18 Makanan Padang Paling Enak Seantero Indonesia, Lengkap dengan Resepnya

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 21 Februari 2020 12:51
18 Makanan Padang Paling Enak Seantero Indonesia, Lengkap dengan Resepnya
Buruan cobain makanan Padang yang enaknya nggak ketulungan ini deh. Kalau nggak cobain, bisa-bisa kamu kena kutuk kayak malin kundang.

Makanan Padang atau banyak orang menyebutnya masakan Minang, sudah dikenal luas di penjuru Indonesia bahkan dunia. Hampir di tiap daerah terdapat rumah makan Minang atau rumah makan Padang. Salah satu makanan Padang yang mendunia adalah rendang. Hidangan ini bahkan pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia.

Namun, selain rendang, masih banyak makanan Padang yang tak kalah lezat untuk diicip. Citarasanya yang pedas dipadukan dengan aneka rempah khas Indonesia, membuat makanan Padang menjadi idola banyak orang. Rumah makan Padang yang ada di tiap sudut kota di Indonesia tak pernah sepi penikmat.

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Padang

Makanan Padang terdiri dari ragam variasi. Mulai dari jenis makanan berat, cemilan, kue tradisional hingga minuman. Jika kamu bertkamung ke Sumatera Barat, tak lengkap jika tidak mencicipi makanan Padang. Nah berikut rekomendasi beberapa makanan khas Padang yang wajib kamu coba.

Kacimuih

      View this post on Instagram      

A post shared by Pienapple (@womeninvenus) on

 

 

Makanan Padang cukup melimpah, yang pertama ada kacimuih. Walaupun dibuat dengan bahan dasar singkong yang cenderung ‘ndeso’, namun setelah jadi kacimuih maka rasanya akan berbeda. Pembuatannya dilakukan dengan bahan singkong, gula (bisa gula putih bisa gula merah), dan parutan kelapa. Bentuknya sendiri terbilang sederhana, ketela pohon tadi akan ditumpuk dengan kelapa parut maupun gula. Namun rasanya akan sangat nikmat di mulut, ada rasa gurihnya parutan kelapa maupun manisnya gula. Siap mencoba?

Gajeboh

      View this post on Instagram      

A post shared by Traveloka Eats (@travelokaeats) on

 

 

Selain Rendang, di ibukota Sumatera Barat, Padang, juga ada olahan lain bernama gulai gajeboh atau disebut pula sandung lamur. Bahan utama pembuatannya adalah daging sapi pada bagian punuk, sehingga biasanya akan terdapat banyak gajih (lemak). Namun kerena itulah akan ada 3 varian rasa jika menikmatinya, yakni rasa gurih yang biasa saja, sebab daging lebih banyak dari lemak. Lalu ada rasa gurih normal yang akan timbul saat gajih lebih banyak dari daging, sedang yang ketiga sangat gurih karena hanya ada gajih saja dalam porsinya. Walaupun kebanyakan antara gajih dengan daging perbandingannya 3:1, sehingga rasanya condong ke gurih.

Sesuai namanya, makanan Padang ini juga punya kuah seperti gulai pada umumnya. Kuah yang digunakan adalah asam pareh, namun disajikan tanpa santan sedikitpun, sehingga tampilannya akan memerah. Selain rasa gurih, berkat kuah tersebut maka akan ada cita rasa pedas yang timbul. Bahkan berkat perpaduan antara kuah dengan banyaknya lemak, banyak yang mengatakan bahwa gajeboh adalah makanan paling lezat. Namun sangat tidak disarankan bagi penderita kolesterol tinggi, karena makanan dengan harga mulai dari Rp. 23.500 plus nasi ini, bisa membuat tengkuk terasa berat. Untuk mendapatkannya, kunjungi saja Rumah Makan Lamun Ombak di Padang atau yang di Jakarta ada Rumah Makan Sepakat.

Asem Pandeh Daging

      View this post on Instagram      

A post shared by ???????????????????????????????????????????? ???????????????????????????? (@masakandessy) on

 

 

Dari namanya saja, sudah terlihat bahwa asem pandeh daging dibuat dengan bahan dasar daging, terutama daging sapi. Walupun kini banyak rumah makan yang mencoba membuat asem pandeh dari daging ikan maupun daging ayam, jadi tidak hanya daging sapi saja. Sesuai arti namanya yang berarti asam pedas, rasanya juga begitu, asam pedas, karena dibuat dengan cabai yang dominan, dan ada asam kandis. Jika dibuat dengan daging sapi, penampilannya akan sangat mirip dengan rendang, karena warna dagingnya yang cokelat, dengan sedikit kuah menyertainya. Untuk lebih mempercantik tampilan, biasanya akan ditambah dengan irisan tomat di atasnya.

