustrasi sate marangi © travelingyuk.com

Sate Maranggi adalah salah satu makanan tradisional Jawa Barat yang sudah sangat populer. Awalnya sate ini adalah makanan pendatang China yang menetap di Indonesia. Daging yang digunakan pun daging babi, namun masyarakat sekitar akhiurya memodifikasi makanan ini dengan daging sapi atau ayam. Rasanya lezat, gurih dan khas sangat pas jika disajikan dengan nasi putih dan sambel kecap dengan irisan tomat dan bawang merah.

5. Makanan Tradisional Empal Gentong

Ilustrasi empal gentongIlustrasi empal gentong © travelingyuk.com

Makanan tradisional Jawa Barat yang terakhir berasal dari Kota Cirebon. Makanan tradisonal ini dimasak dengan kayu bakar dan gentong. Bahan dasarnya pun berupa daging, usus, dan babat sapi. Biasanya akan disiram dengan kuah santan agar lebih menggugah seleramu.

 

Nah itulah tadi berbagai informasi tentang makanan tradisonal dari berbagai daearah di Indonesia. Mau coba yang mana dulu guys? Tulis di kolom komentar ya.

Beri Komentar