Bahkan makanan ini kerap disajikan saat acara-acara adat yang sakral, sebut saja saat ketika acara pernikahan, yang disajikan untuk para tamu dan undangan. Pembuatan makanan ini hanya perlu mencampur bumbu halus berupa bawang merah dan bawang putih dengan daging, bahkan ditambah lagi dengan cabai merah, jahe, asam kandis, dan tomat yang telah dimemarkan. Setelah didiamkan selama 30 menit, baru campuran tersebut sudah bisa digoreng sampai warnanya kecokelatan. Setalah matang, maka sudah siap disajikan bersama nasi, jika ingin membelinya, datang saja ke rumah makan di ranah Minang karena cukup banyak yang menjualnya.

Lompong Sagu

      View this post on Instagram      

A post shared by Arasi Syamsir (@arasisyamsir) on

 

 

Salah satu jenis kue yang langka ditemui adalah kue dengan nama lompong sagu. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan Padangsatu ini adalah tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, dan pisang kepok atau pisang raja. Makanan tradisional Sumatera Barat ini berasal dari daerah Minang dengan rasa dominan manis dan ada aroma khas pemanggangan. Bentuknya sendiri sangat unik, setelah selesai dipanggang, biasanya akan disajikan di atas piring dengan bentuk kotak hasil potongan, bisa juga diberi taburan parutan kelapa.

Sedangkan pembuatan kue ini adalah dengan cara mencampurkan bahannya seperti, pisang kepok yang sudah dihaluskan, tepung sagu, kelapa parut, gula merah halus, serta air secukupnya. Aduk adonan tersebut sampai benar-benar merata, kemudian masukkan adonan ke daun pisang sebesar 2 sendok makan adonan untuk dibungkus. Kedua ujungnya, kunci saja dengan lidi, sehingga akan dengan mudah dipanggang. Saat dipanggang, bolak-balik bungkusannya sampai benar-benar matang. Setelah matang, lompong sagu bisa disajikan dengan memotongnya menjadi beberapa bagian untuk dihiasi parutan kelapa atau memakannya secara langsung saat masih hangat.

Sate Padang

      View this post on Instagram      

A post shared by Andry Susanto • Medan, ID ???????? (@kulinertopui) on

 

 

Selain nasi Padang yang sudah terkenal, ada juga makanan Padang lain bernama sate Padang yang terkenal hingga Sumatera Utara Olahan sate khas kota Padang tersebut dibuat menggunakan daging sapi, bahkan ada lidah sapinya yang diberi kuah khasnya. Sebenarnya tidak hanya daging dan lidah sapi, melainkan ada pula bahan lain yang kerap digunakan seperti jeroan berupa jantung, usus, dan paru. Sedangkan untuk bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, jahe, cabai merah, dan bumbu lainnya. Bumbu-bumbu tersebut dimasak dengan kaldu sapi, kemudian akan ditambah dengan tepung beras agar lebih kental.

Biasanya penjual yang kerap ditemui di pinggir jalan, akan menjajakannya dengan irisan ketupat yang tertutup bumbu kuahnya. Hal ini karena bumbu kuah yang diberikan sangatlah banyak yang menutupi ketupat di bawahnya, sehingga akan semakin nikmat rasanya. Rasa pedas dan gurih akan langsung muncul di mulut saat mengonsumsi satenya yang empuk. Sedangkan aroma yang akan timbul bila menghirupnya akan tercium aroma kunyit dan serainya yang khas. Hal inilah yang membuat jenis sate ini banyak peminatnya, bahkan sampai ke luar Padang.

Sate Lokan

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Padang Official (@kuliner_pdg) on

 

 

Jika biasanya mengenal sate hanya dari bahan dasar daging sapi, ayam, atau kambing, namun di daerah Minangkabau, khusunya Padang ada sate lokan. Apa itu sate lokan? Sate lokan adalah makanan Padang yang menggunakan bahan dasar berupa kerang hijau. Walaupun awalnya hasil laut dengan nama latin Perna viridis L ini memiliki warna hijau, namun setelah dimasak akan bewarna oranye kemerahan. Seperti halnya sate kebanyakan, sate kerang ini akan disajikan dengan cara ditusuk yang ditambah dengan kuah kentalnya.

Sebelum bisa disajikan, kerang akan terlebih dahulu direbus dengan adanya tambahan bumbu halus yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, jahe, merica, jintan, kunyit, dan cabai merah. Jika hasilnya telah matang, hasil kerang rebus tadi sudah bisa ditusuk lalu bisa langsung dibakar sampai warnanya kecokelatan. Hasilnya akan disajikan di piring bersama kuah hasil rebusan kerang tadi, tapi ditambah dengan tepung beras agar kental. Sate yang akan ditaburi bawang goreng di atasnya ini akan lezat dinikmati bersama ketupat dengan cita rasa yang gurih dan pedas.

Rendang Sapi

      View this post on Instagram      

A post shared by Angie (@thekitchenettetales) on

 

 

Sebagai makanan Padang yang masuk dalam World’s 50 Most Delicious Food dari CNN pada tahun 2011 lalu, rasanya rendang memang layak masuk 27 daftar ini. Makanan yang dibuat menggunakan daging sapi ini bahkan menggunakan bumbu rempah yang melimpah untuk menciptakan satu porsinya. Sebut saja aneka bumbu halusnya yaitu cabai, bawang putih, lengkuas, bawang merah, kunyit, dan serai ada di sana. Belum lagi tambahan santan sebagai campuran saat rendang dimasak yang membuatnya semakin melimpah rempah.

Makanan yang bahkan sudah dikenal di hampir seluruh rumah makan Padang ini telah dikenal oleh masyarakat luar Indonesia. Tak heran memang, karena rasanya yang sangat meresap sampai ke dalam daging berkat pemasakannya yang lama. Setelah semua bumbu dan potongan daging dicampur menjadi satu dengan santan, maka saat dimasak harus terus diaduk. Awalnya satu kualinya bisa memuat air yang banyak, namun setelah dimasak dengan waktu sekitar empat jam, air akan habis dan bumbunya meresap ke daging. Hal itulah yang membuat rasa rendang sangat nikmat, begitu pula saat dikonsumsi bersama dengan nasi.

2 dari 4 halaman

Resep Makanan Padang

Makanan Padang memang menjadi salah satu masakan favorit untuk masyarakat Indonesia, bahkan bagi masyarakat sebrang daerah. Saking lezatnya cita rasa makanan Padang ini, sampai-sampai banyak orang yang mencari resep makanan Padang agar bisa membuatnya sendiri di rumah. Mau tahu apa saja resep makanan Padang yang bisa kamu buat di rumah ? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Resep Makanan Padang Cumi Saus Padang Pedas

      View this post on Instagram      

A post shared by Resep Aneka Masakan (@resepanekamasakan) on

 

 

Umumnya resep makanan Padang saus Padang memiliki cita rasa yang pedas, karena kebanyakan bahan menggunakan cabai dan saus pedas. Untuk membuat cumi saus Padang pedas juga sama. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:

Bahan-bahan:

- Cumi segar kg
- Bahan bumbu halus saus Padang
- Cabai merah 2 buah
- Cabai rawit 10 buah (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)
- Bawang Bombay 1 buah
- Saus tiram 1 sendok makan
- Saus tomat 4 sendok makan
- Saus sambal 2 sendok makan
- Garam, merica dan gula secukupnya
- Tepung sagu sendok makan
- Air 250 ml
- Minyak untuk menumis

Cara membuat cumi saus Padang pedas:

- Siapkan cumi, bersihkan dan cuci dengan benar.
- Potong cumi dengan ukuran kotak dadu atau melingkar seperti cincin.
- Masak bumbu saus Padang terlebih dahulu. Dan tumis bahan lainnya sama seperti cara membuat saus Padang sederhana.
- Masukkan potongan cumi dan masak cumi dengan api kecil.
- Tunggu hingga air saus menyusut, lalu cek kematangan dan rasa daging.
- Cumi saus Padang pedas siap disajikan.

Resep Makanan Padang Gulai Daun Singkong

      View this post on Instagram      

A post shared by Susana Gracia Catrine (@susan_gracia) on

 

 

Resp makanan Padang satu ini hampir bisa dipastikan tersedia di Rumah Makan Padang. Orang-orang banyak mencari masakan ini karena memliki cita rasa yang khas dan unik. Begini cara membuatnya.

Bahan-bahan:

- Daun singkong direbus dan peras, lalu potong-potong
- Daun salam
- Lengkuas
- Serei
- Rawit utuh
- Udang kering
- Teri Medan
- Santan

Haluskan:

- Bawang merah
- Bawang putih
- Cabai merah
- Terasi
- Kunyit
- Kemiri

Cara membuat:

- Tumis bumbu halus sampai wangi, baru masukkan ebi aduk, tuang santan encer masukkan daun singkong, penyedap rasa kalau Sudah mendidih.
- Masukkan santan kental, kecilkan api, aduk terus jangan sampai pecah santannya, aduk sampai mendidih, matikan api dan angkat.

Resep Masakan Padang Gulai Kepala Ikan

      View this post on Instagram      

A post shared by Lina Gui (@linagui.kitchen) on

 

 

Orang-orang banyak menyukai makanan Padang satu ini karena cita rasanya yang gurih. Apalagi kepala ikan banyak mengandung lemak omega 3 yang baik untuk tubuh. Begini cara membuatnya.

Bahan-bahan:

- 500 gram kepala ikan kakap merah
- 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

- 10 buah cabai merah keriting
- 10 butir bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar, sangrai
- 8 cm kunyit (bisa diganti kunyit bubuk 1 sdm)
- 4 cm jahe, memarkan
- 4 cm lengkuas, memarkan
- 1 sdm garam
- 1 sdt merica
- 3 lembar daun salam
- 1 lembar daun kunyit, buat simpul
- 6 lembar daun jeruk
- 3 buah asam kandis
- 2 batang serai, memarkan
- 350ml santan cair
- 100 ml santan kental
- 1 buah jeruk nipis

Cara membuat:

- Potong jeruk nipis, peras jeruk nipis dan balurkan pada kepala kakap hingga merata.
- Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe keriting, kunyit, dan ketumbar.
- Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang. Tuang minyak secukupnya, aduk hingga rata. Tambahkan jahe, lengkuas, simpul daun kunyit, dan serai yang sudah dimemarkan. Tambahkan daun salam, kandis, dan 1 daun jeruk.
- Masukkan kepala ikan kakap, aduk sampai kepala ikan berubah warna.
- Tuang setengah bagian santan cair, kecilkan apinya dan tutup wajannya.
- Masak selama 15 menit.
- Masukkan sisa santan cair, masak sampai ikan matang.
- Tambahkan santan kental, aduk sampai mendidih, angkat.
- Hidangkan selagi panas dengan nasi hangat dan sambal hijau.

3 dari 4 halaman

Makanan Tradisonal Padang

Banyak kuliner yang bisa kamu eksplor di negeri Minangkabau ini. Hidangan yang kamu dapati di sini sudah pasti akan memanjakan lidah kamu. Berikut ulasan mengenai makanan tradisional Padang yang bisa kamu jadikan referensi untuk menyantap kenikmatan cita rasnya.

Galamai

      View this post on Instagram      

A post shared by Akbar andespay (@akbar_andespay) on

 

 


Galamai di Sumatera Barat sangatlah populer, sehingga beberapa kota seperti Payakumbuh, Pariaman, Pasaman, dan Solok mempunyai cara memasaknya sendiri. Namun kebanyakan makanan Padang dengan nama lain kalamai ini memiliki komposisi bahan serupa, seperti tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah. Mungkin ketiga bahan pertama sudah tidak asing lagi bagi pembuatan dodol atau jenang, karena galamai memang mirip kedua makanan tersebut. Bedanya hanya pada taburan kacang tanah yang menghiasi galamai, sehingga terdapat cita rasa yang berbeda dibanding kedua olahan dari Jawa itu.

Untuk memasaknya juga agak mirip dengan dodol, yakni dengan memasak bahan-bahan di atas dalam satu kuali besar dengan api yang stabil. Untuk membuatnya menjadi lengket, pembuat harus telaten mengaduk adonan galamai selama 3-4 jam lamanya. Setelah galamai tadi masak, selanjutnya adalah dengan memotong adonan menjadi bentuk yang diinginkan. Dengan rasa manis dari gula aren ditambah dengan renyahnya kacang tanah yang terlebih dahulu disangrai, maka akan menghasilkan rasa galamai yang enak.

 

Sala Lauak

      View this post on Instagram      

A post shared by ???I??? K???I?TI (@hanifah_nrm) on

 

 

Selain Padang, kota besar lain di Sumbar adalah Pariaman yang juga punya makanan khas, diantaranya adalah sala lauak. Makanan Padang ini dibuat menggunakan ikan karena daerah Pariaman adalah daerah pesisir dengan hasil ikan yang cukup banyak. Sesuai namanya, yang berarti goreng dari kata sala, maka cara pemasakan sala lauak juga dengan cara digoreng. Namun penggorengan itu terjadi apabila adonan dari daging ikan yang telah halus dicampur dengan tepung sebagai luarannya telah dibuat. Dalam proses pembuatan adonan tersebut nantinya akan dibuat bulat atau pipih, bisa juga sesuai selera baru bisa digoreng.

Warna yang akan timbul seusai penggorengan adalah kecokelatan, dengan rasa gurih dan renyah yang timbul saat menggigitnya. Sebenarnya sala lauak terdapat dua varian, yakni yang berbentuk bulat dinamakan sala keras karena luarannya agak keras. Namun jenis lain, yaitu sala lunak punya tekstur yang lebih lunak dengan bentuk pipih. Selain itu, perbedaan lainnya adalah bahannya, jika yang keras memakai ikan asin, maka yang lunak menggunakan ikan stuhuak. Sebagai salah satu jenis gorengan, ikan stuhuak akan sangat tepat menjadi lauk makan maupun camilan, apalagi dicocol dengan saus.

Nasi Sala

      View this post on Instagram      

A post shared by PADEK.co - Newspadek (@padek.co) on

 

 

Masih seputar masakan dengan nama sala, yakni nasi sala yang juga dapat ditemui di kota Pariaman. Di atas telah disinggung bahwa Pariaman adalah daerah pantai, sehingga hasil lautnya melimpah, hal inilah yang menjadi faktor menculnya nasi sala yang notabene dibuat dengan ikan. Jangan salah sangka dulu tentang nasi sala, bukan nasinya yang dibuat dengan ikan, melainkan lauknya yang dibuat dengan ikan. Selain nasi, satu porsi nasi sala juga ditemani dengan samba lado dan ikan goreng tadi.

Penggunaan ikan sebagai lauk pauk nasi sala adalah jenis ikan gembulo atau lebih dikenal dengan ikan kembung maupun gembung. Setelah ikan siap dan telah dibersihkan dari kotoran dan sisik, ikan akan dilumuri dengan tepung beras yang telah berbumbu dari cabai giling, lengkuas, daun kunyit, dan bawang putih. Nantinya ikan akan digoreng sampai bewarna kecokelatan, baru bisa disajikan. Keunikan dari nasi sala adalah nasinya akan dibungkus ke dalam daun pisang dengan ukuran satu kepal tangan. Nama nasi tersebut oleh masyarakat sekitar sering dinamai dengan nasi sek. Rasa ikannya yang gurih renyah akan sangat lezat bila bercampur dengan pedasnya samba lado yang dibuat dari cabai merah asli.

Lamang Tapai

      View this post on Instagram      

A post shared by Perantau Minang (@perantau.minang) on

 

 

Salah satu jajanan pasar yang menjadi makanan Padang DAN masih awet hingga sekarang di daerah Minangkabau adalah lamang tapai. Panganan ini disajikan dari lamang yang dimasak dengan medium bambu kemudian ditambah dengan tapai hasil fermentasi. Uniknya untuk membuat tape tersebut, bahan yang digunakan adalah ketan hitam yang telah dikukus sebelum akhirnya difermentasi. Proses fermentasinya sendiri menggunakan perantara ragi dengan kandungan jamur bernama Saccharomyces yang membuat beras ketan lebih encer dan berair. Rasa yang ditimbulkan oleh proses ini adalah asam, bahkan terasa seperti soda karena telah difermentasi selama 2 sampai 3 hari.

Sedangkan cara membuat lamangnya adalah hanya dengan memasak beras ketan di dalam bambu kemudian setelah masak isiannya akan ditaruh ke piring dengan lumuran tapai beras ketan hitam tadi. Rasa lamangnya yang khas dengan rasa gurih akan dipadukan dengan enaknya beras ketan hitam alias tape. Bahkan jika lamangnya telah habis, mengonsumsi tapenya saja sudah cukup membuat lidah bergoyang, walaupun hanya sekedar topping belaka. Biasanya saat bulan Ramadhan, lamang tapai akan dengan mudah dijumpai, mengingat kerap disajikan sebagai takjil buka puasa.

Lamang Katan

      View this post on Instagram      

A post shared by Jenderal Kuliner (@jenderalkuliner) on

 

 

Masih seputar olahan lamang, jika sebelumnya ada lamang tapai, ada satu lagi makanan Padang dengan nama lamang, yaitu lamang ketan. Dari namanya saja sudah pasti kamu akan tahu bila olahan ini dibuat dari beras ketan yang dibakar dalam bambu atau dikenal lamang. Namun lamang katan tidaklah sesederhana itu, karena biasanya akan diberi aneka isian dan bumbu untuk menghasilkan cita rasa yang berbeda, walaupun cara memasaknya sama. Kebanyakan olahan ini akan memiliki 3 rasa, yakni rasa manis, asin, dan ada pula rasa asam.

Umumnya lamang akan dibuat dengan beras ketan, santan, dan garam dengan rasa yang lebih condong ke asin atau gurih. Di atas sudah dijelaskan akan ada 3 rasa, pertama adalah rasa manis yang akan muncul bila disajikan bersama dengan selai. Bahkan ada pula yang memberikan isian berupa kinca, atau cairan gula merah dengan parutan kelapa ke dalam lemang agar rasanya manis, sama halnya dengan yang isiannya pisang. Ada juga rasa asin yang didapat karena disajikan bersama rendang, atau dimakan secara langsung. Terakhir adalah rasa asam, yakni ada pada diri lamang tapai. Untuk mendapatkannya, coba saja untuk berkunjung ke Pasar Raya Kota Padang yang juga punya lemang ketan hitam dan lemang ketan putih.

4 dari 4 halaman

Makanan Enak di Padang

Makanan Padang merupakan salah satu makanan khas daeragh di Indonesia yang terkenal dengan kelezatannya. Saking enaknya, masakan tersebut sudah tersebar hingga ke luar negeri.

Ada beberapa ciri khas yang menjadikan makanan Padang begitu populer. Selain bersantan dan cenderung pedas, ternyata perbedaannya terletak pada wilayahnnya.

Padang di daerah perbukitan lebih sering menggunakan lauk daging, seperti dendeng, rendang dan lain sebagainya. Sedangkan, kawasan Padang pesisir lebih banyak lauk ikan. Misalnya seperti gulai ikan, ikan bakar, gulai kepala ikan, dan masih banyak lagi. Penasaran? yuk intip apa saja makanan enak di Padanag Sumatera Barat yang bisa kamu coba.

Ayam Goreng

      View this post on Instagram      

A post shared by Nik Shahrul (@nikshahrul1971) on

 

 

Biasanya, makanan Padang ini menggunakan ayam jantan kecil atau ayam kampung yang diungkep dengan bumbu bawang. Remahan bumbu dan kelapa dimasak bersama ayam, digoreng hingga kuning kecokelatan. Terlihat biasa, tetapi ayam goreng khas Minangkabau ini sangat gurih dan sedap.

Dendeng Batokok

      View this post on Instagram      

A post shared by Daisy & Kato ??#FoodEscape?? (@foodescape_id) on

 

 

Kamu yang suka pedas sepertinya akan ketagihan mencoba kelezatan makanan Padang satu ini. Makanan yang dipenuhi potongan daging sapi tebal dipadukan dengan sambal cabai hijau dan potongan bawang merah di atasnya. Daging sapinya sangat empuk dengan sentuhan rasa pedas dan asam.

Ikan Balado

      View this post on Instagram      

A post shared by maya susanty (@mayasefry) on

 

 

Salah satu makanan Padang yang hampir selalu menjadi primadona para pecinta kuliner adalah Ikan Balado.
Tiap restoran Padang memiliki resep balado masing-masing. Bahan dasar sambal balado dibuat ari bawang merah, cabai, tomat, air jeruk nipis, garam, dan gula.

Rasanya gurih renyah dan pedas cabai merah. Sebagai pelengkap, masakan tersebut dicampur dengan sayuran rebus sehingga terasa pedas dan manisnya sangat tajam.

jadi akan mencoba menu makanan Padang yang mana dulu? Selamat menikmatinya ya!

Beri Komentar